Trending :

6 Tips Menjadi Programer Handal Secara Otodidak

1 min read

6 Tips Menjadi Programer Handal Secara Otodidak

wikiGo Tips & Trik – Siapa yang belum tau Programer Atau Pemrograman, Programer adalah suatu pekerjaan seseorang dengan mengerjakan suatu bahasa program tertentu Seperti Bahasa Java, C, Python, PHP dll.

Banyak orang-orang yang memimpkan pekerjaan ini, ya mungkinkarna Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang memiliki gaji yang cukup besar sebagai seorang programer. Tidak mustahil lagi mengingat pekerjaan menjadi seorang programer handal itu membutuhkan pikiran yang jenius dan paham akan bahasa pemrogamman.

Programer dengan skil codingnya dia dapat membuat suatu karya seperti Website, aplikasi dan lain sebagainya. tidak sedikit orang yang berminat belajar menjadi programer handal di era revolusi industri 4.0, mengingat di era moderen sekarang ini bahwa dunia informatik atau sistem informsi komuter bisa dibilang ilmu yang sangat mendukung di era teknologi sekarang.

Untuk itu maka didalam artikel kali ini admin akan memberika tips menjadi programer handal, supaya anda mendapat tambahan ilmu dan keniatan pasti untuk menjadi seorang programer.

1. Belajar dengan praktik langsung

Tidak cukup cuma dengan belajar saja tanpa praktik langsung, karena dengan hanya belajar saja kita tidak dapat tau maksud dari perintah suatu bahasa program atau bisa juga pelajaran yang kita tau mungkin bisa langsung sekejap hilang dalam otak kita.

maka dari itu dengan belajar langsung praktik dapat meminimalisir ketidak pahaman dan bisa cepat memahami suatu bahasa program tersebut.

2. fahami Ilmu dasar pemrogramman terlebih dahulu

Memahami ilmu dasar atau fundamental terlebih dahulu itu sangat penting apalagi jika kamu belum faham ini akan menjadi masalah besar. jika kamu sudah faham ilmu dasar pemrogramman kedepannya akan sangat membantu dan memudahkanmu apalagi jika kamu ingin mempelajari bahasa baru akan jauh lebih mudah karena anda sudah tau ilmu dasar suatu bahasa program yag akan kamu pelajari.

3. Menulis kode dengan tangan

Untuk menulis kode dengan tangan langsung anda bisa dilakukan dengan kertas, papan tulis atau apapun selain komputer. menulis kode dikertas akan membantu kamu lebih hati-hati dan lebih fokus.

Menulis dengan tangan juga akan lebih baik jika kamu ingin menulis Pseudecode, Tips ini juga akan memudahkan kamu pada saat interview kerja. karena ada banyak beberapa perusahaanyang akan meminta kamu untuk menulis kode diatas kertas saat menguji kamu.

4. Minta bantuan jika dibutuhkan saja

Pada saat kamu membuat suatu website atau aplikasi dan lainnya yang berbasis Program pasti kamu juga akan menemukan error, carilah mentor yang sudah jago untuk membantu kamu.

Atau kamu juga bisa meminta bantuan temanmu yang sudah bisa, belajara dengan berdiskusi dengan teman juga akan memperceptt pemahamanmu tentang pemrogramman. atau kamu juga bisa meminta bantuan di forum-forum online tertentu seperti stackoverflow.

5. Mencari Konten online untuk mempercepat pemahamanmu

Jika kamu sudah bingung disatu topik atau konsep program, cari konten tsb secara online, ada banyak konten online kok yng dapat membantu kamu menyelesaikan kebigungn kamu tsb.

Pelajari konten yang dapat membantu kamu, jika belum paham coba cari konten lain ada banyak kok di google salah satunya.

6. Jangan Cuma Modal Copas!

Ketika kamu ingin mencari suatu solusi dari kode, kamu bisa dapatkan contoh kodenya di internet. disitu anda jangan bermodal copas saja! pastikan juga kamu juga harus memahami apa yang tertulis.

Nah bagaimana? Mungkin tips menjadi programer handal ini dapat membantu anda, jangan patah semangat untuk anda yang tidak sekolah juga, belajar secara otodidak itu sangat menyenangkan.