Mulai Cair, Bagaimana Cara Daftar BLT UMKM?

 Mulai Cair, Bagaimana Cara Daftar BLT UMKM?

wikiGo News Bisnis – Kabar baik bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setelah pemerintah kembali mencairkan BLT berupa Bantuan Presiden. Berdasarkan keterangan dari Menteri Koperasi dan UKM Banpres ini mulai cair pada maret 2021 dalam bentuk BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro). Penerima Bantuan Presiden pada bulan maret ini adalah masyarakat yang sudah daftar BLT beberapa waktu lalu. 

Pada kuartal pertama tahun 2021, perekonomian masyarakat mendapat dukungan dari pemerintah melalui bantuan ini. Namun demikian, karena kendala anggaran pemerintah, jumlah dana yang turun tidak sebanyak pada tahun 2020. Selain itu, kuota penerima bantuan juga tidak sebanyak tahun 2020 yang mencapai 12 juta jiwa. Jumlah penerima sekarang adalah sebanyak 9,8 juta jiwa.

Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM menyatakan bahwa ke depannya pemerintah tengah mengusahakan penambahan kuota penerima bantuan sebanyak 3 juta jiwa. Maka dari itu, Kepada pelaku usaha yang belum paham cara daftar BLT tersebut, silahkan simak artikel berikut.

Apa itu Banpres BPUM dan BLT UMKM?                     

Sebelum daftar BLT, Adakah perbedaan antara BPUM dengan BLT UMKM? BPUM adalah Bantuan Produktif Usaha Menengah sementara BLT UMKM adalah Bantuan Langsung Tunai UMKM. Banpres BPUM merupakan salah satu bantuan Langsung Tunai kepada pelaku Usaha UMKM. Program ini termasuk dana hibah kepada warga negara yang masuk kategori UMKM. Karena merupakan dana hibah, maka bantuan presiden ini bukan merupakan pinjaman.

Pencairan pada BLT pada akhir bulan maret kemarin merupakan pencairan tahap 2 dari 8 tahap yang telah pemerintah siapkan. Pencairan pertama adalah pada bulan Agustus tahun 2020.

Cara daftar BLT

Bagi pelaku usaha yang tergolong dalam kategori UMKM, berikut cara mendapatkan bantuan dari pemerintah:

  • Pendaftar mengajukan diri melalui pengusul, apabila usaha mikronya memenuhi syarat maka pengusul yang akan mengusulkan nama pendaftar BLT bersangkutan. Pengusul yang menjembatani pengusaha mikro ini adalah:
  • Dinas bidang koperasi dan bidang UKM
  • Koperasi yang disahkan menjadi badan hukum
  • Kementerian dan lembaga yang berwenang
  • Perbankan serta lembaga pembiayaan yang telah terdaftar pada OJK
  • masyarakat yang ingin daftar BLT yang memenuhi persyaratan harus melengkapi identitas mencakup:
  • Nama lengkap
  • KTP dan NIK
  • Tempat Tinggal Sesuai KTP
  • Jenis Bidang Usaha
  • Nomor kontak.

Persyaratan

Berikut persyaratan untuk masyarakat pelaku usaha UMKM untuk mendapatkan bantuan usaha. Kepada masyarakat yang ingin daftar BLT, harus memenuhi persyaratan di bawah ini:

  1. Merupakan golong pelaku usaha UMKM yang tidak sedang menjalani kredit dari pihak perbankan. Jadi bagi pelaku usaha yang ingin mendaftar sebagai penerima BLT haruslah bebas kredit modal yang berasal dari perbankan.
  2. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia dengan menyertakan bukti KTP (NIK).
  3. Pendaftar bukanlah anggota aparatur pemerintah (ASN, TNI, Polri, Pegawai BUMN dan Pegawai BUMD).

Cara cek BLT UMKM

BLT UMKM yang cair pada bulan maret 2021 menjadi salah satu langkah pemerintah untuk memulihkan perekonomian masyarakat. Sesuai Peraturan Kemenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021, jumlah bantuan yang turun ke masyarakat adalah 1,2 juta rupiah per orang yang sudah daftar BLT periode sebelumnya.

Pencairan dana BLT UMKM yang berasal dari Banpres mendapat fasilitasi yang memudahkan masyarakat. Pemerintah akan menyalurkan dana bantuan melalui Bank BUMN, Bank BUMD dan PT Pos.  Penyaluran melalui Bank akan langsung kepada rekening pendaftar. Jika orang yang sudh daftar BLT belum memiliki rekening maka akan akan dibantu pembukaan rekening.

Cara cek status pendaftar bisa melalui laman e-Form BRI. Dalam hal ini, BRI melakukan penyaluran BPUM berdasarkan data dari Kemenkop UKM. Caranya cukup mudah yakni :

  • Membuka laman  e – Form BRI
  • Mengisi NIK
  • Memasukan kode verifikasi
  • Proses inquiry
  • Silahkan cek apakah terdaftar atau tidak.

*bila terdapat notifikasi “Nomor e-KTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM” itu menandakan bahwa nama bersangkutan belum termasuk penerima bantuan meskipun sudah ikut daftar BLT.

**bila terdaftar sebagai penerima bantuan, maka bisa menghubungi pihak BRI untuk mendapatkan jadwal penerimaan.

Demikian informasi singkat mengenai Bantuan Presiden serta beberapa informasi jika ada masyarakat yang hendak daftar BLT tersebut.

Acikmaris

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *