Ekonomi Digital, Apakah Mungkin Untuk Seluruh Lini Ekonomi?

 Ekonomi Digital, Apakah Mungkin Untuk Seluruh Lini Ekonomi?

wikiGo News Bisnis – Digitalisasi ekonomi menunjukan dampak positif di tengah masyarakat. Pada tahun 2020, selama pandemi covid-19, terjadi percepatan perkembangan digitalisasi ekonomi secara signifikan.  Pemahaman masyarakat terhadap ekonomi digital  dipacu justru oleh kesulitan ekonomi selama 1 tahun terakhir. Selain itu, lajunya market place turut memantik  perpindahan ekonomi konvensional ke ranah digital.

Ekonomi Digital, Apa itu?

Ekonomi Digital merupakan hasil dari digitalisasi bentuk-bentuk aktivitas perekonomian yang sebelumnya bersifat konvensional. Digitalisasi artinya menjadikan sesuatu ke dalam bentuk digital menggunakan teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Aktivitas perekonomian yang telah masuk ke ranah digital mencakup transaksi jual-beli, pemasaran, promosi dan pasar.

Ekonomi digital dipandang positif sebagai langkah awal bagi masyarakaat dalam mempertahankan usaha dan bisnisnya. Faktor-faktor pendorong percepatannya adalah laju teknologi, perubahan pola masyarakat terkait pembelanjaan dan pembayaran, dan situasi ekonomi global dalam satu tahun terakhir yang banyak beralih ke platform online.

Bentuk ekonomi digital yang sudah ada

Percepatan digitalisasi ekonomi mendapat perhatian yang besar dari pemerintah. Melihat dampak positif dari beeberapa platform digital dari aktivitas-aktivitas ekonomi yang sudah ada, maka pemerintah melihat perlunya mendorong lini ekonomi yang lain untuk masuk ke ranah digital.

Berikut beberapa model ekonomi digital yang ternyata sudah lama ada dan berkembang begitu pesat di tengaah masyarakat.

  1. Transportasi Online

Grab dan Gojek menjadi startup terdepan dalam platform transportasi digital. Setelah bertahun-tahun, sistem transportasi online berhasil menghadirkan beragam dampak positif kepada masyarakat baik bagi driver maupun bagi pengguna. Penciptaan lapangan kerja baru bagi driver motor dan mobil serta kemudahan transportasi bagi masyarakat merupakan contoh nyata dari dampak ekonomi tersebut. Saat ini, kebermanfaatan dari transportasi online tidak lagi hanya berlaku kepada pengguna yang melakukan perjalanan melainkan pula untuk jasa pengiriman. Gofood dan Gosend menjadi dua kemudahan yang sangat berguna bagi pelaku usaha UMKM seperti warung makan.

  • E-Wallet

Penggunaan e-wallet semakin populer di tengah masyarakat. Menawarkan kemudahan transaksi, e-wallet memberikan pengalaman transaksi kepada penggunannya yang lebih mudah dan aman. Berkembangnya lini ekonominya yang ke ranah digital membuat keberadaan e-wallet semakin diperhitungkan.

  • E-commerce

Bidang ini menjadi salah satu yang memiliki dampak besar terhadap masyarakat. Jual-beli secara online tidak hanya memudahkan bagi masyarakat ternyata berdampak pula terhadap pemerataan harga produk untuk seluruh wilaayah Indonesia. Jika pada pasar konvensionaal, harga produk pada daerah-daerah pedalaman dan luar pulau jawa lebih mahal ketimbang harga di pulau jawa maka dengan adanya e-commerce seluruh masyarakat bisa mendapatkan harga yang sama. Marketplace dan online shop telah sangat mendorong UMKM ke arah yang lebih baik yang mana suatu produk bisa dikenal secara luas tanpa perlu mengeluarkan biaya pemasaran yang besar.

Dampak positif

Dari contoh-contoh model ekonomi digital yang telah ada, bisa menarik dampak-dampak positif.

  • Dampak ekonomi

Tterjadi pemerataan ekonomi ketika harga produk yang sama bisa dinikmati seluruh masyarakat dari berbagai wilayah, kecepatan dan kemudahan dalam bertransaksi, data ekonomi lebih mudah terintegrasi.

  • Dampak sosial

Pembangunan infrastruktur yang mengikuti alur dari digital ekonomi akan sangat berguna dalam pembangunan ekonomi secara merata. Jika pembangunan ekonomi telah merata, maka kehidupan sosial tiap daerah akan lebih baik.

  • Dampak pendidikan

Akses terhadap pendidikan menjadi lebih mudah. Akses ini berupa informasi, bahan pembelajaran, dan pengalaman pembelajaran.

Dari dampak-dampak positif yang ada, maka digitalisasi pada lini-lini ekonomi lainnya menjadi sangat mungkin.

Potensi

Apakah Indonesia memiliki peluang untuk menerapkan ekonomi digital dengan baik? Potensi itu ada. Sebagai bangsa yang besar dengan berbagai keberagaman, maka ekonomi digital bisa menjadi jalan dalam mempersatuan. Jenis-jenis usaha kecil menengah yang selama ini bergeraknya terbatas hanya dalam satu cakupan wilayah, bisa lebih luas jika memanfaatkan platform online. Selain itu, dengan jumlah penduduk yang besar, maka model dari sistem ini bisa memberi peluang akan lapangan kerja baru. Meskipun masyarakat belum secara merata menggunakan aplikasi atau bentuk-bentuk ekonomi digitaal yang telah ada, namun ke depannya pengguna akan semakin besar.

Acikmaris

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *