wikiGo News Pendidikan-

Saat ini, kamu pasti sering mendengar istilah Pendidikan karakter. Ia kan? Nah, mungkin, jika hanya ditanya soal apa itu Pendidikan, kamu tentu bisa menjawab dengan benar dong. Tapi, berbeda halnya jika ditanya soal, apakah Pendidikan karakter itu. Jangan sampai nih, kamu sering mendengar kata ‘pendidikan karakter’, atau sering mengucapkannya tapi malah tidak tahu artinya. Oke tenang, kita akan Bahasa poin-poin penting dari Pendidikan karakter ya.

Apasih Pendidikan Karakter Itu?

Pendidikan karakter bisa dikatakan sebuah upaya ataupun usaha manusia yang sudah direncanakan dengan baik dalam mendidik dan juga memberdayakan semua anak didik secara sadar, yang bertujuan untuk membangun karakter semua anak. Pendiidkan ini diharapkan bisa membuat semua anak menjadi satu individu yang bisa bermanfaat untuk semua orang, terutama untuk dirinya sendiri ya. Kita ambil pengertian Pendidikan karakter menurut John W. Santrock bahwa Pendidikan karakter adalah Pendidikan yang dilakukan dengan melakukan pendekatan secara langsung kepada semua anak didiknya, untuk menanamkan nilai-nilai moral, sehingga si anak bisa mencegah semua hal terlarang. Dengan demikian, kita bisa melihat, bahwa Pendidikan karakter sangat erat kaitannya dengan psikis seorang anak. Maka, dengan adanya Pendidikan karakter ini, anak-anak akan diajarkan untuk memandang berbagai nilai dalam kehidupan nyata, misalnya adalah tentang kejujuran, tanggung jawab, hingga keimanan.

Fungsi Pendidikan Karakter

Anak-anak hari ini, kamu saat ini, merupakan harapan bangsa, penerus bangsa yang akan meneruskan segala perjuangan dan pengorbanan pendahulu. Nah, sebagai generasi penerus, kamu meski memiliki karakter yang kuat. Tapi, karakter seperti apa? Karakter yang bagaimana yang harus dimiliki oleh calon penerus bangsa  ini? Nah yang pasti, bangsa ini membutuhkan anak-anak muda yang memiliki karakter baik. Walaupun banyak yang beranggapan bahwasanya karakter ‘baik itu abstark’ padahal sebenarnya tidak juga, karena semua perilaku positif bisa dikatakan sebagai karakter baik, dan karakter seperti itulah yang dibutuhkan oleh bangsa ini.

Mungkin sejenak kamu bertanya-tanya, apa sih fungsinya Pendidikan karater? Jadi, Pendidikan karakter ini mempunyai beberapa fungsi. Seperti, dapat mengembangkan segala potensi manusia supaya bisa menjadi individu yang terus berprilaku baik, Tangguh, kuat, berpikiran optimis, dan berhati baik, dapat membangun dan juga meningkatkan peradaban bangsa ini, hingga  dapat membangun dan juga memperkuat perilaku masyarakat yang terbilang multikultur.

Pendidikan Karakter di Indonesia

Dengan melihat pengertian dan funsgsi Pendidikan karakter di atas, tentu kamu akan berteriak paling lantang jika ditanya mengenai ‘setuju tidaknya pendiidkan karakter ini dilakukan’. Ia kan? Nah, di Indonesia, Pendidikan karakter ini terbilang mendapatkan perhatian yang cukup tinggi, karena terdapat di dalam nawacita, bahwa pemerintah Indonesia akan melakukan sebuah revolusi karakter. Tak heran jika kemudian Kemendikbud sudah menggalakkan adanya penguatan Pendidikan karakter ini di tahun 2016 hingga saat ini.

Nilai yang Diperoleh dari Pendidikan Karakter

Dengan diadakannya Pendidikan karakter, maka ada beberapa nilai yang akan diperoleh. Apa saja nilainya?

Religius

Nilai karakter yang pertama akan terbentuk dari adanya Pendidikan karakter ini adalah nilai religious. Dengan Pendidikan karakter ini, kamu akan dikenalkan dengan Tuhan sangat dalam, hingga bisa melaksanakan semua ajaran agama yang kamu anut dengan baik dan benar, sesuai dengan ketentuan. Selain itu, kamu juga akan mulai terbiasa dengan perbedaan, toleransi akan tinggi, dan sebagainya.

Integritas

Nilai atau karakter yang kedua adalah integritas. Ya, karakter ini akan membuat kamu berusaha untuk bisa dipercayai, baik dalam segi perkataan, maupun Tindakan dan pekerjaan. Selain itu, dengan karakter ini, kamu akan mempunyai komitmen yang kuat akan kesetiaan terhadap nilai-nilai yang ada. Karakter ini bisa kamu tunjukkan dengan selalu bertanggungjawab terhadap amanah yang kamu terima.

Karakter atau nilai lainnya yang akan terbentuk adalah nasionalis, mandiri, dan gotong royong. Kita dapat melihat, bahwasanya Pendidikan karakter sangat penting dalam  membentuk sebuah karakter seseorang. Ia kan? Demikian pembahasan seputar Pendidikan karakter yang harus kamu tahu. Dengan mengetahui beberapa hal terkait Pendidikan karakter di atas tentu akan membuat kamu menyadari akan pentingnya diadakan Pendidikan karakter.