Seni Berbicara di Depan Umum yang Bisa Kamu Coba

 Seni Berbicara di Depan Umum yang Bisa Kamu Coba

Seni Berbicara di Depan Umum yang Bisa Kamu Coba

wikiGo News Pendidikan – Hai, kembali lagi bersama kami di wikigo.id. Kali ini kita akan bincang sedikit seputar seni berbicara di depan umum. Jadi, sampai saat ini masih banyak banget orang-orang yang ngerasa kesulitan ketika harus berbicara di depan umum. Mungkin kamu salah satunya. Nah sebenarnya, skill berbicara di depan umum ini harus dimiliki oleh semua orang. Karena memang ada banyak sekali forum-forum yang memungkinkan kita untuk ikut andil di dalamnya. Misalnya adalah forum diskusi. Di mana, di forum ini kamu harus bisa mengemukakan berbagai pendapat yang kamu miliki, karena kadang-kadang nih, ada berbagai forum yang mewajibkan semua orang harus mengelurkan pendapatnya. Tentu, rasanya nggak mungkin banget kalau kamu nggak punya pendapat. Sehingga, agar bisa mengutarakannya, kamu memang harus punya skill public speaking yang mumpuni, atau paling nggak ya standarlah.

Ya karena sayang banget kalau ikut diskusi atau seminar, kamu cuma menjadi seorang penonton yang pasif, jadi pendengar setia. Asli selain sayang banget, ya kamu juga rugi dong. Ya, rugi kesempatan. Cobalah untuk menjadi seorang penonton yang aktif, karena hal inilah yang akan kemudian memacu keberanian dan keahlian kamu dalam berbicara di depan umum. Nah daripada bingung gimana cara memulainya, yuk simak seni berbicara di depan umum berikut.

Seni Berbicara di Depan Umum

Nah, kalau selama ini kamu penasaran, gimana sih caranya agar bisa ngomong di depan umum kayak orang-orang. Gimana sih biar bisa lancar aja gitu pas nyampein sesuatu. Oke, agar bisa menyampaikan segala sesuatu di depan umum dengan baik dan benar, maka kamu harus tahu satu hal, bahwa ada seni berbicara di depan umum yang harus kamu ketahui. Selain itu, kamu harus catat baik-baik, bahwa yang namanya grogi atau nerveus akan kerap menghadiri siapapun yang akan berbicara di depan umum.

Sudah seberpengalaman apapun ia. Asli. Orang Najwa Shihab yang jam terbangnya sudah tinggi banget aja menyebutkan terang-terangan kalau dia grogi kok sebelum tampil. Apalagi Cuma kita yang remahan rengginang. Ya paling nggak, rasa grogi itu bisa kita ataslah ya. Jangan sampai, Cuma gara-gara kamu merasa nggak bisa ngatasi grogi, kamu malah milih ‘nggak mau tampil di depan umum’ Hey, ketahui seni berbicara di depan umum dulu, dicoba, baru deh nyerah. Eh, nggak ding, nggak boleh nyerah ya.

  • Membaca Doa

Bagaimanapun, seni berbicara di depan umum yang pertama ya berdoa. Hey gengs, apapun yang akan kamu lakukan, jangan pernah lupa buat berdoa. Karena segala kelancaran acara atau seluruh aspek kehidupan kita ini sumbernya dari Tuhan. Sehingga, sangat kurang ajar rasanya jika kita sok-sok an berbicara di depan umum tanpa melibatkannya.

Maka, seni berbicara di depan umum yang pertama adalah berdoa. Minta pertolongan kepadanya agar memudahkan lidah kita ketika akan berbicara. Dan salah satu doa yang diajarkan adalah doa milik Nabi Musa ketika ia menghadapi ayah angkatnya, Fir’aun. Yang artinya adalah, ‘Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dna mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekauan lidahku, agar meraka memahami perkataanku.’

  • Mengalihkan Pandangan dari Audience

Seni berbicara di depan umum yang kedua adalah dengan mengalihkan pandangan dari audience. Seni berbicara di depan umum satu ini sama dengan menganggap semua audience kamu sebagai benda mati. Mohon maaf nih. Ya karena jika kamu benar-benar menganggapnya makluk hidup, maka kamu akan merasa takut, mulai dari takut salah, takut tampil tidak bagus, dan lain sebagainya. Maka dengan menganggap mereka benda mati, semua perasaan itu akan hilang. Sehingga kamu bisa menyampaikan apapun dengan bebas.

  • Berbicara Sesuai Bidang

Seni berbicara di depan umum berikutnya adalah berbicaralah sesuai dengan bidang kamu. Nggak usah sok-sok-an buat membicarakan sesuatu yang nggak kamu ngerti deh. Bicara saja sesuai bidang, karena jatuhnya kalau membicarakan yang tidak sesuai bidang kamu pasti malah terkesan ‘sok pintar’. Hindari ya.

Jadi, itulah dia tiga seni berbicara di depan umum. Yuk mulai praktek. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *