Sewa Sepeda Gunung Raup Untung Tiap Hari Libur (2021)

 Sewa Sepeda Gunung Raup Untung Tiap Hari Libur (2021)

wikiGo News Bisnis – Kualitas hidup sepertinya akan menjadi aspek bisnis yang menjanjikan. Pola hidup masyarakat urban serta pergeseran kebutuhan terhadap kualitas hidup membuat beberapa orang melihatnya sebagai peluang bisnis. Salah satu bisnis yang patut mendapat perhatian adalah jasa sewa sepeda atau rental sepeda.

Bisnis sewa atau rental bukan hal baru. Akan tetapi membuka jasa sewa sepeda pada spot-spot yang tepat sangat menjanjikan. Tempat-tempat rekreasi alami yang berada pada wilayah pegunungan, persawahan atau daerah dengan kualitas udara yang bagus sangat cocok untuk bisnis ini. Beberapa tempat semacam ini sudah membuktikannya. Setiap hari minggu atau hari libur, orang-orang yang datang berlibur akan menyewa sepeda baik untuk berolahraga maupun sekadar menikmati alam.

Alasan kenapa sewa sepeda bisa menjadi bisnis menjanjikan

Bisnis rental sepeda bisa sangat menguntungkan jika orang yang menjalani bisnis ini paham akan kebutuhan masyarakat serta berada di lokasi yang mendukung. Dari contoh-contoh jasa sewa sepeda yang sudah berjalan, terdapat alasan mengapa usaha sederhana ini berhasil. Oleh karena itu, berikut ulasan mengenai alasan mengapa bisa sewa sepeda di sebuah tempat bisa berhasil.

  • Lokasi yang mendukung

Tidak semua tempat rekreasi dan liburan cocok untuk bersepeda. Faktor pendukungnya adalah lokasi yang memiliki akses menggunakan sepeda, memiliki faktor x seperti perbukitan untuk dilewati atau persawahan, memiliki tempat untuk bersantai, dan bukan daerah padat kendaraan.

  • Orang tidak bisa bawa sepeda sendiri ke lokasi

Pada lokasi yang tepat, orang-orang yang datang bersantai tidak pernah berpikir untuk membawa sepeda masing-masing. Jadi setelah mereka menemukan tempat liburan yang cocok serta menemukan ada jasa sewa sepeda maka mereka akan menggunakannya.

  • Biaya yang terjangkau dan fasilitas yang bagus

Tarif untuk sewa sepeda tergolong murah dan fasilitas (sepeda) yang ada dalam kondisi bagus. Mendapati dua hal ini, pengunjung tentu akan berpikir apa salahnya mereka menyewa sepeda.

  • Sepeda sepaket dengan resto atau tempat istirahat

Beberapa resto, tempat makan dan tempat istirahat di wilayah pegunungan atau tempat wisata alam menerapkan tarif sepeda berupa kupon. Saat pengunjung menggunakan fasilitas utama, mereka akan diberikan kupon. Bahkan ada yang menggunakan sistem bonus. Cara ini termasuk berhasil, asalkan menggunakan perhitungan yang tepat.

Alasan-alasan di atas wajib menjadi perhatian bagi pebisnis sewa sepeda pemula sebagai bahan pertimbangan.

Tips memilih lokasi yang tepat

Lokasi sewa sepeda sangat menentukan berhasil atau tidaknya bisnis ini. Lokasi yang ideal dalam usaha sewa sepeda harus memperhatikan kenyamanan, keamanan dan nilai positif dari aktivitas ini.

1.      Lokasi dengan jalur sepeda

Idealnya, jalur bersepeda berada pada kawasan yang santai, dengan pemandangan alam dan udara yang bersih. maka, tempat liburan dan rekreasi di pegunungan dan persawahan sangat cocok menjadi pilihan untuk aspek ini.

2.      Lokasi yang jauh dari kemacetan

Karena bersepeda saat liburan adalah aktivitas yang santai, maka seyogyanya berada pada kawasan yang jarang terdapat kendaraan umum. Pengunjung sering datang berkelompok atau berkeluarga, dan ketika mereka ingin bersepeda maka mereka akan bersepeda secara berkelompok pula. Waktu dan kondisi yang lenggang akan sangat menarik minat.

3.      Lokasi yang tidak ekstrim

Ekstrim dalam hal ini menyangkut tempat dan iklim. Bersepeda di lingkungan yang terlalu tertutup seperti area hutan atau sungai tidak aman bagi pengunjung. Begitu pula, pada kondisi yang terlalu basah (licin) dan panas pun sangat tidak ideal.  Beberapa orang mungkin menginginkan jalur sepeda yang menantang, namun kebanyakan pengunjung tentu tidak sependapat. Apalagi pengunjung yang datang bersama anak-anak.

4.      Lokasi yang memiliki tempat makan, rekreasi dan bersantai

Bersepeda bukanlah tujuan utama pengunjung datang. Harus ada alasan lain mengapa suatu tempat menjadi titik kumpul saat liburan. Resto, warung dan tempat rekreasi alam bisa menjadi pilihan untuk menempatkan sepeda di sampingnya. Anggap saja, misalkan, ada sebuah warung makan yang terkenal di sebuah pinggir sawah. Setiap liburan orang banyak datang ke sini. Maka, tempat ini kelihatan akan sangat cocok untuk menyertakan sewa rental sepeda.

Apa pun jenis bisnisnya, tahun 2021 memerlukan sisi kreatif dari pelaku bisnis. Mengingat kondisi perekonomian belum sepenuhnya pulih, membuka bisnis sewa sepeda bisa jadi usaha yang luar biasa menguntungkan apabila memperhatikan hal-hal di atas.

Acikmaris

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *