Mengenal Tiga Makanan Khas Daerah yang Ada di Indonesia

 Mengenal Tiga Makanan Khas Daerah yang Ada di Indonesia

wikiGo News Pendidikan

Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak keberagaman. Dengan keberagaman tersebut, kemudian membuat Indonesia semakin menarik di mata para wisatawan mancanegara. Dan hal ini seharusnya membuat kita, para masyarakat Indonesia merasa bangga akan hal tersebut. Apalagi dengan adanya keberagaman menuntut kita untuk terus menerapkan toleransi ketika berada di dalam masyarakat. Salah satu keberagaman yang sangat kental dari Indonesia adalah makanan khas daerahn. Tiap-tiap tiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khas daerah nya masing-masing, dimana, tiap daerah memiliki cita rasa dan keunikan makanan yang terbilang cukup nyentrik.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas yang ada di daerah-daerah Indonesia dari beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Bika Ambon

Makanan khas daerah yang pertama adalah bika ambon. Bika ambon merupakan makanan khas daerah Sumatera Utara. Meskipun penamaannya menggunakan kata Ambon, bukan berarti makanan khas daerah satu ini berasal dari Ambon ya, karena ternyata bika Ambon adalah makanan dari Sumatera Utara. Bika ambon merupakan makanan yang terbilang sangat lezat dan biasanya disajikan dengan beberapa varian menu, seperti durian dan juga keju.

 Teksturnya terbilang lembut dan rasanya sangat manis. Cocok untuk kamu santap kapanpun dan dimanapun. Saat ini, kamu bisa menemukan makanan khas daerah Sumatera Utara ini dimana saja, karena bika ambon sudah mulai memasuki pasaran kuliner di luar daerah Medan.

Anyang Pakis

Makanan khas daerah berikutnya adalah anyang pakis. Anyang pakis merupakan makanan khas dari provinsi Sumatera Utara atau yang lebih tepatnya adalah dari kabupaten Asahan. Makanan khas satu ini terbuat dari tanaman pakis, sesuai dengan namanya. Ataupun tanaman paku yang kemudian diberikan dengan bumbu tambahan, yakni kelapa hasil dari penyangraian. Jika kita lihat sekilas, maka tampilannya agak mirip dengan urap, hanya saja penggunaan kelapa sangrai yang mirip serundeng menjadi pembeda antara keduanya.

Untuk rasanya sendiri, tentu kamu tidak perlu lagi meragukan karena dari kabupaten Asahan satu ini, karena rasanya cukup nagih jika kamu santap bersama dengan orang-orang terkasih.

Rendang

makanan khas yang ada di daerah-daerah Indonesia berikutnya adalah rendang. Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan satu ini. Yap, rendang sudah terkenal seantero Indonesia bahkan telah sampai ke luar negeri. Rendang merupakan makanan khas dari daerah Padang, makanan yang memiliki banyak rempah dan memiliki aroma sangat kuat ini teribuat dari banyak rempah, sehingga juga memiliki rasa yang sangat kuat. Tak heran jika ketika jalan-jalan ke berbagai kota kamu akan menemukan banyak sekali rumah makan Padang. Karena memang di sana, kamu bisa menyantap makanan khas yang ada di daerah-daerah Indonesia , Sumatera barat khususnya ini dengan puas.

Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas daerah Jogja. Ketika sedang berada di Jogja, alangkah baiknya jika kamu mencicipi makanan khas satu ini. Memang, Jogja memiliki beberapa makanan khas yang wajib juga kamu coba, hanya saja, di antara seluruh makanan khas Jogja, gudeg merupakan makanan yang sangat terkenal, bahkan ketika sedang melintasi jalan saja kamu bisa menemukan banyak sekali penjual gudeg, terutama saat waktunya sarapan.

Bagi masyarakat yang berada di luar kota Jogja, tentu cita rasa dari makanan khas Jogja satu ini terbilang agak aneh, karena memang cita rasanya manis, sangat berbeda dengan lidah atau cita rasa makanan daerah lainnya. Tetapi untuk mendapatkan sensasi gudeg, tentu tidak ada salahnya jika kamu mencici pinya ya,

Selain keempat makanan khas yang ada di daerah-daerah Indonesia di atas, masih ada banyak makanan khas lainnya dari Indonesia, seperti daun ubi, es pisang ijo, dan sebagainya. Keberagamanmakanan khas yang ada di daerah-daerah Indonesia ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai hal, terutama kaya akan alamnya, sehingga setiap daerah bisa memanfaatkannya untuk menciptakan berbagai macam jenis masakan.

Itulah dia beberapa makanan khas yang ada di daerah-daerah Indonesia. Semoga dengan informasi menarik ini kita akan semakin mencintai Indonesia dan menghargai keberagaman yang ada. Kita juga akan semakin mencintai Indonesia dengan berbagai hal yang ada di dalamnya, seperti makanan khas, hasil alam, masyarakat, tarian daerah, bahasa, suku, dan lain sebagainya. Yuk cintai Indonesia dan seluruh keberagamannya. Semoga bermanfaat

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *