Waktu yang Tepat Ganti Ban Motor, Kamu Harus Tahu

 Waktu yang Tepat Ganti Ban Motor, Kamu Harus Tahu

wikiGo News Otomotif – Motor mempunyai banyak sekali komponen penting yang harus kamu perhatikan. Salah satunya adalah ban. Karena bagaimanapun, ban selalu bersinggungan dengan jalan. Dimana, kondisi jalan ini tidak selamanya mulus. Seperti kisah percintaan kamu dengan dia. Apalagi nih, ban juga bisa memberikan dampak yang buruk jika kamu tidak melakukan pengecekan rutin sebelum akhirnya menggunakan motor kemana-mana.  Asli, bahaya banget loh. Nah, mungkin, kamu sudah tahu, sebenarnya apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat ban. Hanya saja, kadang-kadang kamu justru tidak tahu kapan waktu yang tepat ganti ban. Ia kan? Sehingga, sudah waktunya nih buat kamu tahu waktu yang tepat ganti ban.

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban

Kondisi ban yang nggak prima bisa membahayakan kamu, yang dibonceng, dan juga pengguna jalan lainnya. Sehingga, pastikan bahwa kamu melakukan pengecekan setiap saat, dan mengetahui kapan sih kamu harus ganti ban. Nah, buat kamu yang nggak tahu kapan mau ganti ban, yuk simak penjelasannya di bawah.

Cek kondisi fisik ban

Waktu yang tepat ganti ban pertama adalah ketika kondisi luar ban sudah terdapat retakan. Cara melakukan pengecekan terhadap ban yang satu ini terbilang sangat mudah ya. Nah, kamu juga perlu memeriksa, apakah terdapat benjolan pada bannya atau tidak. Dan biasanya, penyebab dari benjolan dikarenakan ban motor kamu mendapat benturan yang sangat keras ketika kamu sedang menggunakannya. Kamu nggak bisa menyepelekan hal ini ya. Karena biasanya, benjolan ini bisa membuat dinding ban akan robek, atau malah pecah.

Maka, sebelum kondisinya benar-benar parah, segera ganti ya. Jika memang kondisinya sudah parah, kamu nggak harus menunggu rusaknya sangat-sangat parah kok.

Sudah mencapai jarak tertentu

Waktu yang tepat ganti ban berikutnya adalah ketika ban motor kamu sudah mencapai jarak tertentu.  Jadi, ulir yang sudah dirancang ternyata mempunyak manfaat yang luar biasa bag ban. Alias nggak hanya sekedar memperhatikan keindahan atau estetika doang. Ketika kamu sering melakukan perjalanan, maka ulir pada ban ini akan perlahan menipis, dan akan mulai mengalami pembotakan. Dan biasanya, akan terjadi jika kamu sudah melakukan perjalanan sejauh 12 ribu dan 10 ribu km. Agar bisa mengetahui jarak tempuh yang sudah kamu lakukan, maka lakukan saja pengecekan pada speedometernya.

Kemampuan ‘menggigit’ mulai menghilang

 Waktu yang tepat ganti ban selanjutanya dalah ketika kamu menyadari, bahwa kemampuan ban dalam menggigit sudah mulai hilang. Maka, ketika kamu sedang mengendarai motor, dan merasakan ada yang aneh ketika berkendara, maka ini adalah salah satu indikasi, bahwa kamu harus segera ganti ban. Dan hal ini juga biasanya akan kamu rasakan, karena ada bumping yang terbilang cukup terasa saat kamu tengah melintasi jalanan yang berpermukaan tidak datar, tidak rata, ataupun kasar.

Selain itu, ketika kamu merasakan adanya goyangan ketika sedang berbelok, maka ini juga menandakan bahwa kamu sudah bisa ganti ban sekarang juga.

Periksa Tread Wear Indicators (TWI) 

Biasanya, ketika kamu memperhatikan ban motor dari samping, maka kamu akan menemukan ada sebuah lambing segitiga yang berukuran kecil. Nah, ternyata segitiga ini merupakan TWI yan fungsinya adalah untuk menandakan batas keausan ban kamu. Dan kerennya, jika ternyata ban motor kamu semakin aus, maka segitigasnya akan terlihat mendekati garis yang ada pada permukaan ban loh. Maka, jika ketika melakukan pengecekan kamu mendapati hal tersebut, segeralah mengganti ban motor, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi, itulah dia beberapa waktu yang tepat ganti ban motor. Jadi, akan sangat bijaksana nan cerdas jika kamu selalu melakukan pengecekan ban motor secara rutin. Selain meminimalisir kecelaan, tentu juga akan memberikan berbagai efek yang baik kepada kamu. salah satunya adalah lebih aman dan nyaman ketika kamu gunakan.

Maka, jangan pernah menunda-nunda mengganti ban motor ya, karena kamu tidak pernah tahu medan seperti apa yang akan kamu hadaapi ketika melintasi jalanan. Jangan ceroboh deh. Demikian pembahasan singkat seputar waktu yang tepat ganti ban motor. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *