Waktu yang Tepat Harus Ganti Ban, Berikut Indikasinya

 Waktu yang Tepat Harus Ganti Ban, Berikut Indikasinya

m.ayobandung.com

wikiGo news Otomotif – Kondisi ban motor sudah seharusnya mendapatkan perhatian khusus bagi seluruh pengendara motor ya. Selama ini, pernah nggak sih kamu memperhatikan kondisi ban motor kamu. Atau, pernah nggak sih penasaran dengan akibat yang ditimbulkan jika kondisi ban motor kamu sudah parah. Kalau belum pernah, maka sudah saatnya kamu tahu. Bahwa melakukan pengecekan terhadap kondisi ban motor sangat penting, sama pentingnya dengan merawat mesin motor kamu. Jika kamu abai dalam memperhatikan ban motor, maka bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas loh. Tentu, kamu tidak ingin ini terjadi ya. Maka, ketahui kapan waktu yang tepat harus mengganti ban.

Cara mengetahui kapan waktu yang tepat harus ganti ban

Sebagaimana disinggung sedikit di atas, bahwasanya, ban yang sudah parah harus segera diganti. Dan untuk kapan waktu yang tepat harus ganti bannya akan kita bahas. Yuk simak penjelasannya berikut.

Sering kempes

Salah satu indikasi bahwa ban motor kamu harus ganti adalah ketika sering kempes, ataupun sering gembos. Nah, untuk megganti ban yang sudah sering kempes ini, kamu harus memastikan dulu nih, bahwa penyebab kempesnya ban motor kamu memang karena bannya sendiri, bukan karena faktor yang lainnya, peleknya yang peyang misalnya.

Hal ini karena pelek peyang dapat membuat ban motor kamu lebih intens kempes. Penyebabnya adalah udara yang mengisi ban harus keluar. Selain karena pelek, kasus ini juga karena adanya kerusakan pentil ban motor kamu. Jika kamu merasakan hal-hal tersebut, maka sudah waktu yang tepat harus ganti ban.

Ban sudah botak

Kapan waktu yang tepat ganti ban yang kedua adalah ketika ban motor kamu sudah botak. Nah, untuk mengetahui apakah bannnya sudah botak atau belum adalah dengan memperhatikan kondisi bagian luar bannya yang telah berpermukaan halus. Apabila kamu membiarkan kasus ini berlarut-larut, maka akan sangat berbahaya bagi kamu dan pengguna jalan yang lainnya loh. Terutama jika kamu mengendarainya di saat musim hujan atau kebetulan melewati jalan yang banyak pasirnya.

Hal ini karena banyaknya pasir dan kondisi jalan yang licin akan menyebabkan ban motor kamu gampang terjatuh atau tergelinci. Dan biasanya, ban yang sudah botak juga bisa menyebabkan mudahnya ban motor kamu mengalami kebocoran. Selain dengan melihat permukaan ban yang sudah licin, maka kamu juga bisa memperhatikannya dengan melihat bagian dinding bannya. Kan biasanya ada logo berbentuk segitinya tuh, yang ukurannya kecil. Nah apabila ternyata permukaan ban motor telah menyentuh gambar tadi, maka ini adalah waktu yang tepat ganti ban.  Jangan sampai menunda-nunda ya, karena penundaan ini bisa berakibat fatal banget.

Ban Sudah kedaluwarsa

Kapan waktu yang tepat ganti ban berikutnya adalah ketika ban sudah kadaluarsa. Kalau selama ini kamu berpikir, bahwa yang memiliki kadaluarsa hanya makanan, maka hal tersebut salah ya. karena nyatanya, ban motor juga mempunyai masa kadaluarsa loh. Cara untuk melihat kapan ban motor kamu kadaluarsa juga gampang banget. Yakni dengan memperhatikan kode produksi ban motor kamu. Dan kode ini biasnaya bisa kamu temukan di bagian sisi ataupun dinding ban motor. Jumlah digitnya ada sekitar lima hingga delapan buah.

Nah, berdasarkan standar internasional nih, untuk melihat tanggal kadaluarsanya, kamu bisa memperhatikan empat buah angka yang ada di belakang ya. Angka tersebut akan menggambarkan minggu dan juga ban motor kamu dibuat. Kita ambil contoh nih, misalnya saja ban motor kamu kodenya adalah YYY113′, maka itu artinya adalah ban motor kamu tadi dibuat di minggu ke 11 tepatnya di tahun 2013.

Gampang banget ya. So, coba deh cek dulu ban motor kamu. Jika ternyata sudah kadaluarsa, ganti segera ya.

Sudah banyak tambalan

Kapan waktu yang tepat ganti ban terakhir adalah ketika mengetahui bahwa ban motor kamu sudah penuh dengan tambalan. Khususnya untuk mengguna ban tubeless. Memang, mudahnya ban kamu di tambal sangat menguntungkan. Akan tetapi, tetap saja nih, jika sudah tertambal beberapa kali tetap akan menimbulkan tonjolan bekas tambalannya nih, sehingga sangat tidak nyaman dan aman ketika kamu gunakan. Perputarannya tidak akan sempurna.

Demikian jawaban untuk pertanyaan kapan waktu yang tepat ganti ban. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *