Dua Keutamaan Mempelajari Hadis Rasulullah SAW

 Dua Keutamaan Mempelajari Hadis Rasulullah SAW

wikiGo news Pendidikan – Hadis menjadi salah satu sumber hokum dalam Islam yang benar-benar harus dipelaajari oleh tiap muslim meskipun jatuhnya tidak wajib. Jadi, sebelum membahas keutamaan mempelajari hadis, kamu harus tahu dulu apa sih hadis itu. Nah, hadis merupakan segala sesuatu yang berasal dari Rasulullah. Baik itu perkataan beliau, perbuatan, ataupun ketetapannya. Mempercayai bahwa hadis benar-benar otentik berasal dari Rasulullah adalah wajib. Karena mempercayao hadis berasal dari Rasulullah merupakan sebuah gerbang yang akan menuntun kamu untuk mengikuti setiap perkataan, perbuatan atau ketetapannya. Bagaiman mungkin kamu akan menjalankan segala sesuatu yang ada pada hadis jika tidak mempercayainya ya.

Jadi, jika kita telisik lebih dalam, ada perjuangan yang sangat besar dalam proses penghimpunan hadis. Dan kini, kita hanya tahu seputar kitab hadis Bukhari dan Muslim. Padahal, ada kisah menarik di balik itu semua. Sehingga, ada keutamaan mempelajari hadis ini.  Karena memang, mempelajari hadis bukanlah sesuatu yang mudah, ditambah lagi tidak semua orang memiliki keinginan. Terutama di zaman yang sudah ‘akhir’ ini. Dimana kebenaran seolah sudah menjadi samar-samar.

Jadi, jika kamu berkeinginan mempelajari hadis, maka kamu akan mendapatkan banyak keutamaan. Hal ini sebagaimana yang sudah disebutkan oleh Imam al-Nawawi, ia berkara, bahwa ‘Sesungguhnya, di antara ilmu yang paling penting untuk dipelajari ialah hadis-hadis Rasulullah. Yakni mempelajari matn-matan hadis atau redaksi hadis, kualitasnya, dan ilmu pendukungnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya syariat di dalam al-Quran dan juga hadis yang di dalamnya terdapat poros hokum diqh, dan juga banyak sekali ayat al-Quran yang sifatnya masih global. Dan untuk mendapatkan penjelasannya, kamu bisa menemukan jawabannya pada hadis.

Sampai sini jelas ya, bahwa sangat penting mempelajari hadis bagi seorang muslim. Paling tidak, ya bagian covernya atau kulitnya saja. Dan hal ini telah disepakati oleh jumhur ulama, bahwa salah satu syarat ‘mujtahid’ ialah memiliki pemahaman terhadap hadis huku. Jika saat ini belum juga memiki keinginan ini, maka cobalah untuk menanamkannya sedari sekarang.

Keutamaan Mempelajari Hadis Rasulullah

Dengan mengkaji dan mempelajari hadis Rasulullah, kamu akan mendapatkan keutamaan mempelajari hadis. Berikut beberapa di antaranya.

Kedudukan tinggi

Keutamaan mempelajari hadis yang pertama ialah akan mempunyai kedudukan yang tinggi lagi agung, bahkan sampai sebutan mulia. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh al-‘Allamah al-Syihab Ahmad al-Manini al-Dimasyqi. Di sebutkan di dalam kitab Qawaid tahdis pada halaman 44.

Menambah cahaya wajah

Kelebihan mempelajari hadis yang kedua ialah menambah cahaya pada wajah. Karena Rasulullah sendiri yang mendoakan agar orang-orang yang bertekad mempelajari hadis supaya terdapat pada wajahnya cahaya. Dalam hal ini, Rasulullah bersabda,

 “Semoga Allah memberikan nudlrah (cahaya di wajah) pada orang yang mendengarkan hadis atau sabdaku, kemudian ia memahaminya, menghafalnya dan menyampaikannya, berapa banyak orang yang membawa fiqih kepada orang yang lebih faqih darinya, ada tiga perkara yang tidak akan dengki hati muslim dengannya: mengikhlaskan amal karena Allah, menasehati pemimpin kaum muslimin dan berpegang kepada jama’ah mereka karena do’a mereka meliputi dari belakang mereka”.[HR Al-Tirmidzi no 2658]

Kemudian, Ibn al-Qayyim mengatakan, ‘kjika saja tidak terdapat keutamaan mempelajari hadis, maka cukuplah kegiatan ini menjadi sebuah kemuliaan bagi seseorang.

Itulah dia dua keutamaan yang akan kamu dapat. Dan sebenarnya, masih ada berbagai keutamaan lainnya. Namun, dengan dua keutamaan di atas saja seharusnya sudah membuat kita tergugah untuk mulai mempelajari hadis.

Sekarang, cobalah menanamkan niat ingin mempelajari hadis karena Allah. Apalagi, ada segudang manfaat yang akan kamu peroleh jika sudah mempelajari hadis loh. Salah satu manfaatnya adalah membuat kamu lebih fleksibel dalam menilai hadis. Apakah dalam hal ini kamu akan terlihat sesat atau tersesat. Ya tergantung. Karena memang, ada berbagai kaedah-kaedah yang harus kamu perhtikan ketika akan memahami sebuah hadis.

Tentu hal ini sangat menarik ya. Maka, yuk cobalah untuk mendapatkan keutamaan mempelajari hadis dan mendapatkan berbagai manfaat, baik diri kamu sendiri ataupun bagi orang lain. Demikian, yuk sama-sama meraih keutamaan dan manfaat dari mempelajari hadis dari sekarang. Semoga bermanfaat ya.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *