Sistem Pendidikan di Finlandia yang Wajib Banget Kita Tiru

 Sistem Pendidikan di Finlandia yang Wajib Banget Kita Tiru

ruangpublik.id

wikiGo news Pendidikan- Sampai saat ini, sistem pendidikan di Finlandia masih dijadikan sebagai kiblat ataupun acuan pendidikan pendidikan di negara lain. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai barometer kesuksesan pendidikan di negera luar juga loh.  Hal ini karena memang, sistem pendidikan yang ada di negara ini terbilang agak berbeda jika dibandingkan dengan sistem pendidikan di Negara lain. Namun, menghasilkan siswa-siswa yang tidak kalah cerdasnya kok.  Nah, berikut ini adalah beberapa sistem pendidikan di Finlandia yang bisa diterapkan di berbagai Negara, terlebih lagi di Indonesia.

Apalagi mengingat, bahwa sistem sistem pendidikan yang ada di negara kita merupakan sistem pendidikan yang kaku, di mana pembelajaran di sekolah tidak dibuat atau didesain semenarik mungkin, sehingga membuat banyak anak-anak atau pelajar merasa bosan dan tidak enjoy ketika belajar. Dan yang paling mirisnya adalah, belajar dijadikan sebagai momok yang menakutkan, apalagi mengingat ketika nilai mereka tidak sesuai dengan ekspektasi atau keinginan orang tua.

Maka beban itu akan terus bertambah. Sudah belajar tidak sesuai minat bakat, sampai rumah dimarah lagi kalau nilainya rendah. Ah, nasib nasib nasib. Oke, sebagai bahan pembelajaran, berikut adalah beberapa sistem pendidikan di Finlandia yang meski kamu tahu.

Jam berlajarnya

Sistem pendidikan di Finlandia yang pertama adalah jam belajarnya yang keren banget sih. Nah, jadi jam belajar di Finlandia ini sangat bagus untuk kita terapkan, terlebih lagi bagi pendidikan anak usia dini ya. Di mana, setelah mereka belajar selama 45 menit, maka anak-anak akan diberikan waktu istirahat selama 15 menit. Wow waktu istirahatnya bahkan hampir 50% dari jam mereka belajar. Hal ini tentu berbeda banget dengan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Di mana, kita tahu persis, setelah anak belajar berjam-jam, waktu istirahatnya masih terbatas sekali. Tidak seimbang dengan waktu mereka belajar .

Finlandia ini mereka percaya, bahwa anak-anak akan tetap menjadi anak-anak. Mereka tidak mempunyai tugas atau mereka tidak harus berubah menjadi dewasa lebih cepat. Maka, alangkah baiknya jika masa kecil itu kita manfaatkan sebaik mungkin untuk belajar dan bermain. Agar anak-anak merasa bahwa belajar adalah sesuatu yang menyenangkan, bukan menakutkan.

Tidak banyak tugas

Sistem belajar di Finlandia yang kedua adalah tidak banyak tugas. Sistem pendidikan di Finlandia yang satu ini menjadi sebuah sistem yang sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia. Di mana, Kita pernah atau bahkan sering mendengar berita berita terkait siswa yang bunuh diri karena terlalu lelah dengan tugas-tugas yang di berikan di sekolah. Terlebih lagi selama pandemic.. Tugas-tugas tentu menumpuk ya. Hal ini tidak terjadi pada pendidikan di Finlandia. Anak-anak hanya akan mendapat tugas seminimal mungkin. Tujuannya ya sama, agar mereka merasa enjoy dalam belajar. Dan yang paling keren nya adalah sistem belajar mereka adalah menemukan minat dan bakat. Sehingga tidak ada yang namanya persaingan.

 Kalau di Indonesia, kita kerap menemukan berbagai persaingan di setiap kelas. Semua orang berlomba-lomba untuk menduduki rangking pertama. Jika di sana, kamu tidak akan menemukan hal ini, sehingga dapat kita katakan bahwa sistem belajar mereka itu untuk menumbuhkan kerjasama, demi mencapai kesuksesan.

Menghargai guru

Sistem pendidikan di Finlandia yang selanjutnya adalah sangat menghargai guru. Di negara yang kecil ini, guru mempunyai peranan sangat penting. Gaji mereka juga besar. Apa kabar gaji guru di Indonesia. Bahkan, jika kamu bandingkan gaji antara guru di Finlandia dengan guru di Amerika Serikat, maka prosentase gajinya akan jauh lebih tinggi gaji guru di Finlandia loh. Hal ini karena memang ketika ingin menjadi guru di Finlandia, maka kamu harus menyelesaikan pendidikan magister terlebih dahulu, dan juga menyelesaikan pendidikan profesi. Sama halnya seperti pendidikan profesi kedokteran. Jadi nggak main-main ya tenaga pendidikan di Finlandia ini.

Jadi, itulah dia beberapa sistem pendidikan di Finlandia yang bisa kita contoh. Dan Sebenarnya masih ada beberapa sistem lain yang ada di Finlandia, namun secara umum, poin paling pentingnya ya di 3 poin ini. Jadi, buat kita yang merasa orang tua, calon orangtua, guru, ataupun calon guru, seharusnya sudah mulai menerapkan sistem pendidikan yang keren ini agar kita bisa memaksimalkan potensi yang ada pada anak.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *