wikiGo News Pendidikan- Meski telah menjadi bahasa sehari-hari, pada faktanya penulisan bahasa Indonesia tetap terbilang agak sulit. Hal ini terbukti dari masih banyaknya kesalahan penulisan oleh masyarakat kita, padahal sebenarnya kaidah-kaidah penulisan bahasa Indonesia sudah sangat jelas dan telah dipelajari ketika masih duduk di bangku sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga Sekolah menengah pertama. Jika kita amati, penulisan bahasa Indonesia sebenarnya sangat sederhana ya, tentu saja ketika kita sudah mengetahui polanya. Namun kembali lagi, kesadaran akan pentingnya memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang benar terbilang agak rendah, sehingga banyak sekali orang-orang yang yang menganggap bahwa kaidah penulisan itu tidak begitu penting dan semua orang bebas menulis sebagaimana yang ia inginkan. Padahal seharusnya tidak seperti itu ya, kita harus bisa mengikuti kaidah penulisan yang memang sudah ditetapkan oleh pemerintah, dan harus mengacu kepada KBBI atau kamus besar Bahasa Indonesia.

Kaedah yang sudah ditetapkan tentu tidak mungkin diciptakan tanpa adanya tujuan ya. Salah satu tujuan adanya kaedah penulisan Bahasa Indonesia adalah agar tulisan bisa dibaca dengan mudah. Bayangkan saja, jika seandainya tidak ada kaedah penulisan Bahasa Indonesia, tidak ada tanda baca, tidak ada aturan penggunaan tanda baca, tentu akan sangat mempersulit kita akan membaca sebuah teks.

Nah, ketika sedang membaca beberapa kalimat di buku,membaca chatingan, membaca status, dan lain sebagainya, kadang kita menemukan berbagai kesalahan-kesalahan kaidah dalam penulisan ya, salah satu kaedah yang cukup mengalami kesalahan dalam penulisan adalah imbuhan ke. Memang terlihat sangat simple ya, hanya terdiri dari 2 huruf, namun kembali lagi tetap saja masih banyak yang salah ketika harus menuliskan kalimat yang terdapat kata ke atau imbuhan ke di dalam kalimatnya. Ayuk diingat-ingat kembali, apakah ketika menuliskan kalimat yang ada imbuhan ke- nya kamu masih salah atau tidak.

Sederhananya seperti ini, jadi, imbuhan ke- itu harus diberi spasi ketika setelahnya diikuti oleh kata tempat. Kata tempat ya. So, jika setelah imbuhan ke- tidak termasuk kata tempat, maka penulisannya adalah disambung.

Contoh imbuhan ke yang diikuti kata tempat;

  • Keterangan
  • Ketinggalan
  • Kesalahan
  • Kebernaran
  • Kembalian

Dan sebagainya.

Contoh penulisan imbuhan ke- yang diikuti kata tempat;

  • Ke rumah
  • Ke sekolah
  • Ke pantai
  • Ke laut
  • Ke tepi
  • Ke sana
  • Ke sini

Dan sebagainya. Jelas banget ya perbedaannya. Jika belum paham juga, coba diperhatikan dengan seksama. Jika sudah menemuan pola disambung dan dipisahnya, akan mudah kok.

Oke, agar lebih paham kita akan buat 1 kalimat. Nanti kalian bisa coba deteksi mana kalimat yang benar dan mana yang salah.

Contoh pertama,

 Ayah dan ibu pergi ke rumah nenek bersama abangku kemarin sore.

Contoh yang kedua,

Ayah dan ibu pergi kerumah nenek bersama abangku kemarin sore.

Nah, dari kedua kalimat tersebut, coba kalian tebak dulu nih, kalian analisis, perhatikan dengan baik, mana kalimat yang benar, apakah kalimat yang pertama atau kalimat yang kedua. Jika sudah, yuk lanjutkan artikelnya.

Jawaban jawaban yang benar adalah kalimat yang kedua pertama ya. Hal ini karena setelah kata ke dilanjutkan dengan kata rumah, sehingga penulisannya harus dipisah.

Mulai sekarang, cobalah kalian untuk mempraktekkan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang sangat sederhana ini di dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika sedang chatting-an bersama teman-teman kalian. Ketika sedang membuat status, atau lainnya lah.

Ketika kamu sudah membiasakan kaedah ini, maka akan mudah banget kok. Bahkan ketika kamu tengah membaca teks, biasanya otak kamu akan reflex mengatakan, bukan seperti ini, ini salah penulisannya, dan sebagainya. Yuk memulai penggunaan kaedah penulisan Bahasa Indonesia dimulai dari yang sederhana saaja. Dengan hal yang sederhana, kamu akan merasakan dampaknya besok, ketika kamu sudah mulai memiliki tugas membuat makalah, artikel, jurnal, hingga skripsi. Karena ini hanyalah basic yang memang harus kamu kuasai.

Oke, demikian penggunaan imbuhan ke yang harus kamu perhatikan ya. Semoga bermanfaat.