Dua Jenis Mesin Mobil Ramah Lingkungan

 Dua Jenis Mesin Mobil Ramah Lingkungan

wikiGo news Otomotif – Makin ke sini, seluruh elemen masyarakat sudah mulai sadar akan berbahayanya emisi karbon. Sehingga, banyak pihak yang berpikir keras, bagaimana caranya agar tetap bisa mengendarai kendaraan dengan bebas tanpa menimbulkan emisi karbon. Hal inilah yang menjadi PR besar bagi industri kendaraan, terutama mobil. Dan ternyata, kini sudah ada loh beberapa produsen mobil ramah lingkungan yang mulai menciptkan kendaraan dengan konsep ramah lingkungan. Wih, keren dong. Produsen kendaraan ramah lingkungan ini tentu akan disambut sangat baik oleh masyarakat. Karena masih tetap bisa berkendara tanpa terlalu berpikir keras terkait dampak dari emisi karbon ini.

Bahkan kabarnya, dan berdasarkan berbagai informasi yang beredar, seluruh produsen mobil bahkan saling bersaing dan berlomba-lomba dalam membuat mobil yang benar-benar ramah lingkungan. Konsep ramah lingkungan ini tentu bukanlah konsep yang mudah dan biasa ya. Melainkan luar biasa sekali, karena termasuk gebrakan baru di dunia otomotif. Pihak produsen mobil kemudian berinovasi sebaik mungkin agar bisa menawarkan kmobil yang mesinnya tuh menghasilkan gas buang yang rendah, sehingga sangat hemat energy.

Mesin Mobil Ramah Lingkungan

Dilansir dari Kompas, bahwasanya, ada beberapa mesin mobil ramah lingkungan yang sedang berada di puncak kejayaan, dan dielu-elukan masyarakat.

PHEV atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle

Jenis mesin mobil ramah lingkungan yang pertama adalah PHEV ataupun Plug in electric vehicle. Dan jenis mesin mobil ramah lingkungan satu ini merupakan jenis yang mesin yang sangat canggih, teknologinya luar biasa. Mesin PHEV ini memiliki baterai yang sudah tersedia dengan fitur agar bisa mengisi baterai sendiri. Kapasitasnya adalah sekitar 8 kWh sampai 13 kWh. Dan kerennya, baterai ini nantinya bisa kamu hubungkan dengan stopkontak yang biasa kamu gunakan di rumah. Tak hanya itu saja, karena sudah dilengkapi dengan fitur charging, maka mobilnya sudah jauh lebih hemat dibandingkan dengan jenis mesin mobil ramah lingkungan lainnya.

PHEV ini juga membekali teknologi mesin mobil mereka dengan dua buah mode mesin, ada all electric mode dan juga hybrid mode.  Nah, ketika awal-awal memakai mobil, maka mesinnya akan menggunakan all electric mode ini sampai baterainya benar-benar habis, yang kemudian otomatis digantikan oleh hybrid mode. Dan pada umumnya, mode electric mode ini bisa mencapai jarak sejauh 12 hingga 150 kilometer. Dengan adanya teknologi keren ini, maka emisi karbon yang ada selama ini akan jauh lebih kecil daripada dengan mesin pada umumnya.

HEV atau Hybrid Electric Vehicle

Jenis mesin mobil ramah lingkungan yang kedua adalah HEV atau Hybrid Electric Vehicle. Jenis mesin satu ini menggabungkan dua buah mesin yang akan berguna untuk menggerakkan mobil. Jenis mesin yang terpakai adalah mesin dengan tenaga bensin dan juga motor listrik. Kendaraan dengan jenis mesin satu ini masih mengandalkan bahan bensin sebagai bahan bakar utamanya ya. Sementara bagian mesin motornya akan berguna untuk tenaga tambahan. Untuk emisi karbonnya adalah 70 sampai dengan 80 gr per kilo. Sehingga, jenis mesin ini mampu membantu proses pengurangan emisi karbon sampai 90 persen loh.

Kendaraan dengan jenis mesin ini cukup atau bahkan sangat nyaman loh untuk digunakan, karena nyaris tidak mengeluarkan bunyi seperti mobil dengan jenis mesin lain. Teknologi luar biasa ini merupakan hasil rancangan Insinyur bernama Ferdinand Porsche, yang berasal dari Autria.

Maka, dalam rangka membantu pemerintah mengurangi efek atau dampak dari emisi karbon ini, ada baiknya jika kamu lebih jeli ketika akan membeli mobil. Carilah mobil dengan mesin ramah lingkungan. Toh ini juga untuk kebaikan kita semua. Tentu, jika kesadaran akan bahaya dari emisi karbon ini sudah kita sadari, maka mengatasinya akan lebih mudah. Semua orang akan mulai menyadari, bahwa ini loh jenis mesin yang harus kamu gunakan. Ini loh merk yang meski kamu beli, dan lain sebagainya.

So, kalau kamu sudah berangan-angan akan membeli mobil, yuk deh mulai merencanakan membeli mobil yang benar-benar mesin ramah lingkungan. Demi terciptanya lingkungan yang sehat dan nyaman.

Sekian, semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *