wikiGo News Otomotif – Cara Merawat Motor Matic, Motor merupakan kendaraan wajib yang harus dimiliki oleh tiap rumah. Hal ini karena motor memiliki beragam fungsi, alias multifungsi. Tak heran jika kemudian nyaris semua orang berlomba-lomba dalam memiliki motor terutama motor matic, karena memang motor matic menjadi salah satu trend yang ada di Indonesia. Jika dulu matic hanya digunakan oleh perempuan, maka saat ini tidak lagi, bahkan sudah ada banyak laki-laki yang juga ikut-ikutan menggunakan motor matic. Sehingga produksi motor matic mengalahkan produksi motor sport ataupun bebek pada umumnya. Dan hal ini juga lah yang kemudian membuat banyak sekali pabrik motor yang mulai memasarkan produk motor matic mereka. Mereka terus berusaha menginovasi produk matic sedemikian rupa demi memikat konsumen, apalagi nih, peminat dan pangsa pasar motor matic tampaknya semakin tinggi.

Tampaknya, hal ini karena memang penggunaan motor matic terbilang sangat mudah, simple, dan efisien jika dibandingkan dengan menggunakan motor yang lain. Ditambah lagi, kenyataan bahwa motor matic terbilang sangat irit dalam urusan bensin.

Tingginya angka pengguna matic dan peminatnya tetap tidak berbanding lurus dengan pengetahuan penggunanya terkait perawatan motornya ya. Apalagi, pengetahuan akan akan urusan mesin, perawatan, dan sebagainya juga masih sangat rendah. Banyak masyarakat Indonesia yang hanya bisa menggunakannya tanpa tahu seluk beluk perawatan yang baiknya seperti ini. Padahal faktanya, motor baik itu yang baru ataupun second tetap memerlukan perawatan agar kendaraan tersebut bisa awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Melihat masih minimnya pengetahuan tentang perawatan motor matic, maka kali ini saya berusaha untuk memberikan cara merawat motor matic hanya dengan tiga cara saja. Selain hanya sedikit, cara-cara di bawah ini juga sangat mudah dilakukan jika kamu sudah melakukan pembiasaan.

Cara merawat motor matic

Beirkut cara merawat motor matic yang harus kamu perhatikan.

Mengganti Oli

Oli berperan sebagai pelumas mesin kendaraan. Maka, mengganti oli merupakan salah satu cara merawat motor yang terbilang mudah, namun banyak orang yang lalai. Hal ini mungkin karena memang oli tidak dapat dilihat ya, berbeda dengan bensin. Cobalah untuk melakukan penggantian oli secara berkala, sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan, dan biasanya penggantian oli bisa kamu lakukan apabila sudah melakukan perjalanan dari 1000 km hingga 3000 km.

Nah apabila ternyata acuan jarak tempuh tersebut terbilang tidak begitu efektif, maka kamu bisa mengganti oli secara rutin setiap 2 bulan atau 3 bulan sekali. Jika sudah berusaha rutin mengganti oli, kamu juga tidak boleh asal-asalan dalam memilih olinya ya. Pilihlah oli yang memang cocok untuk spesifikasi motor matic kamu. Hal ini sangat penting kamu lakukan. Oh ya, jangan sampai motor kamu mati di tengah jalan hanya karena kehabisan oli ya. Kenapa? Dengan kehabisan oli, itu artinya kamu memberi ruang mesin motor untuk cepat rusak. Mau?

Dipanasi Setiap Pagi

Cara merawat motor matic yang kedua adalah dengan selalu, atau rutin memanaskannya di pagi hari. Sebelum mulai menggunakan motor matic kamu yang tercinta, panasi dahulu mesinnya. Nggak usah lama-lama, kamu bisa memanaskan mesinnya hanya dari waktu kisaran 5 hingag 10 menit saja kok. Memanaskan motor secara rutin akan membuat mesin motor kamu tahan lama.

Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Cara merawat motor matic yang terakhir adalah dengan memperhatikan bensin, jangan sampai motor kamu kehabisan bensin ya. Karena kehabisan bensin, sehingga membuat kamu harus mendorong motor adalah kesalahn fatal pemilik motor. Hal ini juga akan berpengaruh sangat buruk terhadap mesin motor kamu. Maka, agar mempermudah kamu dalam melakukan pengecekan bensin, usahakan ampere bensinnya nyala, supaya kamu bisa menentukan kapan harus mengisi bensin, kapan tidak. Jangan sampai bensin berada di bagian E ya, karena kamu tidak pernah tahu kapan ia akan benar-benar habis.

Demikian cara merawat motor matic yang bisa kamu terapkan saat ini. Selain cara merawat motor matic di atas, masih ada kok beberapa cara merawat motor matic yang lainnya. Hanya saja, cara merawat motor matic di atas merupakan pokok dari segala perawatan motor. Semoga bermanfaat.