Ketahui Manfaat Asuransi Mobil yang wajib kamu pahami!

 Ketahui Manfaat Asuransi Mobil yang wajib kamu pahami!

wikiGo News Bisnis – Ketika anda memutuskan untuk mengasuransikan mobil, apa kira-kira alasan paling kuat di baliknya? Salah satu jawaban yang paling banyak dipakai adalah untuk menjaga nilai kerugian jika terjadi sesuatu hal terhadap mobil anda. Kenyataan ini sah dan sangat akurat. Namun, ternyata manfaat asuransi mobil tidak hanya soal itu. Masih ada beberapa manfaat penting yang belum diketahui khususnya oleh awam yang baru membeli mobil atau yang belum memakai jasa asuransi terhadap kendaraannya.

Empat manfaat asuransi yang perlu orang awam tahu

Setidaknya terdapat 4 manfaat utama yang akan anda rasakan setelah mengasuransikan mobil anda. Perlu kamu ketahui juga, Manfaat yang akan anda dapat jika berasuransi banyak sekali loh sob seperti:

·         Jaminan Perlindungan terhadap kendaraan

Ini adalah manfaat asuransi mobil paling utama. Jaminan ini berupa penggantian kerugian terhadap kerusakan atau kehilangan mobil oleh pihak asuransi sesuai persyaratan yang telah ditetapkan. Anda tidak bisa menebak nasib mobil anda, karena setiap waktu bisa saja terjadi kerusakan akibat kecelakaan atau bencana alam. Selain itu tidak menutup kemungkinan mobil anda hilang dari tangan anda misalnya karena maling dan sebagainya. Ketika anda berada dalam situasi semacam ini, maka pihak asuransi akan membantu anda baik untuk memperbaiki kerusakan atau mengganti kerugian atas kehilangan.

·         Perencanaan keuangan

Salah satu cara berhemat dalam memiliki kendaraan dan memeliharanya adalah dengan mengasuransikannya. Anda bisa kembali melihat manfaat sebelumnya di atas kemudian membuat perbandingan dengan kondisi yang sama bila anda tidak memiliki asuransi terhadap mobil anda. Misalkan mobil anda hilang atau rusak berat akibat kecelakaan, nilai kerugian yang akan anda tanggung sendiri tentu saja sangat besar berbanding jika mobil anda mendapatkan asuransi. Untuk diketahui, ada asuransi yang bisa menanggulangi secara penuh dan ada pula yang sebagian (tergantung dari persyaratan dan peraturan).

·         Rasa aman

Memiliki asuransi kendaraan membuat anda lebih leluasa dan nyaman dalam berkendaraan. Anda tidak perlu khawatir bahwa mobil anda akan rusak atau hilang. Rasa aman dalam berkendaraan tidak berarti anda bebas menggunakan mobil di luar batas normal, melainkan berkendaraan dengan perasaan bahwa mobil anda akan baik-baik saja meskipun sewaktu-waktu mengalami kerusakan. Kehilangan atau kerusakan yang akan masuk tanggungan pihak asuransi adalah kerusakan dan kehilangan yang terjadi tanpa kesengajaan dari pemilik mobil. Artinya, ketika anda menggunakan mobil anda secara tidak benar dan tiba-tiba rusak maka hal tersebut tidak serta merta ditanggung oleh asuransi karena pihak asuransi hanya bekerja untuk kondisi di luar kontrol anda, bukan untuk menanggung akibat dari kecerobohan.

·         Fitur pelayanan ekstra

Manfaat asuransi mobil yang terakhir adalah mendapatkan pelayanan ekstra ketika anda berada pada kondisi darurat. Hal ini jarang dipikirkan oleh awam dan orang yang tidak menggunakan asuransi padahal sangat penting. Bayangkan anda sedang berkendaraan untuk rute yang jauh kemudian di tengah jalan kehabisan BBM. Ketika anda memiliki asuransi, maka masalah ini bisa dengan mudah diatas dengan menghubungi kontak darurat yang dimiliki pihak asuransi agar anda mendapatkan bantuan yang diperlukan. Fasilitas layanan ekstra ini bisa berupa beragam bentuk misalkan kerusakan di tengah jalan sehingga pihak asuransi akan menderek mobil anda dll.

Baca 6+ Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya

Bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat?

Untuk mendapatkan manfaat asuransi mobil secara maksimal, maka anda harus memahami konsep dalam asuransi. Di Indonesia terdapat banyak jenis asuransi yang bisa anda pilih, tetapi yang penting adalah sebelum memilih salah satu asuransi anda sudah paham cara kerja asuransi tersebut.

Pemahaman anda tentang asuransi mobil seharusnya sampai pada kesimpulan bahwa asuransi tidak bermaksud untuk menghindari anda dari kerusakan dan kehilangan mobil. Melainkan untuk membantu anda dalam menanggulanginya. Dengan cara paham seperti ini, maka anda tidak melepaskan tanggung jawab mobil anda kepada pihak asuransi. Asuransi ada untuk membantu anda, bukan untuk menutupi kecerobohan dan kesengajaan dalam menggunakan mobil.

Setelah anda paham konsep umum sebuah asuransi mobil, maka anda bisa memilih salah satu asuransi dengan persyaratan yang cocok.  Untuk menentukan bagus tidaknya sebuah asuransi, kembali lagi anda melihat keempat manfaat asuransi mobil di atas. Pilihlah asuransi yang bakal memberikan sekurang-kurangnya keempat manfaat tersebut.

Acikmaris

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *