Trending :

Update umr brebes 2020 terbaru dikabarkan Naik!

1 min read

Update umr brebes 2020 terbaru dikabarkan Naik!

wikiGo News Brebes – Besaran Upah umr brebes 2020 terbaru disulkan Bakal Naik 8,51 Persen dari besaran UMK 2019 Lalu yaitu Rp 1,665 juta menjadi Rp 1,807 juta.

Menurut kesepakatan antara Asosiasi pengusaha indonesia (apindo), Serikat Buruh serta juga Dewan Pengupahan, Dinas perindustrian dan Tenaga Kerja (DPTK) Mengusulkan kenaikan UMR di daerah Brebes.

Menurut Edi Suryono Selaku Ketua Apindo Brebes Mengatakan ” Usulan yang kami sebut tersebut adalah usulan besaran UMK 2020 mengacu pada PP 78 Tahun 2015 tentang pengupahan. menurut dari berbagai komponen penentuan besaran UMK yang disepakati akan mengalami kenaikan 8,51 persen untuk UMK 2020 Tahun sekarang ini.

“Kami usulkan akan naik 8,51 persen untuk UMR 2020 mendatang. dan itusudah disepakati bersama dengan semua serikat buruh. jadi tidak ada masalah, Ujar Edi, saat ditemui di kantor DPTK Brebes, Selasa (29/10/2019) lalu.

Ia menjelaskan, didalam menghitung besaran untuk menaikan UMR Brebes Tahun 2020, Apindo mengacu pada rumus yang sudah diatur dalam PP tersebut. Dimana, besran untuk kenaikan UMK atau UMR Brebes dihitung dari besaran UMK Tahunan dikala inflasi dan pendapatan domestik bruto (PDB).

dia mengatakan, dengan perhitungan yang sudah di dasari pada PP 78 Tahun 2015, maka kenaikan UMK atau UMR 2020 Brebes tidak dihitung dari survei kebutuhan Hidup Layak (KHL) dulu. Pasalnya, Survei KHL dilakukan lima tahun sekali.

“Setiap tahun nanti, tentu ada kenaikan upah. Jangan sampai, kita dalam menetapkan besaran upah itu terlalu tinggi. Nanti justru akan membuat para investor kabur. apalagi, sebentar lagi Brebes akan menjadi koda industri, Seperti yang sudah diberitakan Bahwa Brebes akan menjadi kota industri. Ujarnya.

“Namun jika ada perusahaan yang tidak sanggup, Bisa mengajukan penangguhan. tapi saya yakin semua perusahaan akan sanggup membayar UMR Brebes yang disepakati segitu, Imbuhnya.

Ia juga beralasan, UMK Kabupaten Brebes terbilang sangat paling murah jika dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten jawa tengah lainnya. alasan itu juga yang kemudian menjadi daya tarik oleh para Investor untuk membangun pabrik di Brebes.

Kepala DPTK Brebes Syamsul Komar juga membenarkan adanya kenaikan usulan besaran UMK Brebes 2020, jika dulu 2019 Rp 1,665 juta menjadi Rp 1,807 juta.

“Insyaallah, Untuk UMR Brebes 2020 Terbaru akan kita usulkan naik menjadi 1,8 juta lebih, ujarnya.