Stop Panik, Berikut Cara Mengatasi Motor Jalan Sendiri

 Stop Panik, Berikut Cara Mengatasi Motor Jalan Sendiri

teknik-otomotif.co.id

wikiGo News Otomotif- Motor menjadi salah satu kendaraan multifungsi nan multitalent yang digunakan di setiap rumah. Hal ini karena memang, penggunaan motor cukup mudah, dengan ukurannya yang tidak begitu besar. Beda banget lah pokoknya dengan mobil. Jadi, jangan heran deh kalau di sebuah rumah ada mobil, tapi pemilikinya lebih sering menggunakan motor. Mungkin kamu juga begini ya. Dan mungkin, mobilnya hanya digunakan saat cuaca kurang bagus, atau ketika membutuhkan ruang yang besar untuk mengangku barang, atau malah karena sedang membawa jalan-jalan keluarga. Nah, karena motor menjadi multifungsi, maka kamu harus benar-benar harus bisa merawatnya dengan baik agar motor tidak bermasalah. Dan salah satu permasalahan motor yang cukup serius dan membuat panic adalah ketika motor jalan sendiri, padahal kamu sudah melepaskan pedal gas. Wah, kan keren, eh bahaya maksudnya. Maka, kami akan memberikan bagaimana cara mengatasi motor jalan sendiri ketika kamu sudah melepaskan handle gasnya.

Jadi gini sis, kasus motor yang bisa berjalan sendiri ketika pedal gasnya sudah kamu lepaskan ini bisa saja karena kabel gasnya nyangkut, sehingga kehilangan kendali. Dan ketika kamu mengalaminya, jangan dibiarkan loh. Karena bagaimanapun, kondisi ini sangat bahaya. Putaran mesinya yang tidak terkontrol akan membuat kamu kesulitan dalam mengendalikannya. Hal ini memang agak jarang terjadi kok. Namun, kamu teta[ harus waspada dan mengetahui cara mengatasi motor jalan sendiri, karena kita nggak pernah tahu ya, kapan motor kamu akan rusak, jalan sendiri, atau lain sebagainya. Biasanya, kasus ini sering banget terjadi terhadap motor yang menggunakna karburator. Maka, jika kamu ngerasa motor kamu masih pakai karburator, simak cara mengatasi motor jalan sendiri berikut ya.

Cara mengatasi motor jalan sendiri

Untuk mengatasi kondisi ini, kamu membutuhkan cara yang sangat cerdas, supaya terhindari dari hal-hal yang membahayakan, dan pasti tidak kamu inginkan. Agar mudah, kamu bisa mencoba memeriksa kabel gasnya, kemudian goyang-goyangkan kabelnya. Kemudian putar-putra handel gas, jika kamu merasa masih aman. Nah, ketika kamu menarik gasnya, dan dapat terlepas maka bisa otomatis kembali dengan sendirinya kok. Jika sudah, kamu bisa menghidupkan motor kamu lagi, dan coba ngegasssssss kembali. Kemudian, ketika kamu merasa motornya sudah hidup kembali, dan putaran mesinnya sudah pas dengan uliran gasnya. Kamu sudah ngerasa normal, dan nyaman, itu tandanya sudah aman ya. Hal ini sebagai mana yang disebutkan oleh Ucok Siahaan, selaku mekanik Zila Motor Cilebut ketika diwawancarai oleh pihak Grid Motor.

Tapi bagaimanapun, ketika kamu sudah ngerasa normal,kamu juga meski memperhatikannya serius, dan harus melakukan perbaikan ya. Karena takutnya, ke depan malah terhadi hal serupa yang lebih membahayakan. Nah, Ucok kemudian menambahkan, bahwa ketika ternyata motor kamu nggak normal lagi, maka putaran mesinnya pasti akan mraung, dan handle gasnya nggak turun-turun dengan otomatis. Maka cara mengatasi kasus ini adalah, kamu meski menidaklanjutinya, dengan cara mencari lokasi bengkel terdekat.

Serahkan saja kepada ahlinya. Jadi, cara mengatasi motor jalan sendiri yang bisa kamu lakukan ya hanya dengan melakukan pemeriksaan terhadap kabel gas. Dan jika sudah aman, akan lebih baik loh jika kamu membawanya ke bengkel. Karena sifat cara mengatasi kasus motor kamu jalan sendiri ini sifatnya hanya sementara. Dan kita nggak pernah tahu apakah ke depan terjadi lagi atau tidak. Maka, supaya lebih aman, percayakan kepada ahlinya saja ya sis.

Kondisi motor jalan sendiri ini bisa terjadi karena kamu nggak menjaga dan merawat motor kamu dengan baik loh, terutama di bagian spare part pengontrol putaran mesinnya. Supaya kamu terhindar dari kondisi yang berbahaya ini, maka usahakan untuk terus-terus atau sering-sering ngecek dan melumasi bagian kabel gas dengan pelumas ya. Nggak susah kok.

Yuk mulai sekarang mulai merawat motor dengan baik dan benar, agar hal-hal buruk bisa terhindar. Apalagi cara merawat motor sebenarnya mudah kok. Sekian seputar cara mengatasi motor jalan sendiri yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *