Trend Kajian Hadis di Indonesia yang Bisa Kamu Pelajari

wikiGo News Pendidikan- Hadis menjadi sebuah pembahasan yang selalu mendapatkan posisi terpenting dalam keilmuan Islam. Karena bagaimanapun, hadis telah menjadi kado terindah umat Muslim, yang disampaikan oleh Rasulullah Kepada seluruh sahabatnya, yang kemudian sampai kepada kita saat ini. Bagi para pengkaji hadis, perlu rasanya mengetahui trend kajian hadis di Indonesia. Guna menambah khazanah keilmuan umat Muslim. Apalagi bagi para mahasiswa yang telah menjadikan dirinya sebagai peneliti. Yap, bagi mahasiswa meneliti sebuah objek kajian adalah sebuah keniscayaan atau kewajiban.

Terutama ketika duduk di semester akhir. Dimana, seluruh mahasiswa tentu diminta untuk menyelesaikan sebuah penelitian yang bernama ‘skripsi’. Dan sebagai seorang mahasiswa, kamu mempunyai kewajiban untuk menyelesaikannya ya. Nah, buat yang anak hadis, wajib tahu nih beberapa trend kajian hadis di Indonesia. Buat yang penasaran, yuk simak daftarnya berikut.

Otentisitas Hadis

Trend kajian hadis di Indonesia yang pertama adalah kajian otentisitas hadis ya. Atau, simplenya tuh, kajian ini adalah kajian kualitas hadis. Dan terkait kajian satu ini, ada beberapa pendapat sih. Ada yang masih merekomendasikan, ada juga yang sudah nggak merekomendasikan. Ya keduanya punya argumentasi masing-masing lah ya. Dan kita nggak bisa memaksakan satu pendapat saja. Kalau kamu ngerasa masih penting, ya boleh mengkaji otentisitas hadis, dan kalau kamu ngerasa sudah nggak perlu lagi, ya nggak usah. Sesederhana itu loh.

Salah satu argument dari yang menyatakan nggak perlu dikaji lagi adalah, kaena sudah banyak hadis-hadis yang diberikan kualitasnya. Sementara argument dari yang membolehkan adalah, kan bisa saja kualitas yang diberikan keliru. Dan lain sebagainya.

Kajian Orientalis

Trend kajian hadis di Indonesia yang kedua adalah kajian orientalis. Namanya agak asing bagi sebagian orang. Sederhanannya, kajian ini adalah sebuah kajian yang membahas hadis ataupun hal-hal yang berkiatan dengan dunia Timur, khususnya dunia Timur. Dimana, dalam mengkajinya, kamu menggunakan teori pada orientalis, atau teori orang Barat. Hingga kini, ada lumayan banyak loh tokoh-tokoh orientalis yang bisa kamu jadikan sebagai objek penelitian. Salah satunya adalah Ignaz Goldsiher.

Tokoh

Buat yang tertarik dengan tokoh-tokoh hadis, bisa banget mengambil kajian tokoh ya. Kajian satu ini menjadi sebuah kajian yang cukup banyak digemari oleh mahasiswa.  Dan tokoh tokoh yang bisa kamu jadikan objek juga nggak terbatas, dalam artian, ya nggak harus dari orang Indonesia saja, bisa juga dari tokoh-tokoh hadis yang ada di luar Indonesia. Jadi, yang akan kamu tulis dan teliti itu nanti pemikiran hadisnya. Kalau di Indonesia sendiri, kita punya banyak tokoh hadis yang luar biasa ya.

Living Hadis

Trend kajian hadis di Indonesia yang selanjutnya adalah living hadis. Kajiannya ya sesuai dengan namanya. Yakni hadis-hadis yang berkembang di masyarakat. Atau, hadis yang banyak beredar di masyarakat kita. Kalau kajian satu ini mah, dampaknya pasti bakalan langsung terasa bagi masyarakat sekitar ya. untuk saat ini, sudah banyak banget kok hadis-hadis yang berkembang di masyarakat. Dan kamu bisa menjadikannya sebagai ide tugas akhir.

Ma’anil,

Kajian selanjutnya adalah kajian ma’anil. Nah, kalau kajian satu ini menjadi salah satu kajian yang tidak begitu sering dijadikan kajian oleh mahasiswa. Jadi, ma’anil ini adalah pemaknaan sesungguhnya dari sebuah hadis. Dan jika ingin mengambil kajian ini, nantinya kamu akan meneliti sebuah matan hadis dengan menggunakan metode pemahaman ulama-ulama hadis. Salah satu ulama yang pendapatnya sering di gunakan adalah ma’Yusuf Qardhawi. Bisa disearch dulu ya.

Kawasan

Trend kajian hadis di Indonesia yang terakhir adalah kajian kawasan. Atau kalau kami menyebutnya dengan studi hadis kawasan. Nah, kajian satu ini keren loh. Saat ini sudah banyak banget kok pneliti-peneliti yang melakukan penelitian terhadap kajian hadis kawasan ini. so, kamu juga bisa memilihnya sebagai penelitian.

Oke, sekian deh sekilas trend kajian hadis di Indonesia. Pilihlah kajian yang kira-kira kamu memang mampu untuk menyelesaikannya. Kalau sudah, kamu bisa mencari penelitian sebelumnya, dan jadikan sebagai bahan referensi. Demi mempermudah kamu dalam melangkah satu demi satu. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *