Tips Merawat Motor Supaya Tidak Sering ke Service

 Tips Merawat Motor Supaya Tidak Sering ke Service

idntimes.com

wikiGo News Otomotif – Kendaraan menjadi sebuah perlengkapan wajib yang meski dimiliki oleh semua orang. Hal ini karena dengan adanya kendaraan, maka segala aktivitas di luar rumah menjadi lebih mudah dilakukan. Dan bisa mengefisienkan waktu sedemikian rupa. Salah satu kendaraan yang sangat dibutuhkan, dan seolah telah menjadi kendaraan wajib adalah motor. Apalagi dengan mengingat betapa tingginya mobilitas masyarakat masa ini. Mulai dari berbelanja, ke sekolah, main, bekerja, dan lainnya. Hanya saja, karena tingginya mobilitas kau terhadap motor tentu akan sebanding dengan biaya perawatan yang meski kamu keluarkan. Bahkan nih, kalau kita mencoa untuk perhitungan sedikit saja dengan biaya yang kita keluarkan untuk merawat motor, maka angkanya cukup fantastis loh. Maka, agar kamu bisa meminimalisi atau menekan angka perawatannya, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Yakni dengan mengetahui tips merawat motor supaya tidak sering ke service.

Tips merawat motor supaya tidak sering ke service

Semakin sering kamu ke service, maka semakin banyak biaya yang harus kamu keluarkan. Sehinga, daripada harus mengobati motor kamu ke service, yang pasti membutuhkan dana. Akan lebih baik jika kamu mulai merawatnya sebaik mungkin. Yakni dengan tahu dulu nih tips merawat motor supaya tidak sering ke service. Agar lebih jelasnya, yuks simak penjelasan sederhananya di bawah ya.

Memeriksa aki supaya nggak lewat batas

Tips merawat motor supaya tidak sering ke service yang pertama adalah dengan memeriksa aki motor kamu sudah tidak kelewatan batas. Hal ini penting banget loh buat kamu lakukan. Karena kalau ternyata akinya sudah melewati batas yang ada, maka akan menimbulkan kerusakan nih terhadap sel aki kamu. Dan parahnya lagi, bisa menimbulkan kerusakan-kerusakan lainnya. So, rutin-rutin buat memeriksa aki ya.

Melakukan pengecekan oli secara berkala.

Tips merawat motor supaya tidak sering ke service berikutnya ialah dengan melakukan pengecekan oli secara teratur. Jangan sampai nih, oli motor kamu sampai berwarna kehitaman ya. Karena jika hal ini terjdi, dan tingkat kekentalan oli kamu telah berkurang, akan berpengaruh buruk terhadap kendarana kamu. Hal ini karena oli memang memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah kendaraan, motor misalnya.

Periksa kualitas busi kamu

Tips lainnya yang harus kamu perhatikan adalah dengan memeriksa kualitas busi motor kamu. Lakukan pengecekan dengan teratur ya. Karena ternyata, busi juga mempunyai peranan yang tak kalah pentingnya dengan komponen motor lainnya. Cara yang paling aman untuk kamu lakukan adalah dengan menggant busi jika ternyata jarak tempuh kamus sudah mencapai 12.000.

Cek kekencangan rantai motormu

Tips merawat motor supaya tidak sering ke service berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap rantai motor kamu. Usahakan ya, bahwa rantai motor kamu memiliki kekencangan yang pas. Jangan sampai terlalu longgar. Karena hal ini akan membuat rantai motor kamu lebih mudah putus. Dan putusnya bisa saja tiba-tiba. Hal ini pasti sangat merepotkan ya. Jika rantainya sudah kering, jangan ragu-ragu untuk melumurinya dengan pelumas terbaik ya.

Memanaskan motor dengan normal, tidak berlebihan

Sebelum menggunakan motor kamu, usahakan untuk selalu memanasi mesinnya terlebih dahulu ya. Ya paling tidak, panaskan selama dua hingga lima menit. Hal ini bertujuan agar olinya bisa naik, dan mulai melumasi seluruh bagian mesinnya. Sehingga, performanya maksimal. Oh ya, jangan sampai memanaskan secara berlebihan ya. Panasakan saja sesuai dengan standar normalnya.

Cek selang bensin yang sudah tidak lentur

Tips berikutnya, yuk cek dulu selang bensin. Kalau sudah nggak lentur lagi, tentu akan menyebabkan adanya hambatan di saluran bensin menuju karburator motor kamu. Sehingga, bisa menghindari adanya mogok di tengah jalan dengan tiba-tiba. Sempatkan waktu buat ngecek selang bensinnya ya. Dengan melakukan tips ini, kamu bisa menghemat banyak dana loh.

Oke, sekian seputar tips merawat motor supaya tidak sering ke service. Jadi, yuk lakukan cara-cara sederhana di atas. Lagipula, semua tipsnya nggak memakan waktu yang banyak kok. Bahkan nggak sampai sepuluh menit. Yuk rawat motor kamu dengan tepat dengan beberapa tips di atas. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *