wikiGo News Otomotif – Oli merupakan salah satu komponen kendaraan yang terbilang sangat kecil ukurannya. Meski demikian, tetap saja, keberadaan oli bagi sebuah kendaraan tidak bisa diremehkan. Tak heran jika kita selalu diingatan untuk rutin mengganti oli, sesuai dengan yang telah dianjurkan, termasuk oli motor ya. Nah, anjuran ini harus diindahkan oleh seluruh pengguna motor, karena jika tidak, bisa berakibat fatal terhadap kendaraan yang kamu miliki. Nah, apalagi sebenarnya nih, mengganti oli motor juga terbilang sangat mudah kok, bahkan semua pengguna motor bisa melakukannya sendiri. Ia kan? Jadi, jika selama ini kamu lebih miliki mengganti oli di tempat bengkel, lebih baik nggak usah lagi deh, karena ternyata, oli bekas kendaraan kamu ada fungsinya loh. Lah, jika kamu menggantinya di tempat bengkel, tentu olinya akan dibuang oleh pihak bengkelnya dong. Mending ganti sendiri ya, dan kamu bisa mengambil manfaat oli bekas kendaraan kamu sendiri.

Sebelum kita bahas tentang manfaat oli bekas, kamu harus tahu dulu ya, bahwa ketika akan membuang limbah oli bekas ini kamu harus ekstra hati-hati, hal ini karena oli termasuk salah satu bahan yang cukup berbahaya dan juga beracun. Sesuai dengan anjuran dan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah di dalam Nomor 18.  Daripada penasaran, yuk simak beberapa manfaat oli bekas yang bisa kamu coba.

Sebagai Bahan Pembakaran

Manfaat oli bekas yang pertama adalah bisa kamu gunakan sebagai bahan bakar nih. Hal ini karena oli merupakan zat yang sangat mudah terbakar ya. Maka, daripada harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli bahan bakar, mending gunakna oli bekas saja. Oli bekas ini bisa kamu gunakan untuk membakar sampah misalnya. Tapi, jangan lupa untuk tetap waspada ya. Tampaknya, manfaat oli bekas satu ini belum banyak diketahui oleh orang-orang. Jika kamu sudah tahu sekarang, jangan dibuang olinnya ya.

Manfaat Oli Bekas Bisa Jadi Ladang Bisnis

Jika kamu memiliki jiwa bisnis, maka kamu bisa memanfaatkan oli bekas sebagai bisnis loh. Caranya adalah dengan menjual oli bekas yang kamu miliki ke pengepul. Nah, agar hasil penjualan terbilang lumayan besar, ada baiknya kamu mengumpulkan oli sebanyak-banyaknya ya. Meski demikian, tetap simpan olinya di tempat yang aman.

Pelumas Rantai

Manfaat berikutnya adalah dapat dimanfaatkan sebagai pelumas. Ada berbagai komponen yang bisa lumasi dengan oli, dan salah satunya adalah rantai motor kamu, atau rantai kendaraan yang lain. Hanya saja, ketika menggunakannya kamu harus teliti, harus bisa memastikan, bahwa oli yang akan kamu gunakan sebagai pelumas memang masih bagus, alias masih layak pakai, karena jika sudah kotor, tentu akan lebih baik jika tidak kamu gunakan. Alih-alih memberikan manfaat, eh malah sebaliknya.

Pengawet Kayu

Manfaat lainnya yang mungkin juga tidak kamu duga adalah bisa dimanfaatkan sebagai pengawet kayu. Keren ya. Apabila kamu mengaplikasikan oli ke kayu, maka oli bisa berfungsi menjaga kayu dari berbagai rayap loh. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, cukup campurkan saja oli dengan solar ke sebuah wadah dengan perbandingan 1:1. Apabila sudah, maka kamu bisa langsung mengoleskan campuran tadi ke kayu, kemudian diamkan saja sampai kering.

Penghilang Karat

Manfaat oli bekas yang terakhir adalah bisa menghilangkan karat. Mungkin selama ini kamu memiliki beberapa perlengkapan yang sudah berkarat, dan bingung hendak membersihkannya bagaimana, maka jangan khawatir, karena kamu bisa menghilangkan karat tersebut dengan mamanfaatkan oli bekas saja. Misalnya nih, pagar di rumah kamu yang terbuat dari besi sudah berkarat, nah gunakan saja oli bekas ini.

Caranya juga sangat simple, yakni dengan oleskan saja oli secara langsung ke permukaan pagar yang berkarat, lalu diamkan beberapa menit saha. Jika sudah, langsung lap, kemudian bilas dengan air. Super simple.

Demikian beberapa manfaat oli bekas yang harus kamu coba. Jika selama ini kamu terus membuang oli bekas, mulai sekarang jangan lagi ya. karena daripada harus dibuang, mending digunakan untuk hal yang bermanfaat seperti beberapa hal di atas ya. Semoga bermanfaat.