Penyebab Motor Susah Distarter, Pengguna Motor Wajib Tahu

 Penyebab Motor Susah Distarter, Pengguna Motor Wajib Tahu

wikiGo News Otomotif- Sebagai pemilik motor yang bijak, kamu tahu nggak sih penyebab motor susah di starter. Atau, kamu pernah nggak ngalami starter motor kamu bermasalah, kemudian mencari tahu penyebabnya. Kalau belum tahu mah kebangetan. Karena bagaimanapun, kalau starter motor bermasalah kan yang susah kamu juga. Maasak ia mau ngidupin motor aja harus memakan waktu bermenit-menit. Kan sayang waktunya sis. Nah, mulai sekarang, nggak ada salahnya buat belajar lagi penyebab motor susah distarter. Meskipun saat ini starter motor kamu baik-baik saja, kan nggak menjamin bahwa dua atau tiga haru ke depan masih aman. Jadi, yuk simak penyebab motor susah distarter.

Sepuluh penyebab motor susah distarter

Semua vendor motor memberikan fasilitas berupa starter ya. Sehingga, kamu bisa tinggal ‘memencet’ tombol starter saja ketika akan menggunakannya. Dan nggak perlu ribet-ribet lagi buat kick starter. Hal ini menunjukkan kepada kita, bahwa memastikan bahwa tombol starter dalam kondisi yang baik adalah keharusan demi kelancaran menggunakan motor.

Hanya saja, kita tidak bisa memungkiri dong, bahwa banyak yang mengalami kendala ketika ingin menstarter motornya. Permasalahan ini diakibatkan karena adanya permasalahan terhadap komponen motor kamu. Berikut ini adalah penyebab motor susah disatrter yang dilansir dari Kompas.

Aki

Penyebab motor susah distarter yang pertama adalah karena adanya permasalahan pada aki. Dimana, aki motor kamu sudah dalam keadaan lemah, alias sudah tidak lagi mampu menyuplai listrik secara maksimal. Maka, kamu harus mengetahui kondisi akinya terlebih dahulu. Yakni dengan mencoba menghidupkan klakson ataupun lampu sein. Jika keduanya normal, maka bisa dipastikan, bahwa aki kamu dalam kondisi normal. Begitupun sebaliknya. Gampang ya.

Jadi, paling nggaknya, aki motor kamu bertekanan 11 volt, sehingga bisa memutar kruk asnya. Dan kalau kekuatannya di bawah 11 volt, maka dipastikan, bahwa akinya tidak bekerja maksimal, sehingga membuat starter motor kamu sulit dinyalakan.

Dinamo starter

Penyebab motor susah distarter yang kedua ialah adanya keruskan pada dynamo. Penyebab motor susah distarter yang satu ini memang kerap menghampiri para pengguna motor ya. Padahal dynamo sudah didesain mempunyai kekuatan yang memang tinggi. Dan ternyata, usia kendaraan juga berpengaruh terjadap kinerja dynamo starter motor kamu. Jika memang susahnya motor kamu distarter disebabkan oleh dinamonya rusak, maka kamu bisa mengatasinya dengan melakukan service ya. kamu bisa menggantinya dengan yang baru di tempat service yang memang spesialis di bidang dynamo ini. Dan sangat direkomendasikan untuk melakukan penggantian di bengkel resmi motor kamu.

Kebocoran kompresi

Penyebab motor susah distarter yang berikutnya karena adanya kebocoran kompresi. Jika motor kamu masih mempunyai kick starter, maka kamu bisa melakukan pengecekan dengan cara melepasakn businya, kemudian kamu bisa menutup busi yang telah kamu lepaskan dengan menggunakan jari jempol.

Jika sudah, silahkan starter lagi dengan memanfaatkan kick starternya. Apabila ternyata kamu merasa tekanannya los, maka ini menandakan, bahwa kompresi motor kamu ada yang bocor.

Masalah pada kabel

Penyebab yang paling umum adalah adanya masalah pada kabelnya. Dan hal ini bisa terjadi karena gigitan tikus.

Busi lemah Cek

Penyebab motor susah distarter yang terakhir adalah karena busi motor kamu sudah lemah. Hal ini karena jika busi motor kamu sudah lemah, maka performanya dalam menciptakan api juga sudah berkurang drastic. Maka, cara mengatasinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

Jadi, itulah dia beberapa penyebab motor susah distarter. Kamu bisa memeriksa berbagai komponen yang sudah dijelaskan di atas, sehingga, kamu bisa langsung menentukan langkah atau solusi apa yang sebaiknya diambil.

Demikian informasi tentang penyabab motor susah distarter yang harus kamu pahami. Tentu, sebagai pengguna motor, kamu dituntut agar lebih cerdas dalam menggunakannya ya. Jangan sampai, masalah sederhana ini saja kamu tidak tahu. Apalagi, sekarang sudah banyak kok informasi-informasi seputar otomotif motor di mesin pencarian yang bisa kamu temukan.

Yuk lebih bijak dalam menangani setiap masalah motor kita, dan tahu apa perawatan yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *