wikiGo News Otomotif – Indonesia merupakan Negara maritime. Mungkin, karena itulah tiap tahunnya ada saja daerah-daerah yang harus terendam banjir. Ya meskipun, alasan utama banjir bisa saja bukan diakibatkan oleh status ‘negara maritim’ di Indonesia, melainkan ada factor lain, eksploitasi hutan besar-besaran misalnya. Dan tampaknya, kini Indonesia sedang berada di musim penghujan. Hal ini dapat kita lihat, bahwa sudah ada beberapa daerah yang terendam banjir, salah satunya adalah Jakarta. Ketika banjir, ada berbagai kendala yang akan dihadapi oleh banyak orang, salah satunya ialah kendala yang harus dihadapi oleh pemilik motor. Tiap tahunnya, mungkin di antara kamu ada yang motornya harus terendam banjir, dan bingung cara mengatasinya bagaiman. Nah, sekarang tak perlu khawatir lagi, sebelum memutuskan untuk membawa motor kamu ke bengkel, ada baiknya jika kamu melakukan beberapa cara mengatasi motor terendam banjir berikut ya. Anggap saja penghematan.

Segera bawa motor ke daerah kering

Cara mengatasi motor terendam banjir yang pertama kali adalah sesegera mungkin membawa motor kamu ke area yang kering. Dalam hal ini, semakin cepat motor kamu berada di daerah yang kering, tentu akan semakin baik ya. Begitupun sebaliknya, apabila motor kamu terendam air, berada di tempat yang basah semakin lama, maka akan semakin berakibat fatal terhadap motor kamu, karena akan semakin banyak air yang masuk ke dalam mesinnya.

Kuras air yang ada di knalpot

 Cara mengatasi motor yang terendam banjir yang kedua adalah dengan menguras air yang ada di knalpot. Bagaimanapun, mesin sebuah kendaraan tidak akan bisa berfungsi atau berjalan apabila knalpotnya tersumbat. Maka, ketika selesai terkena banjir, usahakan untuk langsung menguras air yang ada di dalam knalpot. Caranya adalah dengan membuat motor dalam keadaan tegak, kemudian di bagian depatnya silahkan agak diangkat sedikit. Cara ini adalah cara yang ampuh untuk menguras air yang terdapat di dalam knalpot motor kamu. Ulangi beberapa kali ya. Hal ini bertujuan agar semua air yang sudah masuk bisa keluar, sehinga motor kamu bisa digunakan kembali.

Keringkan silinder

Cara mengatasi motor terendam banjir selanjutnya adalah dengan mengeringkan silinder. Kuras semua air yang ada di silinder sampai bersih. Lalu, bongkar busi motor sampai semua air bisa keluar dari dalam mesin. Kemudian, kamu bisa mencoba untuk menghidupkan motor menggunakan starternya. Apabila tidak hidup juga, cobalah untuk mengidupkan melalui kickstarter. Cara ini tertujuan agar kamu bisa melihat kapasitas air yang keluar dari lubang businya ketika motor sedang berusah dihidupkan. Cobalah beberapa kali hingga benar-benar tidak ada air yang keluar lagi.

Keringkan filter udara

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mmebuang air yang ada di dilter dan membingkar filter udara motor kamu. Untuk mengeringkan filternya, letakkan saja filter udara motor kamu di tempat yang cukup terkena sinar matahari. Kamu bisa melakukan penjemuran sembari memeriksa beberapa bagian motor yang lain. Lalu, jangan lupa untuk menguras semua air yang ada serta kotoran dari dalam airbox. Caranya adalah dengan memiringkan motor ke sebelah kiri ya, supaya semua air bisa keluar maksimal.

Nyalakan mesin

Nah, apabila kamu sudah merasa membersihkan kotoran dan mengurasi semua air yang telah masuk ke dalam motor kamu, maka kamu bisa langsung mencoba menghidupkan mesin motor ya. Jika ternyata masih belum bisa hidup, itu artinya kamu meski menyabut busi dan juga terus mengulangi cara mengatasi motor terendam banjir di atas. Cobalah untuk mengeringkan busi motor kamu, kemudian hidupkan lagi mesinnya. Jika sudah bisa hidup, biarkan dulu mesin panas ya, diamkan hingga sekitar 7 menit.

baca juga Yuk Manfaatkan Oli Bekas Kamu Sekarang Juga

Demikian cara mengatasi motor terendam banjir. Kunci yang paling utama ketika kamu akan mengatasi motor kamu yang telah terendam banjir adalah jangan panic. Sampai detik ini, semua orang akan merasakan kepanikan ketika motornya terendam banjir, sehingga membuat mereka sulit untuk mengatasi motor yang terendam banjir dengan maksimal. Maka, sebelum mengikuti cara mengatasi motor terendam banjir di atas, pastikan dulu bahwa kamu sudah enjoy dan stop panikan. Semoga bermanfaat.