Tokoh-tokoh Pendidikan di Indonesia, Kamu Wajib Tahu

 Tokoh-tokoh Pendidikan di Indonesia, Kamu Wajib Tahu

WikiGo News Pendidikan-

Pendidikan menjadi hal yang paling penting diperhatikan oleh setiap Negara. Karena dengan pendidikan, kehidupan sebuah Negara akan lebih terarah dan menemukan titik terangnya. Dapat membedakan hitam dengan putih, benar salah, hingga pembeda kebenaran dan kesalahan tak heran jika akhirnya ketika terjadi peristiwa Hiroshima Nagasaki pemerintah saat itu menanyakan ‘ada berapa jumlah guru yang tersisa’. Hal ini menunjukkan kepada kepada kita betapa pentingnya pendidikan. Yap, ketika berbicara tentang guru, tentu kita tidak bisa melepaskan diri dari pembahasan tentang tenaga pendidikan, yakni ‘guru’. Hal ini jugalah yang akhirnya membuat banyak sekali tokoh-tokoh pendidikan, baik itu pendidikan di Barat, Timur, dan pendidikan di Indonesia.

Hingga saat ini, ada banyak sekali tenaga pendidik di Indonesia, yang selain berperan sebagai pendidik, mereka juga menjadi pahlawan nasional. Luar biasa ya. Keberadaan mereka sudah memberikan kontribusi yang sangat besar terhaap perkembangan pendidikan di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa tenaga pendidik di Indonesia.

KH. Ahmad Dahlan
Tokoh pendidik yang pertama adalah KH. Ahmad Dahlan. Tokoh luar biasa ini merupakan pendiri dari sebuah organisasi Islam yang sangat besar dan diperhitungkan di Indonesia, yakni Muhammadiyah. Dan beliau merupakan teman pendiri Nahdhatul Ulama.  KH. Ahmad Dahlan merupakan sosok inspiratif yang lahir di Jogja pada tanggal 1 Agustus 1868, kemudian wafat 23 Februari 1923. Ia menjadi sosok terpandang, dan ulama besar di Masjid Besar Kauman. Ada perjuangan besar dan pengorbanan yang dilakukan KH. Ahmad Dahlan di dunia pendidikan Indonesia. Dia bahkan sudah melakukan pembaruan cara berpikir masyarakat lengkap dengan beramal yang sesuai dengan syariat yang ada.

Ki Hadjar Dewantara
Ki Hajar Dewantara juga terkenal dengan sebutan Raden Mas Soewardi Soejaningrat, merupakan sosok atau Bapak pendidikan yang juga terlahir dari Jogja, tepatnya tanggal 2 Mei 1889 di Kauman. Keberadaan sosok Ki Hajar Dewantara telah membuka pikiran kita akan pentingnya tatanan pendidikan yang utuh dan baik. Ia bahkan juga mendapat gelar Bapak Pendidikan Nasional. Hal ini karena beliau membangun sebuah sekolah yang bernama National Onderwijs Institut Tamansiswa. Dan sampai saat ini terkenal dengan sebutan Taman Siswa.

Setelah Indonesia merdeka, Ki Hajar Dewantara menjadi Mentri Pengajaran Indonesia. yang sekarang dinamai dengan Mentri Pendidikan. Ia memperoleh program doktoralnya di UGM atau Universitas Gajah Mada.

Dewi Sartika
Tokoh pendidikan di Indonesia selanjutnya adalah Dewi Sartika. Tokoh pendidikan satu ini memang tidak sepopuler Ibu Kartini ya. Namun, jasanya di bidang pendidikan di Indonesia juga tidak bisa kita lupakan. Ia terlahir di Cicalengka, yang bertepatan dengan tanggal 4 Desember 1884. Dewi Sartika menjadi seorang wanita hebat yang merintis pendidikan kaum perempuan. Karena inilah ia diakui sebagai salah satu pahlawan Nasional di Indonesia.

KH. Hasyim Asy’ari
Kyai Hasyim Asy’ari juga terkenal sebabagai  Kyai Hasyim Ashari. Beliau lahir di Jombang, Jawa Timur. Ia wafat ketika usianya menginjak 76. Pendidikan yang ditempuhnya dengan KH. Ahmad Dahlan juga tidak berbeda jauh. Karena selama di Mesir, mereka berguru dengan guru yang sama. Meskipun akhirnya membuka sebuah organisasi berbeda. Pada masanya, ia mendirikan sebuah pondok pesantren yang ada di Tebu Ireng, Jawa Timur. Kerennya lagi, pondok pesnatren yang dibangun oleh KH. Hasyim Asyari ini menjadi pesnatren yang paling besar dan yang paling penting se Jawa di abad ke 20.

Nah, selain tokoh pendidikan di atas, masih banyak lagi tokoh-tokoh pendidikan di Indonesia. Tokoh di atas hanyalah sebuah gambaran kecil saja. Karena masih ada deretan tokoh lain, seperti Jendral Sudirman, Siti Walidah, RA. Kartini, dan lain sebagainya.

Jika dulu, saat keadaan susah saja mereka masih bisa mendirikan sebuah sekolah, dan bisa mengembangkan berbagai hal terkait pendidikan, maka harusnya kita juga bisa memberikan gebarakan yang lebih maksimal. karena kita sudah hidup di zaman yang segalanya mudah. Mak,a yuk sama-sama memberikan kontribusi yang besar terhadap pendidikan di Indonesia.

Demikian tokoh-tokoh pendidikan di Indonesia. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Semoga bermanfaat.





ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *