Tips Membeli Helm yang Baik dan Benar

 Tips Membeli Helm yang Baik dan Benar

gridoto.com

wikiGo News Otomotif – Bagi seorang pengendara motor, helm menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dimiliki. Hal ini karena ada banyak sekali kegunaan helm. Sehingga, jika kamu tidak menggunakan helm ketika berkendara, itu artinya kamu sedang membahayakan diri kamu dan juga pengguna jalan yang lainnya. Karena kecelakaan yang kamu hadapi tentu akan melibatkan orang lain, terutama orang yang kamu bonceng. Sehingga, cobalah untuk membeli helm yang tepat. Jangan asal-asalan ya. Pastikan dulu, bahwa kamu mengetahui tips membeli helm yang tepat. Jika belum tahu tips membeli helm nya, maka kamu bisa membaca ulasannya berikut.

Baca juga Empat Cara Merawat Rantai Motor yang Wajib Kamu Perhatikan

Tips Membeli Helm yang Tepat Bagi Pengendara Motor

Besarnya manfaat helm membuat kamu harus benar-benar memperhatikan tips membeli helm dengan cermat. Jangan sampai nih, kamu membeli helm hanya berdasarkan ‘ingin’, karena bentuknya yang lucu missal, atau karena harganya yang murah.

Jangan lagi terjebak pada hal-hal seperti itu. Karena hingga kini, banyak sekali yang salah kaprah. Masyarakat luas malah lebih suka membeli helm dengan pertimbangan lucu saja dan mengabaikan pertimbangan-pertimbangan lainya. Maka, agar memudahkan kamu dalam memilih helm yang tepat, berikut adalah tips memberli helm yang harus kamu tahu.

Bersertifikat SNI

Hal paling utama yang harus kamu perhatikan adalah, apakah helm tersebut sudah bersertifikasi SNI atua belum. Pastikan, bahwa helm yang akan kamu beli sudah tersertifikasi ya. Karena helm yang sudah tersertifikasi sudah menjadi jaminan tersendiri, bahwa helm tersebut sudah dibuat sesuai dengan standar keamanan yang ada.

Untuk masalah keamanan dan kenyamanannya, kamu tidak perlu khawatir. Untuk mengetahui helmnya sudah tersertifikasi atau belum adalah dengan memperhatikan seluruh bagian helm. Jika sudah tersertifikasi, tentu sudah ada label SNI nya ya. Apabila ternyata belum ada, maka kami sarankan untuk mengganti helm dengan yang sudah ada sertifikasinya. Karena helm yang belum tersertifikasi pasti belum sesuai dengan standar keamanan yang ada.

Tali Pengikat yang Kuat

Tips membeli helm berikutnya adalah dengan membeli helm yang mempunyai tali pengikat super kuat. Tak hanya itu saja, kamu juga harus bisa memastikan, bahwa tali pengikat yang akan kamu beli mudah dipasang dan dilepas. Karena ternyata, ada banyak helm yang menyulitkan penggunanya ketika akan memasang dan melepaskannya.

Pemilihan tali pengikat yang kuat memiliki manfaat ya, yakni untuk memastikan keselamatan kamu di jalan. Sehingga, helm yang tali pengikatnya tidak kuat akan sangat rentan memberikan efek tidak baik, yakni bisa membahayakan diri kamu, apalagi jika terjadi kecelakaan beruntun.

Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips memberli helm yang selanjutnya ialah dengan memilih helm sesuai dengan yang kamu butuhkan. Sampai kini, ada banyak sekali jenis helm yang dapat kamu temukan di pasaran. Dan masing-masing helm tentu cocok untuk beberapa keperluan tertentu. Nah, inilah saatnya untuk membeli helm sesuai dengan kebutuhan kamu.

Bagi kamu yang membutuhkan helm hanya untuk di kota saja, maka jenis helm yang cocok untuk kamu beli ialah helm dengan jenis half face. Sementara jika kamu sangat suka berkendara dengan medan yang menantang, tentu jenis helm yang kamu butuhkan berbeda, atau untuk berjalan di off road ataupun semi off road. Maka, helm yang kamu butuhkan adalah hem full face. Jadi, tentukan dulu ya kebutuhan kamu untuk apa sebelum membeli.

Sesuaikan dengan Ukuran Kepala

Tips membeli helm yang terakhir ialah dengan menyesuaikan helm dengan ukuran kepala. Pilihlah helm yang nyaman ketika kamu gunakan, pas di kepala. Karena jika ternyata kamu membeli helm yang terlalu kecil, pasti akan sempit, dan ini bisa menyebabkan rasa pusing, sehingga membuat kamu tingkat konsentrasi menurun ketika mengendarai motor.

Dan jika kamu memilih yang kebesaran, tentu posisi helm tidak akan stabil, dia akan mengikuti sesuai dengan gerak kepala kamu. Dan dengan pemilihan helm yang sesuai dengan kepala akan membuat kamu tidak terkena cidera lebih parah ketika terjadi kecelakaan.

Jadi, itulah dia tips membeli helm yang meski kamu perhatikan dengan baik. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *