Sistem Pendidikan di Indonesia dan Negara Lain

 Sistem Pendidikan di Indonesia dan Negara Lain

amanahghita.com

wikiGo News Pendidikan- Kalau membahas soal pendidikan memang tidak akan ada habisnya. Karena pendidikan mempunyai sifat yang dinamis. Harusnya loh ya. Dari dulu hingga kini, kita dikenalkan dengan tokoh-tokoh pendidikan yang luar biasa. Dimana, berbagai teori-teori dimunculkan demi meningkatkan mutu atau kualitas dari peserta didik. Sayangnya, sistem pendidikan yang dianut oleh Indonesia adalah sistem pendidikan yang cenderung membosankan, alias jauh dari ekspektasi anak-anak. Hal inilah yang mungkin membuat anak-anak di Indonesia menjadi malas untuk belajar di sekolah. Sistem belajar yang monoto masih terus dilakukan. Dan malangnya lagi, anak-anak yang kerap disebut sebagai anak cerdas adalah ana-anak yang mempunyai nilai matematika, fisika, biologi, atau kimia tinggi. Sementara anak-anak nilai mata pelajaran tersebut di bawah standar akan dicap sebagai anak yang bodoh, meskipun ia juara di bidang olah raga, tarik, suara, dan lain sebaainya.

Kita tidak bisa menutup mata dari sistem pendidikan yang seperti itu. Bayangkan, anak-anak akan dimarahi sepulang pembagian rapot. Hanya karena nilai matematikanya lebih rendah dibandingkan teman-temannya. Hal ini menjadi pr tersendiri bagi kita. Para orang tua, calon orang tua, guru, dan calon guru. Bahkan, berdasarkan beberapa penelitian menyatakan, bahwa sistem pendidikan di Indonesia merupakan sistem pendidikan yang tidak ‘berotak’. Agak kasar ya kalimatnya, tapi begitulah fakta. Karena ungkapan tersebut bukan hanya sekedar bualan semata.

Sistem pendidikan yang di sebut tidak berotak itu ya sebagaimana yang sering kita temukan di masyarakat. Anak-anak harus kena marah hanya karena beberapa pelajaran tertentu nilainya rendah, di sekolah metode balajarnya membosankan, kalimat yang terlontar dari guru tidak mengenakkan, dan lain sebagainya. Dan kasus ini adalah kasus  real yang terjadi di masyarakat, dan kita tidak bisa memungkirinya.

Mungkin, rasa tidak enjoy ketika belajar inilah yang membuat anak-anka tidak betah di kelas, lalu memilih untuk cabut saja. Kamu pasti pernah mendengar istilah ini ya. Ya, istilah ini adalah istilah paling umum di sekolah. Bagi kamu yang sekolahnya daring mungkin belum tahu makna dari kata cabut ini. Jadi, makna cabut dari kelas adalah ketika seorang siswa meninggalkan kelas di jam belajar. Nah, saya yakin, ketika dulu kamu malas dengan sebuah pelajaran lengkap dengan cara mengajar gurunya, pasti kamu merasa ingin segera meninggalkan kelas secepat mungkin.

Hal ini normal kok. Bukan hanya kamu yang merasakannya, tapi saya juga. Bahkan kadang, saya merealisasikannya. Tapi ingat ya, tindakan ini bukan untuk ditiru. Nah, problematika ini membuat kita harus berpikir keras lagi, bagaimana caranya agar di Indonesia bisa menerapkan sistem pendidikan yang jauh lebih baik. Apalagi nih, sudah ada kok beberapa Negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Dan seharusnya, kita belajar dari sana.

Jika kita perhatikan, sistem pendidikan yang ada di negara lain adalah pendidikan yang menyenangkan. Di mana, seorang anak akan belajar sesuatu yang memang disukainya dengan jam belajar yang tidak monoton seperti di Indonesia. Anak-anak hanya akan mempelajari pelajaran yang sesuai dengan bakat mereka dan minat mereka saja. Tentu hal ini sangat berbeda dengan Indonesia, di mana seorang anak harus mempelajari semua pelajaran meksipun pasti ada saja pelajaran yang tidak disukainya.

Sedih sekali. Bahkan, anak-anak juga harus bisa menguasai semua pelajaran yang ada. Dan jika tidak, maka berujung pada pelabelan tadi, ‘anak bodoh’. Padahal pada hakikatnya, tidak ada satupun anak yang bodoh. Yang ada hanyalah sistem yang menjadikan mereka bodoh, karena tidak bisa mengoptimalkan potensi yang ada di dalam dirinya, sebab dipaksa untuk menguasai banyal hal yang tidak disukainya.

Oke, sistem pendidikan terbaik yang saya singgung di atas adalah sistem pendidikan yang ada di Negara lain. Salah satunya adalah Jepang dan Finlandia. Buat kamu yang penasaran, kamu bisa baca artikel setelahnya ya, karena saya akan ulas sistem pendidika yang ada di Finlandia, yang konon katanya Negara dengan pendidikan terbaik. Bagi kamu yang calon orang tua, calon guru, atau sudah menyandang gelar tersebut, wajib baca ya, agar bisa memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak kamu kelak. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *