Remote Working Semakin Diminati Dan Potensi Talent Terbaik

 Remote Working Semakin Diminati Dan Potensi Talent Terbaik

Remote Working Semakin Diminati Dan Potensi Talent Terbaik

wikiGo News Bisnis – remote working menjadi istilah yang semakin menguat belakangan ini setelah istilah work from home (WFH) menjadi umum selama masa pandemi covid – 19. Tetapi jika ditelaah lebih jauh, istilah remote working sebenarnya sudah ada sejak lama. Banyak perusahaan yang telah menerapkannya bertahun-tahun lampau terhadap pekerja atau karyawannya.

Istilah remote working secara singkat memiliki arti sebagai pekerjaan jarak jauh. Sebuah perusahaan yang memiliki kebijakan ini umumnya memiliki bidang pekerjaan yang tidak menuntut keterlibatan karyawan di tempat kerja. Artinya, produktivitas tidak berhubungan dengan kantor. Karyawan bisa bebas bekerja dari mana saja.

Remote Working = Work From Home?

Kerja remote sebenarnya tidak sama dengan istilah WFH. Remote lebih pada kebijakan sebuah perusahaan untuk membebaskan karyawan untuk bekerja dari mana saja. Berbeda dengan Work From Home yang lebih dekat dengan pembatasan aktivitas kerja karena sebuah situasi.

Perbedaan antara remote working dan WFH adalah remote working merupakan bidang pekerjaan yang memang tidak tergantung pada kantor sementara WFH merupakan kebijakan ‘terpaksa’ yang diambil suatu perusahaan dalam suatu kondisi tertentu. Dalam melakukan WFH, sering terjadi beberapa aspek penting dalam sebuah pekerjaan terpaksa dihilangkan atau dipending hingga normal. Sementara dalam kerja remot, segala aspek telah disesuaikan sejak awal.

Keuntungan-Keuntungan pekerjaan remote

Banyak orang yang mendambakan sistem kerja remote working, tetapi tidak banyak perusahaan yang bisa menerapkan sistem ini. Bahkan pada perusahaan yang sudah memberlakukannya, umumnya hanya 5% dari karyawannya yang mendapat kebebasan untuk kerja remot.

Alasan mengapa banyak  orang yang akan memilih remote working jika mendapat kesempatan mencakup  keuntungan-keuntungan berikut.

  1. Prioritaskan hasil dan mutu pekerjaan

Pekerjaan remot menuntut hasil dan kualitas hasil. Seseorang menjalani sistem kerja semacam ini hanya fokus menyelesaikan pekerjaan tanpa terlalu banyak mendapat tekanan seperti layaknya di kantor.

  • Kendali waktu

Ini menjadi keuntungan yang paling besar dari seorang remote worker. Jadwal kerja menjadi lebih fleksibel, bisa melakukan sistem subsidi pula. Yang menjadi perhatian adalah deadline sebuah pekerjaan.

  • Skill dan pengetahuan berharga

Remote Working menyasar orang-orang dengan skill dan pengetahuan di bidaang yang bersangkutan. Tidak semua orang bisa mendapatkan peluang kerja semacam ini, karena tidak semua jenis pekerjaan bisa di-remote. Dengan demikian, para pekerja remote mendapat bayaran murni karena mereka memiliki keahlian dan pengetahuan.

  • Bebas tempat kerja

Salah satu keistimewaan pekerjaan remot adalah fleksibilitas tempat kerja. Seorang pekerja tidak terikat pada satu tempat. Yang penting adalah dia memiliki semua perangkat yang perlu untuk mendukung pekerjaan seperti layanan internet dan sarana interface atau lainnya yang menyambungkannya dengan perusahaan.

Tips untuk pekerja remote pemula

Berikut tips-tips penting bagi seorang pekerja remote pemula yang baru mulai beraktivitas.

  1. Persiapan kantor pribadi

Setting tempat kerja sangat penting. Bentuklah iklim kerja yang baik melalui tempat kerja yang nyaman dan jauh dari gangguan.  Anda harus memahami  lingkungan anda bekerja dan mengetahui kendala apa saja yang bisa timbul. Misalnya anda memilih kerja dari rumah, maka anda harus memiliki satu ruang khusus untuk bekerja serta menjauhkan diri hal-hal yang mengganggu kosentrasi.

  • Aplikasi dan software penunjang

Bekerja jarak jauh memerlukan sarana komunikasi baik dengan klien maupun dengan perusahaan. Umumnya ada kesepakatan tentang penggunaan software dan aplikasi tertentu baik untuk berkomunikasi maupun untuk mengerjakan pekerjaan. Maka, perlengkapan yang mendukung harus tersedia di atas meja.

  • Skedul dan alur job

Kebebasan waktu dan tempat menuntuk alur kerja dan daftar prioritas yang ketat dari seorang remote worker.  Hal ini untuk mencegah tidak ada deadline yang terlewat. Alur job berfungsi agar semua pekerjaan dikerjakan secara tersusun dan terstruktur.

  • Jadwal laporan dan pertemuan

Selalu memperhatikan kapan akan ada meeting serta kapan menyerahkan laporan. Dua hal ini penting agar pekerjaan remote berjalan dengan baik dan mencapai tujuan klien atau perusahaan.

Remote working sangat membutuhkan passion yang besar dari seorang worker. Meskipun tipe pekerjaan ini menawarkan fleksibilitas tempat dan waktu, seorang pekerja remot harus memiliki etos kerja yang tinggi dan disiplin.

Acikmaris

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *