Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara

 Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara

wikiGo News Pendidikan- Kalau ngobrolin hak dan kewajiban, itu artinya kita juga ngobrolin tanggung jawab loh. Karena antara ketiganya sama-sama nggak bisa dipisahin satu dengan lainnya. Sama kayak aku, kamu, dan dia. Kan nyebelin banget. Nah, sebagai makhluk social, alias makhluk yang nggak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, ada berbagai tanggung jawab yang harus kita laksanakan. Salah satunya adalah tanggung jawab sebagai warga Negara.

Menjadi seorang warga Negara, itu artinya kita siap untuk bertanggung jawab terhadap sebuah Negara. Sama halnya kok seperti tanggung jawab terhadap diri sendiri. Bedanya hanya ada pada objeknya doang. Kalau tanggung jawab terhadap Negara, maka objek yang harus kamu sasar adalah lingkungan, masyarakat dan Negara, ruang lingkupnya gede banget, sementara tanggung jawab terhadap diri sendiri itu punya ruang lingkup yang lebih kecil dan sederhana.

Nah gini, karena tanggung jawab terhadap diri sendiri mempunyai ruang pembahasan yang lebih kecil, maka kamu bisa mulai belajar bertanggung jawab sebagai warga Negara dari sana. Mungkin ada yang bertanya, kok bisa, bukankah tanggung jawabnya beda. Kamu bener banget sis, memang, keduanya sama-sama punya objek yang berbeda, tapi, kalau tanggung jawab yang lingkupnya kecil saja kamu belum bisa bertanggung jawab, yakin bisa bertanggung jawab terhadap hal yang besar. Kalau saya sih nggak yakin deh.

Maka, sebelum akhirnya kamu mempelajari tanggung jawab sebagai warga Negara, saya sarankan nih, buat belajar bertanggung jawab kepada diri kamu sendiri. Karena gimanapun, tanggung jawab kamu terhadap sendiri menjadi tonggak awal, atau menjadi sebuah gerbang untuk kamu bisa bertanggung jawab sebagai warga Negara. Ngerti dong ya maksudnya.

Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara

Tanggung jawab ini banyak banget bentuknya. Dan tiap-tiap masyarakat mempunyai atau mengemban tanggung jawab yang sama. Jadi, stop deh buat berpikir, kalau tanggung jawab terhadap Negara itu Cuma buat mereka yang punya profesi TNI dan polisi doang. Nggak sis. Kamu salah besar loh kalau mikir kayak gitu.

Dan kalau kamu masih mikir gitu bertahun-tahun ke depan, dan banyak yang berpikiran sama, ya wajar banget dong kalau akhirnya  Negara kita nggak maju-maju. Wong mikirnya masih begitu. Yuk ubah mindset menjadi lebih baik.

Nah, mungkin selama ini kamu pernah kepikiran buat langsung menjalankan tanggung jawab ini, tapi nggak tau mau mulai darimana. Tenang, kamu bisa memulainya dengan hal-hal sederhana di bawah ya. Belum terlambat kok untuk mulai menjalankan tanggung jawab kamu sebagai warga Negara.  Catat baik-baik ya, say no to late.

Menghormati Orang Lain

Di dalam sebuah Negara, semua warga Negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Tidak dibeda-bedakan. Sehingga, semua juga mempunyai tanggung jawab yang sama, yakni menghormati orang lain. Berhenti buat memaksakan kehendak kamu. Stop buat ngerasa paling bener. Gitu ya. Karena dengan menjalankan tanggung jawab satu ini, keadaan Indonesia yang awalnya panas bisa jadi adem loh. Kalau nggak percaya mah, buktikan sendiri deh.

Menjaga kebersihan lingkungan

Tanggung jawab yang berikutnya adalah menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan yang bersih akan membuat warga Negara menjadi sehat, dan dengan sehat seluruh aktivitas negeri bisa dijalankan dengan sangat baik. Wah kerenkan, hanya dengan menjalankan tanggung jawab sebagai warga Negara satu ini kamu sudah bisa membuat tatanan Negara menjadi sedikit lebih baik.  

Nggak apa-apa kok meski sedikit, karena jika banyak berpikiran sama seperti kamu, maka ada banyak hal yang dapat kamu atasi. Salah satunya adalah problematika kondisi sampah di lingkungan yang mulai tak terkendali. Maka, yuk mulai melek lingkungan. Sadari, bahwa banyaknya tumpukan sampah menjadi tanggung jawab bersama. Banyaknya hewan-hewan mati karena menelan sampah plastic juga menjadi PR bersama.

Demikian beberapa tanggung jawab sebagai warga Negara yang memang harus kamu renungi dan kamu praktekkan mulai dari sekarang. Cobalah untuk memulai dari hal yang paling simple. Jika sudah, baru kamu bisa menjalankan tanggung jawab lainnya yang lebih besar. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *