Membuat Minuman Probiotik di Rumah dari Buah-Buahan

 Membuat Minuman Probiotik di Rumah dari Buah-Buahan

wikiGO News Bisnis – Probiotik adalah istilah bagi bakteri atau mikroorganisme baik di dalam tubuh manusia yang bermanfaat bagi proses metabolisme. Kekurangan probiotik bisa menyebabkan masalah tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan dan menjaga probiotik adalah dengan mengkonsumsi minuman probiotik yang diyakini bakal menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan menekan bakteri jahat di dalam tubuh.

Minuman Probiotik

Minuman ini bisa dibuat dari hasil fermentasi dari berbagai macam buah dan rempah seperti Sirsak, Pisang Ambon, Apel Malang, Lemon, Nanas, Strawberry dan Kunyit putih. Fermentasi buah dan rempah untuk menjadi minuman probiotik dilakukan dengan bermacam starter probiotik siklus dalam kurun waktu tertentu. Setelah difermentasikan, minuman ini akan memiliki nutrisi yang kaya akan vitamin dan bakteri baaik aktif yang siap dikonsumsi.

Menggunakan buah dan rempah sangat baik bagi tubuh khususnya organ usus dan lambung karena secara umum mengandung 3 hal berikut:

  1. Vitamin
  2. Probiotik alami pada buah yang bermanfaat bagi tubuh manusia
  3. Prebiotik, yang akan menunjang pertumbuhan probiotik.Misalnya prebiotik pada buah pisang yang bisa meningkatkan jumlah probiotik jenis Bifidobacteria di tubuh secara signifikan.

Sementara itu, pada masing-masing buah dan rempah terdapat zat dan senyawa yang telah lama terbukti menjaga tubuh.

  • Sirsak. Antioksidan, vitamin C, magnesium dan nutrisi lainnya pada sirsak sangat ampuh menurunkan asam urat, hipertensi dan arthritis.
  • Pisang ambon. Kandungan vitamin B, asam folat, zat besi dan nutrisi pada pisang ambon baik bagi kesehatan tubuh, perkembangan otak dan sumsum tulang belakang, mengobati anemia, meredakan gangguan usus dan menetralkan asam lambung.
  • Apel Malang. Flavonoid dan senyawa antioksidan pada buah apel menjadikannya sebagai agen detoksifikasi di dalam tubuh.
  • Lemon.Mengandung vitamin C, karotenoid, terpenoid, flavonoid dan polifenol menjadikan lemon sebagai buah dengan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah timbulnya batu ginjal dan menjaga kesehatan kulit.
  • Nanas.Selain tinggi kalori, nanas mengandung enzim bromelain yang diyakini bisa  menekan perkembangan sel kanker dan membantu pankreas dalam memproduksi enzim pencernaan.
  • Strawberry. Nutrisi dan kandungan yang terdapat di dalam buah strawberry membantu tubuh dalam menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan resiko peradangan dan mencegah proses penuaan dini pada kulit.
  • Kunyit putih. Kandungan pada kunyit putih yang juga baik sebagai antitoxic dan antiinflamasi.

Mengapa Perlu Minuman Probiotik?

Minuman fermentasi buah dan rempah baik yang kaya akan probiotik dan prebiotik sangat baik untuk mengembalikan dan meningkatkan mikroorganisme baik pada tubuh khususnya di organ-organ tempat mikroorganisme tersebut hidup dan berperan.

Secara umum, terdapat empat jenis mikroorganisme probiotik yang akan berkembang di dalam tubuh dengan bantuan minuman probiotik, antara lain:

Lactobacillus

Jenis Lactobacillus menjadi bakteri probiotik dalam jumlah terbanyak pada tubuh manusia khususnya pada saluran pencernaan, pada saluran kemih dan pada sistem genital. Jumlah bakteri ini mencapai 50 jenis atau lebih. Lactobacillus berperan penting dalam membantu saluran pencernaan ketika terjadi diare. Pun demikian pada orang yang alergi terhadap laktosa.

Bifidobacteria

Jenis bakteri ini berjumlah sekitar 30 di dalam tubuh manusia khususnya di area usus besar. keberadaan bakteri Bifidobacteria berguna dalam menangani sindrom iritasi usus, radang usus dan sembelit yang biasanya sebagai sebab meningkatnya mikroorganisme jahat di dalamnya.

Streptococcus Thermophilus

Bakteri probiotik Streptococcus Thermophilus berguna bagi tubuh dalam hal produksi enzim laktase yang sangat penting ketika terjadi proses pengolahan makanan dalam tubuh.

Saccharomyces

Probiotik jenis ini berasal dari jamur  yang sering berfungsi dalam menangani masalah diare. 

Manfaat minuman probiotik

Minuman probiotik yang dikonsumsi akan mengisi kembali jumlah bakteri baik di dalam tubuh yang hilang atau berkurang jumlahnya, sementara prebiotik akan menjadi energi bagi pertumbuhan probiotik-probiotik.

Meskipun manfaat terbesar bagi orang-orang dengan kondisi medis tertentu yang berhubungan dengan kesehatan saluran cerna, saluran kemih dan juga pada sistem genital, minuman probiotik dari buah-buahan dan rempah sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua orang. Adapun beberapa manfaat dalam mengkonsumsinya adalah:

  • Meredakan gejala diare dan diare itu sendiri. Cara kerja mikroorganisme baik dalam meredakan gejala diare dan mengatasi diare adalah dengan melakukan kompetisi pertumbuhan melawan bakteri jahat. Ketika bakteri baik jumlahnya bertambah melalui minuman probiotik maka jumlah bakteri  jahat penyebab diare akan tertekan.
  • Mencegah iritasi usus. Cara kerja bakteri baik dalam mengatasi masalah diare pun berlaku dalam menjaga saluran pencernaan. Pembiakan bakteri jahat pada usus sering menyebabkan sembelit, iritasi usus dan radang usus. Maka dari itu, butuh penambahan jumlah mikroorganisme probiotik untuk melawan kuman atau bakteri jahat tersebut.
  • Mencegah masalah kesehatan pada saluran kencing dan menjaga kesehatan vagina. Saluran kemih atau saluran kencing merupakan tempat bakteri probiotik alami terdapat dalam jumlah yang cukup. Tetapi, seperti halnya pada saluran pencernaan, jumlah bakteri baik dalam kondisi tertentu menurun yanag menyebabkan pembiakan bakteri jahat tidak terkendali. Mengkonsumsi minuman probiotik cukup efektif dalam mengembalikan jumlah bakteri baik.
Adakah efek sampingnya?

Minuman probiotik hasil fermentasi buah dan rempah sangat aman konsumsi karena tanpa bahan pengawet dan bahan kimia buatan. Bakteri probiotik di dalam minuman ini merupakan bakteri aktif (hidup) yang siap berkembang di dalam tubuh. Dengan demikian, selain sebagai minuman suplemen, minuman probiotik bisa pula menjadi minuman penyegar biasa yang bisa untuk konsumsi harian tanpa menyebkan implikasi kesehatan.

Acikmaris

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *