wikiGo News Pendidikan – Menulis cerpen merupakan salah satu kegiatan yang sangat banyak manfaatnya. Selain bisa melatih imajinasi kamu, menulis cerpen juga bisa membuat kamu lebih terlatih dalam memainkan diksi. Tak hanya itu saja, bahkan saat ini, ada banyak sekali peluang mendapatkan hadiah hadiah menarik hanya dengan mengikuti berbagai kompetisi menulis cerpen. Ketika kamu sedang berselancar di media social, justru tak jarang kamu sering menemukan adanya lomba menulis cerpen ini. Kompetisi menulis cerpen ini diadakan oleh berbagai lembaga, baik itu dari sekolah, lembaga independen, hingga penerbit buku. Dan rata-rata, hadiah yang diberikan juga terbilang sangat tinggi loh, meskipun memang ada beberapa lomba cerpen yang mengharuskan kamu untuk membayar biaya registrasi. Pada umumnya, biaya registrasi mengikuti lomba cerpen juga terbilang sangat murah kok, berbanding terbalik dengan hadiah yang akan kamu terima, dengan catatan ‘jika menang’. So, gak ada salahnya untuk kamu belajar membuat cerpen dari sekarang ya, agar bisa mengikuti berbagai perlombaan cerpen yang diadakan oleh berbagai lembaga. Berikut ini beberapa cara menulis cerpen yang harus kamu coba.

Menemukan Motivasi Menulis

Cara untuk menulis cerpen yang pertama adalah menemukan motivasi menulis. Langkah yang paling pertama ini adalah bagaimana caranya kamu dapat mengetahui motivasi menulis, mengapa kamu harus menulis. Nah kamu harus menanyakan kepada diri kamu sendiri, kenapa sih kamu harus mulai belajar menulis, kenapa sih kamu harus mulai menulis cerpen, dan apa tujuannya. Tentu saja jawabannya terbilang cukup beragam ya, karena semua orang memiliki tujuannya masing-masing ketika mereka memutuskan untuk mulai menulis cerpen, dan rata-rata atau bahkan seluruhnya tentu tujuan orang menulis cerpen adalah baik, tidak ada yang buruk. Semua orang memiliki tujuan yang hendak digapainya masing-masing ketika memutuskan untuk menulis cerpen. Ketika kamu sudah bisa menemukan motivasi, tentu ada kebanggaan tersendiri ketika nantinya cerpen kamu bisa dimuat di majalah majalah nasional, Koran nasional, Koran daerah, ataupun dipublikasikan di berbagai media social.

Memilih Tema

Cara untuk menulis cerpen yang kedua adalah dengan memilih tema yang sesuai dengan kemampuan kamu ya. Dengan memilih tema cerpen sesuai dengan kemampuan kamu, maka hasil cerpen yang kamu tulis tentu akan sangat maksimal. Dan untuk memilih tema yang sesuai, kamu bisa menimbang beberapa hal.

Pertama ialah kamu memang menguasai tema tadi.

Kedua adalah tema tersebut mungkin memang tidak begitu kamu kuasai, namun kamu memiliki tekad dan usaha untuk mendalami materinya, sehingga cerpen yang kamu hadirkan juga tetap maksimal dengan hasil yang mengagumkan.

Yang berikutnya adalah tema tersebut terbilang sangat penting, kamu berharap supaya banyak pembaca yang bisa mendapatkan pelajaran dari cerpen yang kamu tulis.

Menentukan Jumlah Kata, Tokoh, Latar, dan Alur

Cara untuk menulis cerpen yang ketiga adalah menentukan jumlah kata, tokoh, alur, dan latar. Hal ini sangat penting kamu perhatikan ya, karena memang, dengan membuat jumlah kata, tokoh, latar, dan laur  akan membuat kamu lebih fokus ketika mulai menulis cerpen tersebut .

Dalam hal ini, alur dibagi menjadi tiga. Dan kamu bebas memilih alur mana yang akan kamu gunakan nantinya.

Pertama adalah alur cerita maju, yaitu cerpen yang menunjukkan latar waktu yang maju. Misalnya, cerita dimulai dari hari kemarin, dilanjutkan dengan hari ini, dan besok.

Kedua, alur mundur. Alur cerita mundur ini kebalikan dari alur cerita maju ya. Alur cerita satu ini kerap disebut-sebut dengan nama lain ‘kilas balik’. Ketika sedang menonon siaran televise, kamu pasti sering mendapati film dengan alur satu ini ya, karena memang, alur satu ini terbilang sangat cocok digunakan pada cerpen.

Selanjutnya adalah alur campuran, alur satu ini adalah alur yang mengkombinasi antara kedua alur tadi, yakni alur maju dan alur mundur.

Oke, setelah tahu cara menulis cerpen, sudah saatnya kamu menginspirasi banyak orang dengan cerpen yang kamu miliki ya. Mulailah dengan menulis cerpen yang ringan-ringan saja. Kemudian konsisten dalam menulis dan belajar, suatu hari nanti, cerpen kamu pasti mulai dikenal banyak orang, dan akan menginspirasi. Semoga bermanfaat.