Trending :

Apa Itu Backlink ? Peranan penting Untuk SEO

3 min read

Apa Itu Backlink ? Peranan penting Untuk SEO

wikiGo News Blog – Banyak sih yang baru terjun didunia Blog atau anda juga yang baru mengenal SEO yang pasti mempertanyakan “Apa yang dimaksud backlink? serta kegunaan Backlink Untuk SEO, atau juga fungsi-fungsi lain dari Backlink. Oklah Pada artikel kali ini kita akan membahasnya secara menyeluruh dan jelas, mungkin juga agak panjang artikelnya supaya anda sangat paham Peranan Backlink untuk blog.

Backlink adalah ketika ada suatu website yang menautkan sebuah hyperlink ke website lain. masih bingung? begini saja yah, sebagai contoh ada seseorang yang memiliki website kemudian membuat suatu artikel dan didalamnya ada sebuah link yang mengarahkan keblog kamu, intinya dari artikel alamat website semula yang merujuk ke artikel website lain dengan syarat beda alamat domain itulah yang dinamakan backlink.

Lebih Simpel lagi contoh saja, ada sebuah website (A) Membuat konten mengenai “Cara Mendapatkan Backlink” Kemudian pada artikel tersebut si penulis ingin mereferensikan link “Daftar Backlink” yang didabat dari website (B), Jadi itulah yang dinamakan Backlink ke situs B.

Contoh Kode Struktur Backlink

<a href=https://www.namadomainyangdituju.com>Anchor Text </a>

Penulisan dari format backlink sendiri tidak jauh dari sebuah bahasa HTML Pada Website, jadi pada dasarnya Backlink merupakan salah satu metode dimana si pembuat konten tersebut mereferensikan link atau tautan yang diarahkan ke website lain.

Loading...

Apa Perbedaan Dari Backlink External Link dengan Internal Link?

Nah disini anda juga perlu tau, apa itu backlink? dan apa perbedaan yang dibagi menjadi dua bagian seperti backlink external link dan backlink internal link yang tentunya memiliki perbedaan yang signifikan, berikut penjelasannya:

Backlink External

Backlink ini merupakan Link atau tautan yang mengarah ke website lain. menurut dari para pakar SEO Backlink External ini adalah peranan penting sekali metode yang sangat membantu untuk menaikan rangking website.

Backlink External Ini Memiliki “Juice Link” atau Kekuatan peringkat yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan internal link, karen mesin telusur seperti Google, Bing, Yahoo dll Menganggapnya sebagai Rekomendasi dari pihak lain untuk mempercayai bahwa link tersebut sangat Relevan, Semua para pakar seo juga sudah tau artikel yang menduduki setiap page one google adalah artikel yang sangat relevan.

Backlink Internal

Backlink Internal sama seperti backlink External Namun Link yang merujuk pada (target) dengan domain yang sama yang ada pada link Sumber. Contohnya Pembuat membuat artikel kemudian sipembuat tersebut merujuk ke halaman artikel lainya yang masih dalam alamat domain milik sendiri.

Loading...

Internal Link ini juga berpengaruh untuk upaya SEO, yaitu dengan upaya selalu menautkan konten yang terkait kedalam artikel website. Yaa ini juga sangat penting untuk membantu Search Engine dalam meng Crawl atau menganalisa banyaknya halaman pada situs kita.

Sebagai Contoh, Google telah mencapai halaman “A” dan kemudian melihat tautan internal ke halaman “B” dan “E” ya begitulah alur cara google melakukan Crawl untuk melihat seberapa banyak halaman yang dimiliki situs tersebut.

Mengapa Backlink Sangat Penting Untuk SEO?

Backlink memanglah sangat penting, seperti yang sudah saya ulas diatas Metodi ini sangat berharga dalam Upaya menaikan kadar SEO, Karena mereka mewakili “Vote Of Confidence” dari satu situs ke situs lainnya.

Jadi intinya, backlink ke situs kita adalah sinyal bagi mesin pencari dan memberikan jaminan bahwa konten anda bagus, relevan dan juga dapat membantu mereka. Semakin Banyak semakin Bagus dan layak menduduki peringkat satu mesin pencari, Coba anda lihat dengan tools SEO kemudian cek website dengan keyword tertentu cek web yang menduduki peringka satu mimin sudah pastikan pasti web tersebut memiliki banyak backlink.

Loading...

Jadi yang namanya backlink itu dapat memberikan efek yang sangat positif untuk suatu website dalam hal visibilitas pencarian.

Bagaimana Membuat Backlink yang Relevan?

Untuk membuat backlink yang Relevan itu cukup membuat Link dengan Anchor Text yang terlihat dan dapat diklik dalam hyperlink. biasanya anchor text jika kita lihat dari Browser akan tampak berwarna biru dan seringkali digaris bawahi.

Anchor Text merupakan faktor yang mempengaruhi SERP (Search Engine RAngking Point). dimana mesin pencari akan menilai keakuratan informasi antara link dengan anchor textnya tersebut.

Bagaimana Cara mendapatkan Backlink?

Mendapatkan dan menghasilkan Backlink merupakan elemen penting dalam optimasi SEO Off-Site, Jadi maksudnya adalah Backlink itu menjadi peranan yang sangat penting dalam upaya SEO. Mencari dan mendapatkan Link menurut dari pakar SEO dikenal sebagai Link Earning atau Link Building.

Loading...

Banyak beberapa backlink memiliki skor atau nilai bagus itupun tergantung darimana backlink itu berasal. Backlink dapat dinilai berharga jika situs si pemberi baclink terpercaya atau situs yang sudah terkenal.

Mendapatkan backlink dengan skor atau nilai yang bagus itu cukup menurut saya untuk menaikan SERP Google adapun beberapa Backlink Gratis yang wajib anda coba.

Apa Itu Backlink Do-follow dan No-follow

Mungkin anda yang saat ini masih bertanya-tanya, apa sih maksudnya backlink do-follow dan no-follow?. tenang sesuai judul dari artikel kali ini dan mimin yang sudah berjanji akan mengulas habis mengenai backlink ini juga akan menjelaskannya.

Setiap Hyperlink pada dasarnya memiliki standar atribut do-follow, namun ada pula beberapa situs yang merasa atribut ini tidak semudah itu untuk didapatkan. ya seperti beberapa situs forum-forum atau sosial media besar membuat agar hyperlink tersebut berlael no-follow.

Loading...

Backlink Do-follow

Hyperlink link yang beratribut do-follow ini dapat memberikan dorongan authority atau atoritas pada situs kita, sedangkang.

Jadi atribut hyperlink do-follow itu sangat berpengaruh sekali untuk mendongkrak autoritas website kita.

Backlink No-follow

Sedangkang Backlink No-follow adalah mencegah agar hyperlink tersebut tidak mendapatkan otoritas dari website miliknya. backlink buruk patut dihindari, namun tidak juga sepenuhnya betul, nilai no-follow yang diberikan oleh situs berkualitas tinggi ini dapat memberikan dorongan pada situs kita.

Nah bagaimana penjelsannya? diatas tersebut mimin sudah menjelaskan secara lengkap mengenai dari apa itu backlink sampai dari manfaat backlinkdan beberapa tipe backlink yang bagus, semuga mudh dipahami dan dipraktekan.