Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup

 Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup

wikiGo News Pendidikan- Selamat pagi. Hari ini kita akan membahas ilmu pengetahuan alam terkait materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Jika selama ini kamu masih bingung mengenai materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, maka kamu bisa menyimak artikel ini sampai selesai.

Nah, jadi, seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini selalu mengalami pertumbuhan dan juga perkembangan. Tidak ada satupun makhluk hidup yang tidak tumbuh dan berkembang. Di mana, pertumbuhan merupakan proses bertambahnya ukuran tubuh yang sifatnya adalah irreversible, sementara perkembangan merupakan proses menuju kesempurnaan ataupun kedewasaan. So, jelas ya, bahwa pertumbuhan yang terjadi pada makhluk hidup itu sifatnya adalah ireversibel. Termasuk di dalamnya manusia.

Pertumbuhan dan perkembangan yang dialami oleh makhluk hidup ini biasanya dipengaruhi oleh dua factor, yaitu faktor internal ataupun faktor dalam, dengan faktor eksternal atau faktor dari luar. Faktor internal ini mencakup  dua hal, yakni gen dan juga hormo. Sementara faktor eksternal wujudnya ada banak ya, bisa berupa suhu, cahaya, tanah, kelembaban, air, nutrisi, dan lain sebagainya. Jadi, jika kamu menemukan adanya perbedaan pertumbuhan dan juga perkembangan yang tejadi pada seseorang dengan yang lainnya, atau dari tumbuhan satu dengan tumbuhan lain, maka perbedaan tersebut disebabkan oleh dua factor tadi. Hal inilah yang kemudian akan membuat banyaknya variasi bentuk atau warna yang ada pada makhluk hidup.

Baik, kali ini kita akan membahas satu persatu, yaitu yang yang terjadi pada manusia, kemudian pada hewan, dan juga pada tumbuhan.

Manusia

Pertumbuhan dan perkembangan yang pertama adalah pertumbuhan dan juga perkembangan yang dialami oleh manusia. Manusia mengalami beberapa tahap dalam fase pertumbuhan dan perkembangannya, seperti menjadi balita terlebih dahulu, kemudian menjadi anak-anak, lalu remaja, dan beranjak dewasa, kemudian hingga iya lanjut usia.

Semua manusia akan mengalami fase fase tersebut, tidak ada satupun manusia yang langsung terlahir menjadi dewasa ataupun terlahir dengan lanjut usia. sSemua fase tersebut akan dialami oleh manusia, yakni harus menjadi balita terlebih dahulu, kemudian terus berkembang dan tumbuh hingga menjadi anak-anak, lalu terus beranjak menjadi remaja, kemudian ketika usianya sudah pas akan datang masa pubertas. Kemudian ia akan menjadi dewasa. Dan akibat dari pubertas ini akan ditandai dengan adanya perubahan fisik ataupun psikis dari seseorang. Hingga akhirnya ia akan mengalami fase dewasa lalu menjadi lanjut usia.

Hewan

Pertumbuhan dan perkembangan yang kedua adalah fase pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada hewan. Masa pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dibagi menjadi dua fase, yaitu embrionik dan juga fase pascaembrionik. Dimana, fase embrionik ini akan dimulai tatkala terbentuknya zigot. Sampai ia menjadi embrio. Sementara fase pascaembrionik ini akan terjadi ketika hewan terlahir ataupun menetas, sampai ia menjadi dewasa.

Tumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan yang selanjutnya adalah yang terjadi pada tumbuhan. Kalau pertumbuhan yang terjadi pada tumbuhan ini terjadi karena adanya aktivitas pembelahan sel. Yang terjadi di daerah meristem. Dalam hal ini, tumbuhan akan mengalami pertumbuhan baik itu secara primer ataupun sekunder. Perkembangan di tingkat seluler bisanya ditandai dengan adanya diferensiasi sel, hasil pembelahan yang kemudian membentuk jaringan, lalu perkembangan selanjutnya adalah tingkat organ yang ditandai dengan terbentuknya organisasi akhir, seperti biji, bunga,  buah ,dan sebagainya.

So, yang mengalami perkembangan ternyata bukan hanya manusia dan hewan saja, melainkan tumbuhan juga. Jikalah tumbuhan tidak mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan, tentu ia tidak akan bisa tumbuh dan berkembang hingga menghasilkan buah atau bunga.

Oke, itulah dia penjelasan singakat terkait fase-fase yang terjasi pada makhluk hidup, dan seperti apa pertumbuhan yang terjadi, baik terhadap manusia, hewan, ataupun tumbuhan. Mulai sekarang, yuk mulai mengamati pertumbuhan yang terjadi pada makhluk hidup di sekeliling kita.

Kamu bisa mengamati perkembangan dengan mudah dan sederhana, misalnya dengan melihat dan memperhatikan pohon yang ada di depan rumah, atau memperhatikan hewan peliharaan. Oke adik-adik, semoga materinya mudah difapahi ya dan berguna bagi kehidupan kalian. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *