Tujuan Penddikan Indonesia, Yuk Kita Realisasikan Bersama

 Tujuan Penddikan Indonesia, Yuk Kita Realisasikan Bersama

wikiGo News Pendidikan- Saat ini, nyaris seluruh dunia sedang menghadapi yang namanya ‘tantangan pendidikan’ agar bisa mewujudkan cita-cita negaranya, yakni bisa melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan bisa bersaing dengan Negara lain di pertandingan global. Apalagi mengingat perkembangan teknologi yang luar biasa. Dan sampai saat ini, ada berbagai hal yang dikembangankan, mulai dari tujuan pendidikan hingga strategi pembelajaran yang sifatnya super canggih, sesuai dengan ketetapan yang disepakati. Hal ini bukan hanya terjadi di Negara-negara luar saja, melainkan juga dikembangkan di Indonesia. Demi tercapainya cita-cita bangsa yang tertuang di dalam UUD.

Bahkan, demi terwujudnya cita-cita tersebut, diciptakanlah yang namanya standar tujuan pendidikan nasional. Karena sudah jelas, bahwa tujuan pendidikan nasional ini bertujuan untuk mengembangkan seluruh kemampuan dan juga membentuk karakter anak bangsa yang bermartabat, dan yang paling penting adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.  

Tujuan lainnya adalah untuk mmebatasi kriteria minimal system pendidikan yang diterapkan di sebuah sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.

Sejarah Pendidikan di Indonesia

Di tahun 1970 an, system pendidikan yang ada di Indonesia terus berubah dan mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini selaras dengan adanya program pembangunan pendidikan yang didasarkan pada program dari 40 tahun lalu.  Hal ini kemudian terus muncul berbagai macam rintisan program pendidikan, yang tercantum dalam kurikulum, dan telah menggambarkan sebuah periodisasi.

Pendidikan merupakan sebuah system yang dinamis ya, sehingga, system dan hal-hal yang berkiatan dengannya memang harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan dan juga perubahan masa, sehingga kualitas sumber daya manusia kita akan terus berkembang.

Sejarah panjang ini kemudian berimplikasi pada system pendidikan yang diterpakan di sekolah-sekolah saat ini.  Dan factor yang terdapat di dalamnya membawa tujuan pendidikan menjadi terciptanya individu atau pribadi yang lebih baik.

Dan jika kita mengingat kembali, kemudian belajar pada sejarah, maka kita akan menemukan refleksi tujuan pendidikan, kemudian titik baliknnya sebagai sebuah kebangkitan yang luar biasa. Karena bagaimanapun, kita memang tidak bisa melepaskan diri dari yang namanya sejarah. Dan kita belajar banyak dari sejarah. Termasuk sejarah pendidikan ini.

Sejarah pendidikan yang kita alami kemudian membuat kita dapat melakukan pendidikan, dan akan selalu ada perubahan-perubahan. Mau atau tidak, kita dituntut agar bisa berkmebang dan mengikuti perkembangan zaman, termasuk di dalamnya yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Kita juga harus bisa mulai beradaptasi dengan kondisi. Sama halnya dengan situasi dan kondisi saat ini. Di tengah pandemic, pendidikan harus terus dijalankan. Karena tidak mungkin kita baru menjalankan program dan tujuan pendidikan ketika pandemic selesai. Tentu pertanyaannya adalah mau sampai kapan. Maka, jika saja kita tidak bisa move on, atau beranjak dari system pendidikan yang lama, kita akan terus merasakan ketertinggalan dengan system pendidikan yang ada di Negara lain.

Tak heran jika akhirnya, baik orang tua, guru, atau anak memang harus siap menghadapi perbedaan dan perkembangan ini. Dengan adanyanya pandemic, secara langsung membuat system pendidikan kita berubah, namun eksistensi atau tujuan pendidikannya tetap sama, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Guru dan tenaga pendidik lainnya memutar otak, bagaimana agar pendidikan tetap berlangsung, kemudian mencoba memberikan solusi terbaik ataupun alternative yang dapat diterapakn agar system belajar tetap berjalan meskipun di tengah pandemic. Hingga akhirnya ditemukanlah yang namanya system belajar daring atau online.

Sistem belajar ini dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi aplikasi pertemuan online atau yang kita kenal dengan virtual, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Bahkan, agar bisa menyesuaikan dengan kondisi guru dan murid, mereka melakukan kesepakatan untuk menggunakan Wa misalnya. Dan hal ini sah-sah saja. Karena mencapai tujuan pendidikan adalah tanggungjawab kedua belah pihak. Baik yang dididik maupun yang mendidik.

Adanya tujuan pendidikan ini membuat kita lebih terarah dan mencapainya. So, mari sama-sama berupaya agar bisa melaksanakan amanat UUD yang sudah dibuat sedemikian rupa oleh para pahlawan kita yang luar biasa. Tetap semangat meskipun masih belajar online, dan semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *