Mau Buka Gerai Alfamart? Asal Punya Modal

 Mau Buka Gerai Alfamart? Asal Punya Modal

wikiGo News Bisnis – Punya modal 300 juta? Kenapa tidak mencoba buka gerai Alfamart? Boleh dibilang Alfamart telah menjadi salah satu bisnis waralaba yang stabil dan memiliki prospek bagus ke depannya. Saling bersaing dengan Indomaret, Alfamart selalu mampu bertahan bahkan di tengah keterpurukan ekonomi masyarakat.

Tahapan Kerja Sama Buka Gerai Alfamart

Untuk buka gerai Alfamart, anda harus memiliki passion dalam industri minimarket. Persyaratan mengenai kepemilikan bisnis waralab ini mencakup identitas WNI, lokasi yang memenuhi kriteri dan berizin, kelengkapan izin baik izin usaha maupun izin lokasi (legalitas dll).

Jika anda memiliki semua hal tersebut, maka dengan memperhatikan kesiapan modal anda sudah bisa miliki gerai Alfamart. Untuk buka gerai Alfamart, berdasarkan ketentuan terdiri dari 4 tahapan berikut ini:

  1. Usulan lokasi

Anda memiliki lokasi yang tepat untuk buka gerai Alfamart? Silahkan melakukan pendaftaran pada laman pendaftaran. Untuk menentukan apakah lokasi anda cocok, silahkan lokasi pelajari gerai-gerai yang sudah buka.

  • Pengajuan proposal & persetujuan-nya

Dalam mengajukan proposal, haarus mencakup kajianmengenai lokasi ussulan, RAB, gambaran kerja serta proyeksi keuangan. Setelah pengajuan, maka anda harus menunggu persetujuan dari Alfamart sebelum lanjut.

  • Perjanjian bisnis waralaba

Jika kedua poin di atas telah lolos, maka anda dan pihak Alfamart menandatangin perjanjian waralaba. Di dalam perjanjian, terdapat hak dan kewajiban dari kedua belah pihak.

  • Pembukaan gerai

Garnd opening baru akan terlaksana setelah semua poin di atas berhasil. Jika fisik toko telah siap maka tahap buka gerai alfamart akan segera terjadi dan toko mulai beroperasi.

Skema bisnis waralaba Alfamart

Alfamart memiliki 3 skema dalam bisnis waralaba yakni skema kerja sama buka gerai baru, skema kerja sama gerai baru-konversi dan skema kerja sama gerai take over. Ketiga skema ini memiliki tipe-tipe gerai yang berbeda dan beragam serta kesiapan modal yang berbeda-beda jumlahnya. 

1)     Skema kerja sama buka gerai baru

Skema ini meliputi usulan lokasi dan pendaftaran kerjasama bisnis waralaba dengan pihak Alfamart. Jika usulan lokasi memenuhi standar yang mana strategis untuk Alfamart maka akan beberapa tipe gerai baru yang bisa anda pilih.

Tipe Satu:

Luas: 30 meter per segi

Kapasitas gerai: 9 rak

Jumlah produk: 1.200

Modal: 300 juta rupiah

Tipe Dua:

Luas: 60 meter per segi

Kapasitas gerai: 18 rak

Jumlah produk: 1.600

Modal: 350 juta rupiah

Tipe Tiga:

Luas: 80 meter per segi

Kapasitas gerai: 36 rak

Jumlah produk: 3.800

Modal: 450 juta rupiah

Tipe Empat:

Luas: 100 meter per segi

Kapasitas gerai: 45 rak

Jumlah produk: 4.500

Modal: 500 juta rupiah

2)     Skema Kerja sama Gerai Baru-Konversi

Bagi anda yang sudah memiliki minimarket rumahan atau toko kelontong pada lokasi yang strategis dan cocok untuk buka gerai Alfamart, maka bisa menggunakan skema kerja sama ini. Dalam skema ini, toko anda akan berubah bentuk menjadi alfamart. Keuntungan menggunakan skema kedua adalah keringanan modal karena pihak Alfamart memberikan dua kemudahan berikut ini:

  • Barang dagangan toko sebelumnya mendapat pengakuan sebagai barang dagangan saat toko franchise Alamart mulai buka
  • Jika rak paada toko sebelumnya memenuhi kriteria maka akan menjadi rak gerai dengan mendapat pengakuan dari Alfamart. Maka dari itu, terjadi pengurangan biaya atau jumlah modal

3)     Skema Kerja sama Gerai Take Over

Skema berikut ini terjadi jika anda membeli sebuah gerai Alfamart yang sudah jadi atau yang sudah beroperasi sesuai harga paket. Besaran modal untuk membeli paket yang tersedia paling rendah adalah 800 juta rupiah. Faktor yang menentukan besar kecil harga pakket yang tersedia dihitung dengan melihat pada harga sewa tempat dan angka penjualan di gerai tersebut per harinya.

Buka gerai Alfamart bisa menjadi salah satu investasi. Mengingat bisnis waralaba ini cukup stabil, maka tidak heran perkembangannya sangat signifikan. Bagi anda yang memiliki kriteri baik modal maupun tempat maka bisa menjadi salah satu bisnis ini sebagai bagian dari usaha atau investasi anda.  Mudah, bukan?

Acikmaris

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *