Modal Kecil? Bisnis Snack Kiloan Bisa Untung Besar

 Modal Kecil? Bisnis Snack Kiloan Bisa Untung Besar

Modal Kecil? Bisnis Snack Kiloan Bisa Untung Besar

wikiGo News Bisnis – Adakah yang berpikir bahwa usaha cemilan atau makanan ringan sudah dikapitalisasi? Jangan salah. Salah satu peluang bisnis modal kecil tetapi omset besar tahun 2021 adalah bisnis snack kiloan. Aktivitas orang yang semakin kompleks baik pekerja kantoran maupun pekerja rumahan, tetap membutuhkan cemilan sebagai salah satu hal cukup penting di atas meja kerja.  

Bisnis ini masih sangat menguntungkan baik bagi produsen maupun bagi distributor atau agen. Pasar dan target pasar bisnis snack kiloan bisa bergerak sejajar antara pasar konvensional maupun pasar digital. Di toko oleh-oleh atau toko-toko cemilan, pengunjung tidak pernah sepi. Sementara, jika menjualnya secara online menggunakan platform-platform marketplace, cemilan memiliki prospek yang cerah.

Bisnis Snack Kiloan Step By Step

Makanan ringan, cemilan atau snack merupakan kebutuhan semua golongan. Jenis bisnis ini menyasar berbagai kelas sosial masyarakat karena sifatnya yag omnikultur. Snack bisa menjadi teman minum kopi, cemilan saat kerja di depan komputer, dan kemudian menjadi oleh-oleh kunjungan.

Apa saja yang kamu butuh untuk memulai sebuah bisnis kecil-kecilan ini? 5 langkah ini menjadi langkah sederhana untuk menjadi bisnis snack kiloan bagian dari cabang usaha kamu.

1.      Budgeting

Bisnis snack kiloan termasuk jenis bisnis dengan jumlah modal yang variatif. Kamu bisa memasang modal yang besar untuk pangsa pasar yang besar, juga sebaliknya menggunakan modal kecil dengan target kecil tapi bertahap. Besar-kecilnya modal tidak memberi pengaruh yang siginifikan terhadap perbebdaan keuntungan antara keduanya. Artinya, sekalipun kamu menggunakan modal yang kecil, dengan cara yang tepat anda tetap memiliki peluang mendapatkan keuntungan yang sama dengan jika kamu menggunakan modal besar. Ukuran modal dalam bisnis snack kiloan lebih berkaitan dengan kuantitas produksi.

2.      Survey pasar

Ada dua tipe pasar yang harus kamu teliti mengenai jenis cemilan yang paling laris yaitu pasar online dan pasar tradisional. Pasar online paling mudah mencarinya via google, market place dan media sosial. Pasar tradisional berupa warung, toko dan swalayan. Tujuan dari survey adalah mencari tahu harga standar pada snack-snack yang paling banyak laku. Setelah mendapatkan informasi terkait, lakukan perbandingan antara kedua jenis pasar tersebut. Dengan cara ini, selain kamu mendapat informasi seputar jenis cemilan dan harga ideal juga kamu akan menemukan kompetitor dalam bisnis cemilan tertentu.

3.      Tetapkan jenis snack

Dalam daftar snack terlaris hasil survey, pilihlah salah satu jenis snack di dalam daftar 5 terlaris.  Menentukan pilihan harus berdasarkan pada pemahaman mengenai snack bersangkutan, jangkauan modal, target pasar, dan kedudukan kamu apakah sebagai produsen atau distributor. Pemahaman tentang bisnis snack kiloan akan berakhir pada pilihan menjadi produsen atau distributor. Jika kamu atau orang-orang di lingkunganmu bisa memproduksi snack tersebut maka kamu bisa memilih menjadi distributor. Tetapi jika snack tersebut tidak familiar bagi kamu, maka pilihanmu adalah menjadi distributor. Tentu saja kamu harus bekerja sama dengan produsennya.

4.      Pasar

Inilah poin paling penting. Bagaimana kamu akan memasarkan produk cemilan yang ada. Berbekalkan survey di awal, terdapat gambaran mengenai pasar dan target pasar dari cemilan bersangkutan. Pada pasar tradisional, kamu harus menemukan toko titipan atau partner penjualan yang memiliki jumlah pelanggan tertentu. Sementara pada pasar online, kamu bisa membuka beberapa toko online serta merekrut beberapa reseller. Pengetahuan mengenai pola pasar dan kompetitor di jenis produk yang sama penting sekali dalam pasar online.

5.      Produk dan proses produksi snack kiloan

Tahap akhir dari perencenaan adalah produksi. Ketika semua persiapan telah matang, maka kamu sudah mulai memproduksi snack.  Modal akan bekerja di sini, yang mana kamu bisa mengukur berapa kuantitas yang bisa diproduksi dari jumlah modal anda. Selain kuantitas produk, pada tahap ini pula kamu menetapkan jenis kemasan, sifat produk, keunggulan dan kelemahannya.

Bisnis snack kiloan termasuk dalam usaha kelas kecil-menengah. Pada tahun 2020, banyak sekali usaha dari kelas ini mengalami penurunan akibat pandemi covid-19 sehingga banyak pelaku usaha yang kemudian menutup bisnisnya. Tahun 2021, dengan berbagai pertimbangan mengenai situasi ekonomi dan sosial masyarakat, maka bisnis snack bisa masuk menjadi bisnis kreatif yang irit modal tetapi mendapatkan pangsa basar yang bagus. Maka dari itu, jenis bisnis ini bisa menjadi pilihan yang masuk akal.

Acikmaris

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *