Ketahui Ciri Bisnis Bodong Dengan Mudah

 Ketahui Ciri Bisnis Bodong Dengan Mudah

Ketahui Ciri Bisnis Bodong Dengan Mudah

wikiGo News Bisnis – Istilah ponzi sudah sangat populer dengan berbagai macam modus operandinya.  Berbagai macam skema coba diterapkan pelaku agar berhasil menyeret orang untuk menyerahkan uangnya secara Cuma-Cuma.  Meski demikian, sebenarnya kita bisa dengan mudah mengetahui ciri bisnis bodong alias money game alias ponzi dengan  sangat mudah. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya penipuan bisnis dan investasi yang mengusung skema ponzi mengarahkan masyarakat menginvestasikan sejumlah uang pada bisnis tertentu dengan memberikan janji profit besar.

Lebih Rincinya, Begini Ciri Khas Bisnis Bodong Yang Dalam Sekali Lihat Kita Bisa Mengetahuinya.

1.      Janji menghasilkan keuntungan besar dengan jangka wktu yang relatif singkat.

Sejak charles Ponzi memperkenalkan ponzi ke dunia dengan penipuannya yang melegenda, bisnis jenis ini memanfaatkan kelengahan masyarakat dalam berpikir jernih. Pada kelompok masyarakat dengan pemahaman bisnis rendah, iming-iming keuntungan besar dengan tenggat waktu kecil sangat menggiurkan. Para penipu menggunakan metode ini sebab meskipun sering berulang, metode iming-iming keuntungan tetap menjerat korban. Pada dasarnya, fakta ini sudah sangat kuno bahwa orang cenderung mudah percaya pada sesuatu yang memang paling mereka harapkan. Artinya, ketika pelaku penipuan membawa modusnya ke permukaan, masyarakat yang sudah berharap ada jenis bisnis yang bisa menghasilkan uang dengan cepat akan terjaring masuk.

2.      Resiko bisnis atau investasi kecil.

Pelaku penipuan bisnis juga memiliki pola yang sama dan membuat frame bisnisnya. Yakni, resiko bisnis yang mereka tawarkan sangat kecil, bahkan sepele. Resiko yang dalam hal ini bisa menyangkut waktu dan modal. Saat menggunakan sistem tarik uang pendaftaran, penipu sering menggunakan slogan bermodal kecil tapi hasil besar. Masyarakat akan tergiring ke pemahaman bahwa yang mereka keluarkan hanyalah uang pendafataran yang jumlahnya tidak seberapa jika berbanding dengan keuntungan yang akan mereka peroleh. Setelah menyatakan resiko mereka kecil secara modal, resiko berikutnya bisa berupa waktu. Korban mendapaat iming-iming bahwa mereka tidak perlu membuang banyak waktu untuk menghasilkan uang. Contohnya kasus TikTok Cash. Korban hanya mendapat misi harian menonton video TikTok yang mana mereka bisa menontonnya dimana pun. Bahkan sambil tidur.

3.      Produknya investasi asalnya tidak jelas (biasanya dari luar negeri).

Ciri bisnis bodong selanjutnya adalah tidak ada asal usul yang jelas. Asal usul ini menyangkut pendirian bisnis, struktur bisnis, legalitas, dan kantor resmi. Pelaku penipuan umumnya mengaburkan masalah ini dengan berbagai alasan dan sebaliknya mengarahkan korban untuk fokus pada aktivitas bisnis. Padahal, pada masyarakat yang awas, asal usul sebuah bisnis sangat penting untuk mengetahui kredibilitas bisnisnya. Pembuat bisnis bodong umumnya berasal dari luar negeri. Pada bisnis digital bodong, servernya dari luar negeri. Tujuannya jelas, agar ketika bisnis scam maka pelakunya akan sulit terlacak. Sayangnya, bisnis bodong selalu menyasar masyarakat yang kurang peduli mengenail legalitas dan hanya fokus pada keuntungan fiktif yang mereka tawarkan.

4.      Memanfaatkan tokoh masyarakat sebagai ikon.

Untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat taarget penipuan, bisnis bodong biasanya menggaet satu atau dua tokoh masyarakat untuk masuk ke dalam bisnis tersebut.  Tokoh masyarakat tersebut akan menjadi tolak ukur keakuratan bisnis. Publik akan terdorong untuk percaya begitu saja setelah ada tokoh masyarakat bersangkutan. Anggapan publik adalah ketika seorang tokoh masyarakat bergabung, maka bisnis tersebut otomatis valid. Kenyataanya, bisnis palsu memang menggunakan salah satu strategi ini.

Ciri Bisnis Bodong Yang Sedang Viral

Selain keempat ciri khas bisnis bodong di atas, akhir-akhir ini muncul fenomena bisnis bodong yang kemudian berujung pemblokiran. Salah satu yang paling jelas adalah TikTok cash. Bisnis ini menawarkan keuntungan hanya dengan menonton video TikTok. Modusnya adalah menarik uang pendaftaran dari anggota dengan beberapa variasi keangggotaan. Semakin besar uang pendaftaran maka semakin besar pula level anggotanya. Besar kecilnya level berpengaruh terhadap besar kecil keuntungan.

TikTok cash sudah mendapatkan status ilegal sejak pertengahan februari 2021. Website dan sosial medianya mengalami pemblokiran secara resmi oleh kominfo atas laporan OJK yang menyatakan bahwa TikTok cash bodong dan skema money game.

Selain TikTok Cash, kasus hampir mirip juga pada bisnis Vtube. Meskipun masih marak di tengah masyarakat, Vtube sedang menjadi sorotan baik oleh SWI maupun oleh media-media Nasional karena terindikasi sistem money game di dalamnya.

Acikmaris

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *