Media Pembelajaran yang Cocok untuk Kelas Tiga ke Atas

 Media Pembelajaran yang Cocok untuk Kelas Tiga ke Atas

Media Pembelajaran yang Cocok untuk Kelas Tiga ke Atas

wikiGo News Pendidikan – Di tengah pandemic, peran seorang guru di sekolah sebagian besar harus diambil alih oleh orang tua di rumah. Meskipun demikian, tetap saja, soeorang guru dituntut agar tetap bisa berpikir keras, memikirkan media pembelajaran yang tepat untuk siswa. Termasuk kelas tiga SD.

Dengan memikirkan media pembelajaran yang tepat di tengah pandemic, tentu akan membuat suasana belajar anak-anak lebih terarah. Itulah sebabnya, nayris seluruh guru di dunia sedang disibukkan dengan pembelajaran terkait media pembelajaran ini. Sebab, apabila mereka hanya sekedar diam dan mengikuti alur, tentu sosok mereka tidak lagi menjadi sosok yang dirindukan oleh anak-anak di sekolah.

Bahkan lebih jauh, sosok mereka sudah perlahan hilang. Maka, akan lebih apik, jika tugas guru dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Memikirkan dengan cermat apa yang dibutuhkan anak-anak. Jadi, berikut ini adalah beberapa media pembelajaran yang dapat Anda terapkan kepada anak-anak didik Anda mulai beberapa waktu ke depan.

Media Pembelajaran Kelas Tiga SD

Selama ini, kemungkinan besar, pada guru memilh untuk menggunakan Google Meet ataupun zoom sebagai media pembelajaran. Karena dianggap dapat menyingkat waktu pertemuan, seluruh siswa bisa langsung masuk dalam satu forum, dan lain sebagainya. Hal ini tentu sangat baik. Namun kembali lagi, kita tahu, bahwa potensi anak-anak berbeda-beda. Ada yang cukup sekali dijelaskan bisa mengerti, ada yang membutuhkan dua kali penjelasan, dan bahkan, ada yang harus dijelaskan berkali-kali.

Karena tingkat kecerdasannya juga berbedabeda. Sehingga, jika Anda langsung mengumpulkan anak-anak di satu forum, akan sangat sulit mendeteksi mana anak yang sudah benar-benar paham, atau hanya sekedar pura-pura paham.

Jika Anda sudah lama mengajar anak-anak tersebut tentu lebih mudah. Karena Anda sudah mengetahui kemampuannya masing-masing. Lantas Anda pasti bertanya-tanya, lalu apa media pembelajaran yang cocok seharusnya. Nah, jawabannya ada satu, yakni video. Jika Anda hanya menyuguhkan materi berupa video dari Youtube tentu sudah biasa. Tapi jika Anda dapat memberikan materi sendiri lewat video, ada wajah Anda di sana, ada suara Anda, tentu akan sangat berkesan.

Tidak hanya itu saja. sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kemampuan anak berbeda-beda. Jika hanya dalam bentuk video call yang diadakan di Google Meet misalnya, tentu materinya hanya untuk hari itu saja. Bagi anak-anak yang paham tentu baik, mereka tidak membutuhkan penjelasan tambahan.

Sementara bagi yang belum paham. Bagaimana. Tentu mereka bingung harus mengulang dan mendapatkan materi dari mana. Tentu hal ini berbeda halnya jika Anda membuatkan sebuah video. Dimana, ketika mereka tidak paham dan mengerti, mereka bisa memutar berkali-kali video tersebut hingga anak-anak benar-benar paham.

Atau. Anda juga menggunakan Video call grup yang ada di wa. Di sana, Anda dapat melakukan panggilan sampai tujuh anak. Dengan jumlah yang sedikit, Anda akan lebih maksimal dalam memantau keseriusan mereka dalam belajar. Anda juga bisa melihat sendiri bagaimana antusias mereka. Dan jika masih ada yang belum paham, tentu akan sangat mudah mengontrolnya.

Hal inilah yang seharusnya dipahami oleh pendidik di sekolah. Jangan hanya karena pandemic, segalanya diserahkan kepada orang tua. Tidak boleh.

Karena sampai saat ini, masih ada saja keluhan dari orang tua yang menyatakan bahwa wali kelas anaknya lepas tangan misalnya. Susah dihubungi, dan lain sebagainya.

Jadi, itulah dia media pembelajaran yang sangat cocok Anda terapkan di kelas tiga ke atas. Terutama kelas lima dan enam. Karena materi yang ada di kelas lima dan enam sudah terbilang lumayan susah, terutama materi matematikanya.

Di sana, anak akan sangat membutuhkan penjelasan yang runtut dan jelas. Mereka membutuhkan penjelasan yang gambling. Karena kita tahu, tidak semua orang tua bisa mengajarkan dan mendampingi anak-anaknya belajar di rumah. Jika kebetulan orangtuanya bisa, tentu sesuatu yang luar biasa. sementara yang tidak bisa, tentu mereka berharap penuh terhadap sosok guru yang bisa menjelaskan berbagai perosalan di dalam buku lks yang digunakan anak-anak/

Demikian, semoga bisa menjadikan kita lebih baik lagi, semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *