Trending :

15 Alat Service HP Yang wajib dimiliki Teknisi HP

1 min read

15 Alat Service HP Yang wajib dimiliki Teknisi HP

wikigo News Tekno – Menjadi Teknisi HP selain Paham mengenai Kesalahan dari Hardware HP, juga membutuhkan Alat Service HP yang harus dimiliki Untuk kebutuhan. Hal tersebut lain tidak lain untuk membuka HP android untuk memperbaiki kerusakan.

Banyak sekali Alat Service HP yang harus dimiliki oleh teknisi HP Jika itu anda yang baru ingin membuka Jasa Service dan masih bingung alat apa saja yang harus dimiliki untuk membuka HP, berikut saya Rangkumkan Alat yang terpenting saja. Yang biasa dipake oleh Teknisi HP atau Konter Service HP.

1. Obeng HP Lengkap

Obeng sangat perlu sekali untuk membuka suatu Cangkang HP yang nantinya akan kamu Service, usahakan untuk mempunyai obeng dengan berbagai macam Mata. Karena berbagai macam Merek HP mempunyai Baut yang berbeda-beda.

2. Power Supply

alat dengan kegunaan untuk mengaliri listrik ke battery atau lainnya yang disebut dengan Power Supply. Alat ini sendiri mempunyai dua Tipe Model yaitu Model analog dan model Jarum. ada banyak macam kapasitas power supply namun kami rekomendasikan untuk menggunakan power supply dengan kapasitas Arus 5A dan tegangan Listriknya yang bisa diseting ke 30V.

3. Blower

Blower atau Alat dengan fungsi untuk melepas IC atau part/komponen lain dari PCB ini Juga perlu ada. karena tidak mungkin anda melepas IC dari PCB menggunakan Solder!

4. Solder

Fungsi dari solder oleh para Teknisi HP digunakan untuk memasang ataupun untuk mengakat Komponen IC atau lainnya dari PCB.

5. Timah

Timah juga perlu kamu beli untuk menyambung komponen-komponen kecil dari HP.

6. Multimeter

Multimeter adalah alat untuk mengecek tegangan arus dan juga hambatan pada komponen Handphone. Tidak mungkin anda mengeceknya dengan menyentuhkan Tangan ke arus listrik kan wkwkwk.

7. Penjepit PCB

Alat ini juga perlu sekali, Penjepit PCB kegunaanya untuk memegang PCB agar tidak kemana-mana, tidak mungkin anda menggunkan satu tangan dan tangan satunya lagi untuk menyolder atau lainnya, ya kan?

8. Pinset

Alat kecil namun penting anda miliki, alat ini digunakan untuk memegang ataupun memasang komponen kecil dari Mesin Hanphone HP.

9. Solder wig

Fluk berfungsi untuk membersihkan bekas-bekas timah yang menempel di komponen HP, Hal ini sangat perlu anda miliki untuk menghindari kosletnya komponen karena menyambung dengan komponen lainnya.

10. Flux

Flux berfungsi untuk mempermudah kamu disaat memasang ataupun mencopot kompoten-komponen HP dengan Solder Maupun Blower.

11. Lup kecil

Sama seperti alat teropong, namun dengan bentuk kecil untuk melihat komponen-komopnen kecil dari HP.

12. Plat Pencetak IC

Sesuai dari Namanya, kegunaan plat Pencetak IC adalah untuk mencetak IC

13. Timah Pasta

Timah pasta seperti Timah pada umumnya, namun dengan bentuk Cair ini digunakan untuk mencetak kaki-kaki IC.

14. Tiner

Tiner juga sangat perlu sekali, kegunaan Tiner oleh seorang Teknisi HP ialah untuk membersihkan PCB Hanphone yang terkena air, selain dengan tiner anda juga bisa memakai Bensin kok.

15. UFI Box

UFI Box alat yang terakhir ini untuk mengatasi permasalahan Softwar dari HP, ini juga sangat perlu sekali bagi Teknisi HP Untuk mengatasi permasalahan HP pada bagian Software.

Nah bagaimana? diatas adalah berbagai alat Service HP yang sangat perlu anda miliki, apalagi anda yang mau buka jasa teknisi HP.