Cara Mudah Menghadapi Rem Blong, Wajib kamu Ketahui

 Cara Mudah Menghadapi Rem Blong, Wajib kamu Ketahui

wikiGo News Otomotif- Salah satu penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah rem blong. Tak heran jika rata-rata, berita yang beredar di berbagai media menunjukkan bahwa kecelakaan mobil atau motor adalah sebab dari rem blong. Atau bahkan, kamu dan orang terdekat kamu juga pernah menjadi salah satu korban kecelakaan rem blong ini. Tentu, tak ada satupun yang ingin berada di kondisi seperti ini. Namun, ada baiknya jika kamu melakukan langkah antisipasi dalam bentuk memperlajari cara menghadapi rem blong. Dengan mengetahui cara menghadapi rem blong tentu akan membuat kamu lebih bijak ketika berada di kondisi seperti itu

Cara Menghadapi Rem Blong

Rem blong merupakan disfungsi rem yang bisa membuat system pengereman tidak dapat bekerja maksimal, atau malah tidak lagi bisa berfungsi. Nah, kondisi disfungsi ini bisa kamu cegah dengan mengetahui cara menghadapi rem blong.  Dan ketika kamu sudah mengetahui cara-caranya, usahakan untuk melakukan langkah-langkahnya dengan tepat ya, agar tidak berdampak buruk.

Manfaatkan Rem Tangan

Ketika kamu mengerem mesin, maka kamu bisa mengimbanginya dengan rem tangan. Hal ini karena rem tangan memang sangat efektif dalam membantu menurunkan kecepatan laju kendaraan. Rem tangan juga bisa langusung membuat ban  berhenti. Maka, agar system kereja rem tangan maksimal, kamu bisa menurunkan giginya, kemudian memanfaatkan rem tangan sebagai cara mengatasi rem blongnya agar bisa membuat kendaraan berhenti.

Turunkan Gigi Secara Bertahap

Cara mengatasi rem blong yang kedua ialah dengan menurunkan gigi bertahap. Rata-rata nih, kecelakaan di jalan itu dikarenakan kamu terlalu kencang ketika mengendarai kendaraan. Dan ketika mengetahui kondisi rem yang blong, maka langsung turunkan gigi dengan cara bertahap. Tapi, ya akan lebih baik ketika kamu sudah tahu remnya blong, gunakan kendaraan dengan kecepatan yang biasa.

Guncangkan Pedal Rem

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan mengguncangkan pedal remnya. Hal ini karena bisa saja penyebab rem blong kendaraan kamu karena adanya system yang bermasalah. So, walaupun pengeraman berfungsi usai kamu mengguncangkan pedalnya, kamu bisa langsung menghindari kendaraan yang berkecapan tinggi. Dan cara yang paling aman adalah dengan langsung mengamankan kendaraan kamu ke bengkel sekitar.

Membenturkan Kendaraan

Cara menghadapi rem blong yang satu ini terdengar cukup ekstrim ya, tapi tak ada salahnya kamu atasi jika benar-benar berada di kondisi seperti itu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memilih alat atau tempat benturan yang lunak, misalnya adalah dengan sengaja memasukkan mobil kamu ke area yang banyak lumpurnya. Atau bisa ke area lain, seperti pasir, pagar terbuat dari kayu, atau apapun yang tetap aman untuk mobil kamu.

 Jauhkan Kaki dari Pedal Gas

Cara selanjutnya ialah dengan menjauhkan kaki kamu dari pedal gas. Hal ini bertujuan untuk menghindari factor-faktor yang tidak baik yang pasti akan berbahaya.

Baca juga Dua Sikap Menghargai Jasa Para Pahlawan

Jangan Matikan Mesin

Ketika kamu berada di kondisi ini, maka stop untuk mematikan mesin kendaraan ya. Karena dengan mematikan mesin, maka kamu akan lebih susah ketika akan mengendalikan kecepatan, apalagi jika kamu menggunakan mobil power steering. Biarkan saja mesin tetap hidup.

Itulah dia beberapa cara menghadapi rem blong. Cara-cara di atas bisa kamu atasi jika menggunakan mobil ya. kalau mengatasi rem blong motor tentu ada cara yang berbeda. Dan sebenarnya, ada hal yang jauh lebih penting daripada cara-cara di atas.  Mungkin kamu bertanya-tanya. Maka jawabannya adalah stop untuk panic berlebihan. Karena dengan panic berlebihan dapat memperkeruh keadaan. Kondisi yang seharusnya biasa saja, tidak begitu mengkhawatirkan akan menjadi semakin runyam.

Maka, pastikan kamu mengetahui cara-cara di atas dengan baik dan benar, dan siapkan mental tidak panic berlebihan. Dan yang juga tidak kalah pentingnya adalah selalu melakukan pengecekan terhadap kondisi rem kamu berpergian, usahakan sellau memperhatikannya ya. Dan ketika dikendarai sudah mulai terasa, jangan pernah menunda untuk memperbaiki, jangan terlalu santai, karena ini bisa menyebabkan kamu lupa, sehingga berdampak buruk. Tentu kita tidak ingin ini terjadi. Oke sekian, semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *