wikiGo Nes Pendidikan – Jika kita membahas tentang keadaan bumi saat ini, maka kita akan mendapatkan kesimpulan bahwa bumi sedang tidak baik-baik saja. Hal ini karena pola hidup masyarakat masa kini sangat berbeda dalam pola hidup masyarakat zaman dulu. Ada berbagai perbedaan yang sangat menonjol antara kehidupan kini dengan yang lalu. Perbedaan-perbedaan tersebut tentu mengakibatkan sebuah perubahan yang tidak begitu baik. Apalagi kini, banyak sekali hutan yang harus dieksploitasi hanya untuk kepentingan sekelompok orang. Maka dari itu, untuk sekedar memmbantu bumi kita sedikit lebih baik, kita harus bisa melakukan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mulai menguran penggunaan BBM dan juga energy.

Hal ini terbilang sangat sederhana, namun tetap saja masih banyak yang merasa kesulitan dalam menerapkannya. Tahukah kamu bahwa menghemat penggunaan BBM dan juga energy tidak hanya bisa membuat kondisi bumi sedikit lebih baik. Tapi juga membantu memulihkan perekonomian keluarga kamu saat ini. Apalagi kita tidak bisa menutup mata, bahwa kini harga BBM di Indonesia terus naik dan melonjak tajam. Maka, yuk kenali beberapa cara mengemat penggunaan BBM dan juga energy.

Mengurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Mengurangi penggunaan BBM dan juga energy yang pertama adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Cara mengurangi penggunaan BBM dan juga energy yang pertama ini terbilang cukup mudah sebenarnya untuk kamu lakukan, dalam catatan kamu memiliki keinginan yang besar untuk mulai mengubah kebiasaan menggunakan kendaraan pribadi kemanapun hendak pergi. Jika selama ini kamu kerap memilih penggunaan kendaraan pribadi untuk pergi ke mana-mana, maka cobalah untuk memulai menguranginya. Kamu bisa kok mengganti kendaraan pribadi dengan beberapa hal lain, seperti sepeda ataupun menggunakan kendaraan umum, atau malah berjalan kaki saja. Dengan mengurangi penggunaan BBM dan juga energy yang satu ini tidak hanya membuat kamu hemat secara finansial, tapi juga bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat.

Mengendarai Kendaraan dengan Kecepatan Normal

Mengurangi penggunaan BBM dan juga energy yang kedua adalah dengan mengendarai kendaraan dengan kecepatan yang rendah atau normal. Karena ternyata, apabila kamu mengendarai kendaraan menggunakan kecepatan yang tinggi, maka motor kamu membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. Hal ini karena kendaraan tersebut meski bekerja lebih ekstra. Nah, meskipun sewaktu-waktu kamu mendapati kondisi jalan yang sedang kosong atau sepi, alangkah baiknya apabila kamu menyetir dalam keadaan normal saja ya, agar bensin yang kamu gunakan bisa lebih hemat. Tak hanya itu saja, bahkan tindakan mengurangi penggunaan BBM dan juga energy satu ini bisa meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

Menggunakan Alat Elektronik Seperlunya

Mengurangi penggunaan BBM dan juga energy yang berikutnya adalah hanya menggunakan alat elektronik seperlunya saja. Hal sederhana ini harus mulai kamu ajarkan kepada seluruh keluarga yang ada di rumah. Cobalah untuk mulai menghemat listrik dari sekarang, misalnya dengan cara selalu mematikan lampu ketika sudah tidak digunakan lagi, mematikan TV yang sudah idak ditonton, menggunakan kipas seperlunya, mencabut perlengkapan elektronik yang sudah tidak dipakai, dan lain sebagainya. Apabila kamu dan sekeluarga sudah mulai menjadikan cara satu ini sebagai gaya hidup, maka kalian akan hidup dalam lingkungan yang baik. Tak hanya itu saja, bahkan anggaran listrik juga bisa berkurang loh.

Tidak Menyimpan Makanan Panas di Kulkas

Mengurangi penggunaan BBM dan juga energy yang terakhir adalah dengan tidak langsung memasukkan makanan atau minuman yang sedang panas ke dalam kulkas. Jika ingin memasukkannya, maka kamu harus menunggu suhunya rendah dahulu, hal ini karena ternyata, suhu yang sangat tinggi jika dimasukkan ke dalam kulkas akan membuat kulkas mengkonsumsi energy yang ekstra lebih banyak. So, tunggu suhunya normal dulu baru dimasukkan ke dalam kulkas ya.

Oke sekian cara mengurangi penggunaan BBM dan juga energy yang bisa kamu coba. Selain beberapa poin di atas, masih ada berbagai cara lainnya yang bisa kamu coba kok. Yuk mulai kehidupan dan kegiatan yang memang mendukung bumi agar tetap sehat. Semoga bermanfaat.