ide bisnis iseng tahun 2021

 ide bisnis iseng tahun 2021

wikiGo News Bisnis – Mengapa disebut Ide Bisnis Iseng? Ya, karena sifat bisnisnya yang situasional. Beberapa ide bisnis iseng berikut berkaitan dengan kondisi kehidupan sosial kita yang masih terkendala virus Corona. Jika melihat perkembangan virus tersebut dan penanganan Global terhadapnya maka bukan tidak mungkin di tahun 2021 kita masih sering terkungkung di rumah. Ada tiga bisnis iseng yang sebenarnya bisa berkembang.

JASA TITIP (JASTIP)

Ini fenomena bisnis iseng yang lahir selama masa pandemik. Sejak pertengahan tahun 2019, banyak orang tidak bepergian ke suatu tempat sebebas sebelumnya. Aturan pemerintah serta kekhawatiran semua orang terkait corona menjadi alasan tersebut. Maka lahirlah apa yang disebut jastip. Sebelumnya jastip atau jasa titip berlaku untuk tempat-tempat persinggahan umum seperti bandara, stasiun dan terminal untuk menitip kendaraan atau barang-barang untuk periode waktu tertentu. Lalu makna jastip sebagai peluang bisnis  iseng ini menyangkut jasa titip beli seuatu barang di sebuah tempat melalui orang yang entah kebetulan atau tidak berada di tempat tersebut. Sebagai contoh, seseorang yang bekerja di sebuah proyek di wilayah Tangerang misalnya hendak pulang liburan Natal dan tahun baru ke Malang. Dia menyiarkan kepulangannya kepada teman serta kerabatnya sekaligus memberi informasi bersedia menerima titip beli barang apa saja untuk dibawa pulang. Tentu saja semua orang tahu bahwa dia tidak sedang menawarkan hadiah gratis melainkan jasa titip beli.

Sifat bisnis ini memang iseng. Hanya sekadar lewat. Tidak ada jaminan selain sebuah kepercayaan dari hubungan kekerabatan. Dan karena iseng maka barang-barang yang dititipkan bukanlah barang yang berat dan besar. Lebih sering adalah cemilan tertentu di ssuatu daerah, atau pakaian di sebuah pusat perbelanjaan yang terkenal yang kebetulan bisa disinggahi oleh pelaku bisnis bersangkutan.

KELAS ONLINE BAHASA MANDARIN

Sebagai bisnis iseng maka kelas online di sini bukanlah kelas formal. Ini lebih mengenai kelas dan khursus yang dilakukan apa adanya karena kondisi. Jadi sifatnya kondisional. Misalkan seseorang dengan kemampuan berbahasa Mandarin menawarkan kelas online melalui media sosial setelah melihat banyaknya peluang bisnis lain yang berkaitan dengan bahasa mandarin. Mengapa Cuma bahasa Mandarin yang disebut? Karena salah satu negara yang memiliki investor paling banyak di negara kita saat ini adalah china atau Tiongkok. Banyak proyek kedatangan tenaga kerja asing dari china sehingga mereka membutuhkan kerja sama dari orang-orang pribumi yang mampu berbahasa China. Pekerjaan sebagai staf kantor, admin, dan penerjemah dengan kemampuan berbahasa mandarin sangat diperlukan dalam hal ini.  Jadi, jika anda memiliki kemampuan berbahasa mandarin bisa memikirkan peluang ini. Anda tidak perlu melakukannya secara formal karena yang akan anda ajarkan adalah bahasa-bahasa sehari dengan tujuan komunikasi antara staf dengan pihak investor misalnya.

KULINER RUMAHAN

Bisnis kuliner sendiri tidak akan pernah, tetapi anda mesti pintar menemukan celah dan membuat terobosan baru karena banyak pelaku bisnis telah masuk terlebih dahulu. Salah satu peluang yang bisa Anda ambil yakni memulai bisnis kuliner dari rumah dan memasarkannya dengan strategi tertentu. Ingat, 2021 setidaknya di awal-awal tahunnya kita masih terjebak dalam pusaran pandemik sehingga ide bisnis semacam ini masih oke. Anda membuat kuliner dari rumah lalu menjualnya kepada orang-orang yang juga menunggu di rumah mereka. Konsep toko, warung atau resto menjadi tidak terlalu penting lagi di masa pandemik ini. Anda hanya perlu memikirkan cara menemukan pelanggan. Sistem take away menjadi pilihan strategi pemasarannya. Dengan mengandalkan jasa antar jemput barang seperti go food misalnya anda telah mampu mengembangkan bisnis rumahan ini.

Untuk bisa bersaing Anda haru memperhatikan kualitas kuliner anda. Apakah anda membuat terobosan baru terhadap sebuah jenis masakan atau rasa tertentu? Atau kemasan dan paket hematnya? Intinya adalah Anda memiliki sesuatu yang akan menggugah orang. Promosikan secara daring,  dan gunakan kerabat anda sebagai pelanggan pertama.

Ketiga ide bisnis iseng di atas bisa anda terapkan selama tahun 2021. Dengan sifatnya yang sangat situasional, maka ketiganya terkait dengan masa pandemik corona ketika banyak orang melakukan banyak hal hanya dari rumah.

Acikmaris

Baca Info

1 Comment

  • 5

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *