Dua Kerusakan Lampu Sein yang Sering Ditemui

 Dua Kerusakan Lampu Sein yang  Sering Ditemui

wikiGo News Otomotif – Sebagai seorang pengendara motor, kamu tentu tidak lagi asing dengan istilah turning signal. Atau yang biasa kita kenal dengan lampu sein. So, lampu sen ini merupakan lampu yang bisa kita gunakan untuk memberikan kode ataupun tanda sebelum kita membelokkan kendaraan. Lampu sain ini memang digunakan untuk tanda ataupun kode, hanya saja, kadang-kadang kamu tentu mendapati adanya kesalahan atau permasalahan yang muncul pada lampu sein kendaraan kamu. Kondisi kerusakan pada lampu sein tentu sangat menjengkelkan ya.

Selain dikenal sebagai lampu sein, ternyata lampu yang digunakan untuk kode belok ini juga kita kenal dengan nama riting. Nah lampus sen ini adalah salah satu aksesoris yang wajib dimiliki oleh kendaraan kamu. Hal ini karena lampu sein termasuk salah satu aktivity safety system di mana lampu sein ini merupakan sistem keselamatan yang aktif dan bisa mencegah adanya kecelakaan di jalan, yang pastinya akan merugikan banyak sekali korban.

Salah satu permasalah lampu sein adalah  lampu dengan kedipan yang terlalu cepat. Selain itu, permaslaahn lampu sein lainnya masih ada loh. Nah, kamu bertanya-tanya apa sih sebenarnya penyebab dari lampu sein berkedip lebih cepat, dan gimana sih cara mengatasinya. So, untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa menyimak artikel ini sampai selesai. Karena kami akan menyajikan informasi seputar kerusakan lampu sein yang sering terjadi.

Kerusakan Pada Lampu Sein

Ketika berbicara tentang cara mengoperasikan lampu sein, tentu kamu sudah tahu ya, yakni hanya dengan mengklik atau menekan tombol yang sudah disediakan di bagian detang. Sementara sistem kerja lampu sein sendiri adalah dengan mengedipkan bola lampu yang berwarna kuning, di mana kendaraan kita akan berbelok. Dalam hal ini, lampu sein kendaraan diberikan 4 buah bola lampu sein.  

Ketika lampu sein kendaraan kamu mati, tentu kamu akan merasa kesulitan dalam melakukan perbelokan atau ketika akan membelok tepat di pertigaan ataupun perempatan. Memang, kamu masih tetap bisa sih membelok tanpa menggunakan lampu sein, namun tentu saja hal ini akan cukup berbahaya. Karena bisa berpotensi untuk mendatangkan kecelakaan. Terutama jika kamu tidak berhati-hati. Berikut beberapa kerusakan yang meski kamu ketahui.

Lampu Sein Terlalu Cepat Berkedip

Kerusakan yang pertama ialah lampu sein yang terlalu cepat berkedip. Mungkin, beberapa kali kamu pernah merasakan ke kerusakan lampu sein satu ini ya. Biasanya, masalah kerusakan lampu sein yang terlalu cepat berkedip ini dikarenakan voltase baterai yang menyuplai arus listrik ke lampu sein tadi menurun ataupun drop voltage. Dan penurunan ini biasanya disebabkan karena adanya faktor berat jenis elektrolit baterai yang mulai menurun, sehingga dapat membuat daya simpan listrik menjadi menurun.

Hal inilah yang kemudian membuat lampu sein motor kamu menjadi lebih cepat berkedipnya. Untuk mengatasi kerusakan lampu sein ini kamu bisa mencharger ulang baterainya. Apabila memang ternyata baterai elektrolitnya masih dalam keadaan normal ataupun bagus, tentu kamu bisa langsung mengisi daya baterainya kembali. Akan tetapi, jika ternyata sudah tidak lagi bagus, maka kamu meski mengganti air akinya dengan yang baru ya.

Lampu Sein yang Mati

Kerusakan lampu sein yang kedua adalah ketika lampu sein mati. Untuk permasalahan lampu sein mati ini sama saja seperti permasalahan lampu pada umumnya ya. Yakni adanya system kelistrikan yang sudah tidak lagi berfungsi tatkala kamu sudah mengaktifkannya. Nah untuk mendeteksinya, kamu bisa mencoba lihat bagian viewablenya. Kamu bisa memperhatikan sekring lampunya. Jika ternyata kawat di dalamnya masih tersambung, maka bisa dikatakan sekring tersebut masih dalam keadaan normal.

Akan tetapi jika ternyata kawat di dalamnya sudah putus, itu artinya sekringnya sudah tidak lagi normal. Oke itulah dia seputar 2 kerusakan lampu sein yang sering dialami oleh pengendara kendaraan beroda dua.

Jika kamu sedang mengalami kerusakan ini, alangkah baiknya jika kamu segera memperbaiki kondisi lampu sein kamu. Hal ini karena memang lampu sein mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu kamu untuk lebih berhati-hati ketika berbelok, dan bahkan lampu sein sendiri mempunyai peranan dalam mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *