Pahlawan Nasional yang Memperjuangkan Kemerdekaan

 Pahlawan Nasional yang Memperjuangkan Kemerdekaan

wikiGo News Pendidikan – Pahlawan Nasional- Kini, anak-anak sudah mulai tidak lagi mengenal para pahlawan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya video-video yang beredar. Dimana, banyaknya video yang mengadakan sosial eksperimen dengan bertanya kepada beberapa anak. Anak anak tersebut ditanyakan terkait tentang game dan juga tentang para pahlawan ataupun tentang sejarah.

Sayangnya, nyaris seluruh video menunjukkan bahwa anak-anak masa kini jauh lebih paham terkait dengan game ketimbang tentang pahlawannya sendiri. Padahal, tanpa adanya perjuangan para pahlawan mereka tidak akan bisa hidup dengan damai.

Tidak akan bisa mengenyam bangku pendidikan. Atau bahkan tidak akan bisa menggenggam ponsel yang membuat mereka tahu akan banyaknya game di muka bumi. Sosial eksperimen tersebut kemudian menyandarkan kepada kita. bahwa pentingnya kita mengenalkan para pahlawan kepada anak-anak. Karena hanya dengan mengenang dan mengetahui jasa para pahlawan nasional anak-anak bangsa ini akan bisa lebih kuat dalam menghadapi berbagai tantangan global.

Nah bagi kamu yang saat ini masih juga belum mengetahui pahlawan Nasional yang ada di Indonesia. Yuk simak berikut ini ini 5 pahlawan nasional yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pahlawan Nasional yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia

Dengan mengetahui banyaknya pahlawan-pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, tentu akan membuat kita tersadar bahwa perjuangan mereka tidak bisa kita sia-siakan. Tidak bisa kita gunakan hanya untuk menggunakan ponsel berselancar di media social, dan lain sebagainya. Sudah waktunya kita mengetahui permasalahan bangsa ini dan ikut berkontribusi menyelesaikannya. Berikut ini adalah beberapa pahlawan nasional yang harus kamu tahu.

Sultan Syahrir

Sultan Syahrir merupakan mantan perdana menteri di Indonesia yang perjuangannya juga sangat terkenang oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sutan Syahrir adalah tokoh yang mengorganisasikan kemerdekaan Indonesia di masa pendudukan Jepang. Beliau membangun berbagai jaringan demi mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Bung Tomo

Pahlawan nasional berikutnya adalah bung Tomo atau Sutomo. Ketika kita membahas tentang tokoh atau pahlawan nasional satu ini, kita tidak akan pernah bisa melepaskan diri dari peristiwa pertempuran berdarah yang terjadi di kota Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Yang di tanggal tersebut kemudian kita sebut dan peringati sebagai hari pahlawan Nasional.

Keberhasilan perjuangan yang diraih oleh arek-arek Suroboyo ketika memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sama sekali tidak bisa melepaskan diri dari hebatnya sosok bung Tomo ini. Beliau mempunyai semboyan, yaitu ‘merdeka atau mati’ dan sampai saat ini semboyan tersebut terus kita pakai demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Memang, saat ini kita sudah tidak lagi berperang secara nyata, namun bagaimana pun sebenarnya atau pada hakikatnya kita juga berperang. Berperang dengan banyak hal. Bahkan jauh lebih berbahaya daripada peperangan yang dihadapi oleh para pahlawan nasional kita.

Tan Malaka

Pahlawan nasional berikutnya adalah Tan Malaka. Beliau adalah pahlawan nasional yang diangkat oleh presiden Soekarno dengan keputusan presidennya, yakni nomor 53 tahun 1943 yang di tanggal 23 Maret 1963. Presiden menyatakan bahwa Tan Malaka merupakan pahlawan nasional. Dan nama beliau kini sudah tidak ada lagi di buku sejarah pada masa orde baru.

Meskipun demikian, gelar pahlawan nasional yang ada pada nama Tan Malaka tetap akan mempunyai tempat khusus bagi sejarah, karena beliau juga ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Masyarakat masa itu tahu perjuangan beliau.

Jendral Sudirman

Ketika membahas sosok pahlawan nasional satu ini, maka sejatinya kita sedang membahasa satu tokoh yang selain rela mati demi kemerdekaan juga merupakan seorang jendral yang shaleh. Seorang jendral yang berani menerjang apapun dengan kondisinya yang sangat krisis saat perang gerilya. Tak heran jika kemudian orang luar negeri memberikan berbagai penghargaan kepada beliau.

Selain tokoh-tokoh pahlawan nasional di atas, masih ada banyak pahlawan nasional lainnya yang harus kamu ketahui. Perjuangan mereka yang luar biasa tidak bisa kita balas hanya dengan menyibukkan diri dengan media social dan menerapkan budaya konsumtif.

Karena bagaimanapun, darah dan perjuangan mereka tidaklah mudah. Semua harta berharga yang dimiliki mereka dikorbankan demi Indonesia. Jika perjuangan hemat tersebut hanya kita ganti dengan bermain game, bersosial media, bukankah mereka akan merasa sangat menyesal telah memperjuangkan Negara yang ujung-ujungnya seperti ini. Yuk mulai mengenal pahlawan nasional. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *