Cara Mudah Mengatasi Motor Brebet, Mudah Banget

 Cara Mudah Mengatasi Motor Brebet, Mudah Banget

wikiGo News Oomotif – Salah satu masalah yang cukup mengangkan bagi pengguna motor adalah motor brebet. Ia nggak sih? Kalau buat yang belum ngerasain mah, B aja. Tapi buat yang udah ngalami, beuh njengkelinnya pasti sampai ke ubun-ubun. Nah biasanya, sebelum motor brebet ketika kamu gas, biasanya motor bakalan ngasih kode kok. Dan gejalanya ini bisa aja terjadi ketika pengaturan kaburator motor kamu nggak pas, tapi ini juga bisa terjadi pada motor injeksi loh. Wah, kok bisa?

Ya karena gimanapun, motor injeksi juga bisa aja kok mengalami motor brebet ini. Kok bisa? Trus gimana dong mengatasinya? Oke, semua pertanyaan kamu bakalan terjadi di sini ya. Keep enjoy sis.

Factor Motor Brebet

Sebenarnya, motor kamu nggak bakalan mungkin brebet kalau nggak sedang mengalami masalah ya. Karena yang namanya sesuatu, pasti bermula dari masalah, hingga muncullah solusi. Nah, untuk kondisi motor brebet ini, sebenarnya ada beberapa factor yang menjadi penyebabnya, pertama adalah filter udaranya yang sudah kotor banget, sehingga membuat penghambatan udara masuk ke dalam ruang pembakaran. Jadi, hal inilah yang kemudian membuat campuran udara dengan bahan bakar nggak sempurna, sehingga ketika kamu menarik pedal gas, ngerasa brebet.

Penyebab kedua adalah injector motor kamu bermaslaah. Masalahnya dimana? Nah, jika injector motor kamu bermaslaah, maka akan menimbulkan yang namanya semprotan mesinnya nggak stabil, yang bakalan membuat motor kamu brebet.

Penyebab ketiga adalah jarak renggang busi yang nggak tepat dan nggak bener. Selanjutnya dikarenakan kondisi tekanan pompanya yang nggak maksimal, ataupun fuel pumnya membutuhkan tekanan lebih ekstra dalam bekerja. Karena kalau tekanannya nggak sesuai, dijamin deh suplai bensinya bakalan kurang. Dan biasanya, setiap motor injeksi mempunyai standar yang berbeda-beda nih. Wah, lumayan banyak juga ya penyebabnya. Jika saat ini kamu sudah mengalaminya, simak penjelasan cara mengatasinya berikut ini ya.

Cara mengatasi motor brebet

Sebelum mengatasi masalah, kamu harus bisa menemukan masalahnya dulu ya. Karena kalau sudah tahu masalahnya mah, bakalan gampang aja deh ntar. Karena bagaimanapun, cara mengatasi masalah ya pasti sesuai dengan masalah yang ada.

  1. Ganti Filter Udara

Cara mengatasi motor brebet yang pertama adalah mengganti filter udara motor kamu. Cara ini bisa kamu lakukan kalau masalah motor kamu ada pada filter udaranya. Ketika kamu melakukan pengecekan, dan mendapati bahwa filter udara motor kamu sudah parah banget kotornya, maka silahkan diganti ya. Dan ketika menggantinya, jangan lupa deh buat ngecek juga interval di buku panduan. Biasanya sih 12.000-14.000 km.  Tapi ya, kembali lag ke kondisi jalan yang bakalan sering kamu lewati, apakah jalan tersebut berdebu atau nggak.

  • Membersihkan Injektor

Cara mengatasi motor brebet yang kedua adalah dengan membersihkan injector motor kamu kalau sudah kotor. Bersihkan dengan baik dan benar ya, supaya tarikan gas motor kamu nggak brebet lagi, dan nggak ngeselin lagi pastinya.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakna cairan pembesih injector, jangan salah pilih yo. Bersihkan semua lubang-lubang yang ada injector kamu dengan menggunakan sikat dan perlengkapan khusus. Jangan sampai deh, hanya karena kamu salah pilih alat malah makin nambah masalah.

  • Kuras tanki

Cara mengatasi motor brebet yang berikutnya adalah menguras tanki mesin. Nah, cara ini harus kamu lakukan klaua tekanan pompanya kurang. Dengan menguras tanki, maka semua kotoran yang ada akan hilan. Tapi kalau tetap nggak memberikan hasil apapun, ya cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti fuel ataupun businya. Tapi biasanya nih, kalau kamu sudah membersihakn injector, ataupun melakukan pengecekan pompabensinnya, pasti bakalan aman-aman aja kok.

Kalau semua cara dia atas nihil, yaudah deh, bawa aja ke bengkel. Tapi saran saya sih, atasi dulu sendiri denga maksimal. Terakhir nyerah aja dah kalau memang gagal semua. Demikian cara mengatasi motor brebet yang bisa kamu lakukan sendiri. Yuk lebih hati-hati dalam menggunakan motor, dan jangan lupa memberikan perawatan yang baik bagi motor kamu, agar usianya bisa bertahan lama.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *