Pelajaran dari Peristiwa Isra’ Mi’raj, Wajib Kamu Tahu

 Pelajaran dari Peristiwa Isra’ Mi’raj, Wajib Kamu Tahu

merdeka.com

wikiGo News Pendidikan- Setiap tahun, ada berbagai peringatan special yang dilakukan oleh setiap orang. Mulai dari peringatan nasional hingga keagamaan. Nah, salah satunya adalah peringatan Isra’ Mi’raj yang diperingati oleh Umat Muslim se-dunia. Hari besar Islam satu ini merupakan sebuah momen special bagi seluruh umat muslim. Hal ini karena di dalam peristiwa ini, ada banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari peristiwa isra’ mi’raj ini. Dan hari istimewa tersebut jatuh pada hari ini, yakni sebelas Maret 2020.

Seluruh umat Muslim bersuka cita. Karena tak lama setelah peristiwa ini, akan datang bulan kemuliaan. Bulan yang di dalamnya amal ibadah dilipatkan gandakan oleh Allah. Maka, kali ini, di hari yang special, kita juga akan membahas sesuatu yang special. Yakni pelajaran dari peristiwa isra’ mi’raj.

Pelajaran dari peristiwa isra’ mi’raj

Di dalam Islam, ada berbagai keajaiban luar biasa yang dianugerahkan Allah. Pertama ada al-Quran, dan yang kedua adalah peristiwa isra’ mi’raj ini. Sehingga, tak heran jika kemudian karena suka citanya, banyak umat Islam yang berlomba-lomba dalam merayakan hari besar yang istimewa ini.

Karena sangat sayang jika dilewatkan tanpa kesan. Ada yang memeriahkannya dengan pengajian tentang kenabian dan teladan Rasulullah, ada yang mengadakan lomba keagamaan, tausyiah, dan lain sebagainya. Di mana, seluruh kegiatan yang ada merupakan wujud mencintai peristiwa ini. dan mengetahui, keutamaan bulan Rajab.

Jadi, isra’ mi’raj ini adalah sebuah peristiwa, di mana Allah memperjalankan Rasulullah untuk mendapatkan perintah shalat. Sebagaimana namanya, isra’, yang berarti perjalanan. Peristiwa ini adalah peristiwa perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, atau, dari Makkah ke Yerussalem. Sementara mi’rajnya adalah perjalanan Rasulullah dari bumi menuju langit Nya yang ke tujuh. Yang kemudian terus dilanjutkan ke Sidratul Muntaha. Di sinilah Rasulullah mendapatkan wahhyu terpenting itu.

Dan ternyata, dari peristiwa ini, ada berbagai dampak yang kita rasakan saat ini, yakni agar menjaga diri dengan shalat, membentengi diri dengan shalat. Dan selalu menggantungkan segalanya hanya kepada Allah. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pelajaran dari peristiwa isra’ mi’raj yang harus kamu tahu.

Baca juga Trik supaya Youtube tanpa pajak, Begini Caranya!

Mempercayai Kebesaran Allah

Jika kita nilai dengan akal, maka akal kita akan bersikukuh, menyatakan bahwa peristiwa ini tidak mungkin terjadi. Sangat- sangat tidak masuk di akal. Dan sangat jauh di luar nalar seorang manusia. Hal ini karena bahkan untuk saat ini, dari Makkah menuju Yerussalaem saja masih membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam dengan menggunakan pesawat loh.

Sementara dibutuhkan waktu yang sangat banyak agar bisa menembus luar angkasa. Bagi mereka yang tidak beriman, maka kisah ini hanyalah bualan, hanya sebuah fiksi belaka. Dan sebagai muslim, kita tidak hanya dituntut agar mengikuti berbagai perintah yang ada, namun juga meyakini dengan sepenuh hati segala kebesaran yang ada. Sehingga, peristiwa yang tidak masuk akal ini tetap kita percayai kebenarannya.

Hal ini sebagaimana yang telah Allah sebutkan di dalam .” (Surah Al-Isra ‘: 1).

اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: “Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.” (Surah Al-Isra ‘: 1)

Perjalanan yang dialami Rasulullah, yakni isra’ dan mi’raj ini merupakan perjalanan keagamaan, perjalanan spiritualitas. Maka, dengan adanya peristiwa ini, kita dapat mengambil pelajaran dari peristiwa isra’ mi’raj nya, yaitu mempercai kebesaran dan keagungannya. Dan tampaknya, ini juga menjadi ujian bagi kita yang beriman.

Apakah kita mempercayai kebenaran dari isra’ mi’raj Rasulullah ini, atau malah mengingkarinya. Maka, semoga Allah memberikan keyakinan kepada kita, dan terus memberikannya. Hal ini agar iman yang kita peluk sempurna dan bisa membawa kita menuju Tuhan nantinya.

Baik, itulah dia satu perlajaran dari peristiwa isra’ mi’raj. Dan sebenarnya, masih ada beberapa lagi. Tapi yang paling penting adalah, kita mengetahui kemahabesaran Nya. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *