wikiGo News Pendidikan– Ketika memperlajari Bahasa Inggris, kamu akan dihadapkan dengan yang namanya tense atau yang biasa kita kenal dengan grammar. Materi satu ini adalah materi wajib yang harus kamu kuasai. Hal ini karena memang setiap bahasa tentu memiliki tense atau kaedahnya masing-masing, tak terkecuali bahasa Inggris ini. Di dalam bahasa inggris, ada beberapa tenses yang harus kamu kuasai, salah satunya adalah present continuous tenses.

Pengertian Present Continuous Tense

Present continuous tenses merupakan bentuk kalimat yang dapat kamu gunakan untuk menyatakan sebuah peristiwa atau kejadian yang tengah terjadi selama waktu tertentu di waktu sekarang

Rumus Present Continuous Tense

Agar bisa menggunakan kalimat present continuous tense dan membuat kalimat dalam bentuk present continuous tense, maka kamu harus mengetahui rumusnya terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah kamu dalam membuat dan mendeteksi kalimat tersebut. Berikut ini rumus present continuous tense yang harus kamu pahami.

Kalimat positif: Subjek (S) + be (am/are/is) + Verb(Ing)

Kalimat negative: Subjek (S) + be (am/are/is) + not + verb (ing)

Kalimat interogatif: Be (am/is/are) + Subjek (S) + Verb (ing)

Penggunaan Tense

Seperti yang sudah kita bahas tadi, bahwasanya, tense ini akan digunakan ketika kamu akan membuat kalimat untuk peristiwa yang tengah berlangsung, meskipun ketika menggunakannya, ada beberapa kondisi yang memang harus kamu perhatikan secara serius.

Contoh Present Continuous Tense

Salah satu agar penguasaan tense kamu bisa baik adalah dengan sering-sering mempraktekkan dan membuat contoh. Nah, berikut ini kami berikan lumayan banyak contoh present continuous tense yang meski kamu pahami dengan benar. Dengan melihat contoh yang ada, tentu akan sangat mempermudah kamu dalam membuat dan mendalami tense.

Contoh 1

Kalimat (+) : We have studied Indonesian for three week. (Kami sudah belajar Bahasa Indonesia selama tiga minggu).

Kalimat (-) : We have not studied Indonesian for three week. (Kami belum ada tiga minggu belajar bahasa Indonesia).

Kalimat (?) : Have you studied Indonesian for three week? (Apakah kamu sudah belajar bahasa Indonesia selama tiga minggu?)

Contoh 2

Kalimat (+) : Rani has written three short stories this week. (Rani sudah menulis tiga cerita pendek minggu ini).

Kalimat (-) : Rani has written three short stories this week. (Rani belum menulis tiga cerita pendek minggu ini).

Kalimat (?) : Has Rani written three short stories this week? (Apakah Rani sudah menulis tiga cerita pendek minggu ini?)

Contoh 3

Kalimat (+): I have written two article about food and travel this mounth. (Saya sudah menulis dua artikel tentang makanan dan perjalanan bulan ini).

Kalimat (-): I have not written two article about food and travel this mounth. (Saya belum menulis dua artikel tentang makanan dan perjalanan bulan ini).

Kalimat (?): Have you written two article about food and travel this mouth. (Apakah kamu sudah menulis artikel tentang makanan dan perjalanan bulan ini?)

Contoh 4

Kalimat (+): Jane has lived in Jogja since 2013 (Jane sudah tinggal di Jogja sejak 2013).

Kalimat (-): Jane has not lived in Jogja since 2013. (Jane sudah tidak tinggal di Jogja sejak 2013.

Kalimat (?): Has Jane lived in Jogja since 2013. (Apakah Jane sudah tinggal di Jogja sejak 2013.

Contoh 5

Kalimat (+): They have been in Jakarta for three mounth. (Mereka sudah berada di Jakarta selama tiga bulan).

Kalimat (-): They have not been in Jakarta for three mounth. (Mereka sudah tidak berada di Jakarta selama tiga bulan).
kalimat (?): Have they been in Jakarta for three mounth. (Apakah mereka belum ada tiga bulan di Jakarta?)

Demikian pembahasan seputar present continuous tense. Semoga bermanfaat bagi kamu yang tengah belajar bahasa Inggris. Yuk mulai belajar beragam tense mulai dari sekarang. Mulailah belajar bahasa inggris dari sekarang, karena dengan belajar bahasa Inggris ada banyak sekali keuntungan yang kamu dapatkan, salah satunya adalah memiliki banyak peluang beasiswa.