Pendidikan yang Baik itu Seperti Apa Sih

 Pendidikan yang Baik itu Seperti Apa Sih

apaperbedaan.com

wikiGo News Pendidikan– Semua pakar pendidikan sepakat, bahwa pendidikan merupakan tahapan yang paling tepat untuk mengubah suatu bangsa menjadi lebih baik, sebuah keluarga menjadi harmonis, pribadi seseorang menjadi lebih santun, dan lain sebagainya. Tentu menggunakan redaksi yang berbeda-beda ya, dan sangat beragam bentuknya. Hal ini terbukti dengan kejadian Hiroshima Nagasaki. Pernah dengar dong kalimat ini. Ya, di mana ketika terjadi pengeboman, pimpinan di Jepang bertanya, ‘ada berapa guru yang tersisa’. Waw, ini kalimat tanya yang bener-bener buat gemetar loh. Asli. Di mana, saat kondisi yang bener-bener kacau, pimpinan malah bertanya berapa guru yang sisa. Hal ini menujukkan dengan sangat jelas, bahwa pendidikan itu penting banget. Dan nggak bisa terganti dengan apapun. Apalagi sebenarnya, segala hal yang kita nikmati saat ini juga merupakan hadiah dari pendidikan yang terus mengalami kemajuan. Tapi nih, sebenarnya pendidikan yang baik itu seperti apa sih.

Hal ini tentu menjadi tanya bagi sebagian orang, terutama bagi kamu yang menjadi seorang pendidik di sekolah dan di rumah. Dan sejatinya, semua orang adalah pendidik loh, dan semua orang juga yang terdidik. Tiap-tiap kita adalah pendidik bagi diri kita, dan terdidik oleh orang lain. Karena bagaimanapun, pendidikan itu lahir dari kesadaran manusia. Maka, ketika kamu menyadari ketidaktahuan, kamu membutuhkan yang namanya ilmu pengetahuan, dan ilmu pengetahuan itu melalaui proses pendidikan. Tapi ingat nih, bahwa pendidikan bukan Cuma bisa kamu dapatkan dengan duduk manis di kelas.

Bahkan, ketika kamu mendapati sebuah pemandangan di luar, itu juga pendidikan. Ketika kamu mengikuti sebuah diskusi, dan nyaris segala hal yang kita hadapi setiap hari adalah bagian dari pendidikan. Hanya saja, sebagian besar masyarakat kita memang berpandangan, bahwa pendidikan ya di sekolah. Selain itu nggak. hey, kamu jangan berpikiran seperti itu lagi.

Nah kira kembali ke pertanyaan, pendidikan yang baik itu seperti apa sih. Kamu pasyi pernah bertanya-tanya. Pertanyaan perndidikan yang baik itu seperti apa adalah sebuah pertanyaan yang sangat wajar ya. Karena dengan mengetahui yang baik seperti apa, kita akan lebih pandai dalam memberikannya kepada siapapun. Karena kita tahu. Nah, jelas ya. Yang baik adalah yang bisa melahirkan rasa penasaran terhadap seluruh peserta didik, sehingga bisa ingin tahu dan memahami. Dan pendidikan yang baik bukan hanya sekedar manut atau ikut kurikulum belaka. Karena memang cakupannya itu luas banget ya.

Pendidikan yang baik juga bukan yang harus mengikuti metode atau system yang sudah terkemukakan oleh para ahli. Bukan. Karena pada dasarnya, itu ya menciptakan generasi yang memang bisa mengerti dan memahami. Sehingga dengan metode apapun, asal anak-anak bisa memahami dan mengerti its fine. Sayangnya, lagi-lagi, banyak yang menilai, bahwa pendidikan yang baik adalah ketika anak-anak bisa mendengarkan dan duduk diam di kelas. Haduh.

Dan sampai saat ini, kita tidak bisa menyangkal ya, bahwa system yang ada di Indonesia ini mendidik dan menganjurkan para anak didik untuk mneghafal berbagai bahan bacaan bukan memahaminya. Padahal jelas, yang namnaya ilmu tentu akan terus mengalami berbagai perkembangan, sesuai dengan perkembangan zamnnya.

Sehingga, seluruh peserta didik memang meski bisa hidup sesuai dengan zaman dimana ia berada. Dan mereka dituntut untuk berkarya dengan maksimal, mengembangkan minat dan bakatnya. Sehingga muncullah generasi emas nan gemilang. Dan sudah jelas, bahwa hakikat dari pendidikan ya untuk mendesain memanusiakan manusia, menciptakan manusia yang lebih baik.

Sampai saat ini, salah satunya adalah yang paling mudah diterima oleh anak-anak adalah pengalaman. Jadi sangat wajar ternyata jika banyak para guru yang menggemakan pepatah berlajarlah dari pengalaman. Karena memang, dengan pengalaman yang segudang, kita bisa menceritakannya kepada anak-anak, dan mereka akan merasa termotivasi, sehingga lebih semangat dalam berjuang dan belajar.

So, demikian pendidikan yang baik itu seperti apa. Yang terpenting adalah tujuannya, untuk bagaimana merealisasikannya, tentu setiap orang punya cara ya. Dan kita nggak bisa memaksa bahwa cari dia dengan cara kamu itu sama. Hey, you are different. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *