wikiGo News Gadget – Kini, kira kerap mendengar adanya istilah atau sebutan ‘HP kentang’. Kamu tentu pernah dengar istilah ini dong. Ya, istilah yang belum lama ini tersebar ditujukan kepada ponsel atau hp yang spesifikasinya masih rendah. Meskipun sebenarnya, HP kentang juga masih dapat digunakan dengan baik, namun karena memang mulai banyaknya ponsel-ponsel keluaran baru hingga membuat ‘HP kentang tampak’ tidak lagi layak digunakan. Ya bagaimanapun, ini hanya soal prioritas. Ada juga kok kasus, seseorang yang mampu membeli ponsel keluaran terbaru, tapi karena merasa ponselnya yang disebut sebagai ‘ponsel kentang’ masih bisa digunakan, maka ia lebih memilih untuk tetap menggunakan ponsel kentangnya.

Hal ini adalah contoh yang bagus ya, karena kita memang sudah sepatutnya dapat memilih dan memilah antara kebutuhan dan keinginan. Nah lantas, bagaimana jika ternyata HP kentang kamu sudah lemot? sudah loading lama? Jangan terburu-buru untuk menggantinya ya, karena sebenarnya, HP kentang juga bisa dibuat tetap ngebut dengan beberapa cara. Penasaran? Simak artikelnya sampai habis ya, karena kami akan membagikan informasi seputar cara supaya HP kentang kamu bisa optimal dan ngebut lagi seperti baru.

Cara Supaya HP Kentang Bisa Optimal

Supaya HP kentang kamu tetap bisa beroperasi optimal dan tidak menaikkan darah tinggi, tentu kamu membutuhkan cara pengoptimalannya ya. beirkut beberapa cara agar HP kentang dapat optimal kembali.

Hindari Live Wallpaper

Ada yang suka pakai live wallpaper gais? Kalau HP kamu sudah termasuk HP kentang, ada baiknya menghindari dulu live wallpaper ya. Karena live wallpaper mengkonsumsi baterai cukup besar, sehingga dapat membuat performa ponsel kamu menurun. Gunakanlah wallpaper yang memang didukung oleh kondisi ponsel kamu.

Memakai Aplikasi yang Ringan

Cara supaya HP kentang bisa optimal yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi ringan. Maksudnya? Nah, saat ini ada banyak sekali jenis aplikasi yang memakan penyimpanan super besar, seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan sebagainya. Apabila memang ponsel kamu tidak memungkinkan karena terlalu keberatan, maka gunakna saja aplikasi yang ringan atau membutuhkan penyimpanan yang kecil, seperti Facebook Lite misalnya. Atau, justru kamu bisa mengandalkan penggunaan Chrome atau Mozila untuk membuka media social.

Selain lebih hemat kuota, menggunakan Chrome atau Mozila juga tentu akan menghemat penyimpanan ponsel kamu kan? Nah, dengan memilih aplikasi yang ringan, ponsel kamu bisa bekerja secara optimal.

Jangan Menggunakan Aplikasi ‘pengoptimal baterai’

Kini, banyak penawaran aplikasi pengoptimalan baterai. Apakah kamu menggunakannya? Jika ia, maka saya sarankan kamu untuk menghapusnya saja, karena aplikasi pengoptimalan baterai biasanya bukan malah mengoptimalkan baterai ponsel kamu, tapi sebaliknya. Gunakan saja aplikasi bawaan dari ponsel.

Matikan always on display

Cara supaya ponsel kentang kamu optimal berikutnya adalah mematikan always on display. Mungkin, jika kita lihat seksama, maka fitur always on display ini memiliki dua sisi, yakni sisi yang baik dan kurang baik. Bagi kamu yang membutuhkan fitur ini, tentu fitur ini cukup menguntungkan. Nah, jika kamu yang tidak membutuhkan tapi coba-coba menggunakan, saya rasa kurang tepat. Why? Karena jika kamu mengaktifkan fitur ini, maka secara tidak sengaja sedang meminta ponsel kamu untuk terus hidup, sehingga baterai yang dikonsumsinya menjadi lebih besar dan lebih banyak. Matikan saja ya, supaya ponsel kamu bisa digunakan dengan optimal. Kamu bisa mematikannya melalui pengaturan.

Mengoptimalkan baterai

Bagaimana cara mengoptimalkan baterai? Mungkin selama ini ada di antara kamu yang ingin mengoptimalkan baterainya, namun terkendala pada ketidaktahuan. Nah, caranya sangat gampang kok. kamu bisa membuka pengturan di ponsel atau setting, lalu cari menu battery atau baterai, dan di sana, kamu akan menemukan aplikasi-aplikasi lengkap dengan info tentang jumlah baterai yang dikonsumsinya. Temukan aplikasi yang bermasalah atau mengkonsumsi banyak baterai, kemudian force stop. Fungsinya apa? Nah fungsinya adalah supaya aplikasi tadi berhenti dari latar belakang, alias akan berhenti mengkonsumsi baterai ketika tidak kamu gunakan.

Gimana? Gampangkan? So, nggak ada alasan buat ngeluh HP kentang lemot lagi ya.Semoga bermanfaat.