Kira-Kira, Yang Mana Saja Fintech Terbaik 2021

wikiGo News Bisnis – Fintech atau financial technology mulai mengambil bagian dalam paruh perekonomian digital saat ini. Dengan memberikan layanan keuangan secara digital, fintech mendapatkan pasarnya seiring perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di era ini. Setelah beberapa tahun berkembang, tahukah anda fintech mana yang paling pesat dan berpengaruh yang bisa menjadi fiontech terbaik 2021?

Jenis Fintech yang Bisa Jadi Fintech Terbaik 2021

Di tengah beragam fintech yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, setidaknya ada beberapa jenis yang paling berkembang. Simak fintech terbaik 2021 berikut ini.

P2P Lending

Fintech terbaik 2021 nomor satu adalah fintech yang bergerak dalam peminjaman uang secara digital. Fintech yang memberikan layanan peminjaman uang online atau P2P Lending yang berkembang cukup signifikan adalah Amartha. Sejak tahun 2010, Amartha mulai memunculkan produknya yang semula dengan nama Tanggung Renteng.

Sistem pinjaman dalam Tanggung Renteng memberikan bantuan keuangan dalam sebuah kelompok beranggotakan 15 atau 20 orang. Dalam sistem ini, keanggotaan yang satu terikat dengan yang lain. Artinya, ketika salah satu orang anggota terkendala dengan pembayaran maka anggota yang lain akan menalangi pembayaran tersebut. Tanggung Renteng sempat berkembang di desa-desa di Indonesia.

Amartha kemudian meluncurkan layanan keuangan P2P Lending yang terlihat lebih efektif. Dalam layanan in, seorang anggota bisa mengajukan diri menjadi investor kepada orang-orang yang butuh pinjaman keuangan. Sistem ini memungkinkan pemberi pinjaman berhubungan langsung dengan penerima pinjaman.

Cek Aja

Jenis fintech yang juga sangat pesat berkembang dan bisa menjadi fintech terbaik 2021 adalah Cek Aja. Melalui situs cekaja.com, fintech ini tumbuh dan berkembang dengan baik sebagai penyalur informasi keuangan kepada masyarakat. Jenis informasi tersebut menyangkut pinjaman, kartu kredit, dan asuransi.

Cekaja.com sangat membantu masyarakat dalam memberikan informasi seputar layanan finansial. Oleh karena Akses ke cekaja.com tanpa membayar menjadikan perusahaan ini sebagai situs kunjungan utama bagi orang-orang yang mencari infromasi terkait keuangan.

Bareksa

Bareksa hadir sebagai fintech yang memudahkan masyarakat dalam mengakses produk-produk reksadana secara online. Fintech Bareksa bisa menjadi portal informasi tentang reksadana, saham, obligasi dan investasi bisa pula sebagai marketplace reksadana itu sendiri.

Berdiri mulai tahun 2013, Bareksa menjadi startup yang memiliki sekitar 90 produk reksadana yang menjadi tujuan investasi masyarakat. Keunggulan fintech ini dalam memasarkan produknya adalah dengan memaparkan berbagai informasi jenis reksadana lengkap dengan kemungkinan resikonya. Dengan paparan yang cukup transparan, Bareksa membantu pelanggannya untuk memilih produk dalam keadaan penuh pertimbangan.

Doku

Bagi yang belum tahu apa itu Doku, silahkan pelajari lebih lanjut informasi mengenainya. Intinya, fintech ini telah berhasil memasarkan layanan transaksi keuangan secara online. Sebagai layanan transaksi online, Doku memberikan pengalaman pembayaran yang luar biasa kepada penggunanya. Terbukti, sejak mulai luncur tahun 2007 hingga saat ini, Doku terus mengekspansi perkembangannya. Maka tidak heran Doku juga akan menjadi fintech terbaik 2021.

Transaksi/pembayaran online melalui Doku meliputi Mastercard, Paypal, E-Pay Bri, dll. Saat ini, sudah terdapat 3 produk unggulan dari Doku yakni:

  1. Doku Enterprise. Memberikan layanan transaksi/pembayaran untuk skala yang besar
  2. Doku Wallet. Memberikan layanan dompet/penyimpanan uang secara digital
  3. Doku My Shopping Cart. Memberikan layanan transaksi skala kecil-menengah yang umumnya terintegrasi dengan e-commerce.

Go Pay

Go-Pay merupakan layanan transaksi non tunai yang berlaku pada transportasi online Gojek. Dalam perkembangannya, Gopay boleh disebut sebagai uang digital/elektronik yang bisa berlaku untuk transaksi apa pun dalam aplikasi Gojek.  Selain itu, gopay juga bisa menjadi alat pembayaran pada rekan usaha gojek baik online maupun offline.

Finansialku

Fintech terbaik 2021 yang layak masuk perhitungan adalah perusahaan yang memasarkan produknya sebagai konsultan finansial ini. Melalui situs finansialku.com, jenis fintech ini hadir sebagai pemasok informasi menyangkut cara-cara cerdas dalam mengelola keuangan. Finansialku memberikan pendidikan non formal kepada masyarakat menyangkut pola pengaturan keuangan di era digital.

T-Cash

Telkomsel mengembangkan sebuah layanan yang berhasil di bidang transaksi digital. Layanan ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan telkomsel dalam bertransaksi. Apa saja transaksi yang bisa menggunakan T-cash? Bukan hanya pengisian dan pembayaran pulsa. Pada dasarnya T – cash menjadi layanan keuangan secara digital yang fungsinya mirip seperti rekening bank bagi pengguna telkomsel.

Dengan demikian, melihat perkembangannya yang pesat, fintech terbaik 2021 bisa memuat jenis-jenis fintech di atas.

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.