Kelebihan Merantau yang Bakal Buat Kamu Ingin Merantau

 Kelebihan Merantau yang Bakal Buat Kamu Ingin Merantau

Kelebihan Merantau yang Bakal Buat Kamu Ingin Merantau

wikiGo News Pendidikan

Merantau merupakan proses panjang dalam menemukan jati diri. Hal ini karena dengan merantau, ada banyak sekali pelajaran yang bisa diterima, baik bagi yang merantau untuk bekerja ataupun untuk meneruskan studi.

Proses panjang merantau mengajarkan banyak hal penting dalam hidup. Dan akan membuat kita mengetahui banyak hal tentang dunia luar. Salah satunya adalah tentang bagaimana memanajemen rasa rindu pulang ke rumah. Karena bagaimanapun, jika sudah memutuskan untuk merantau, itu artinya kita siap dengan segala risiko, kondisi dan keadaan yang nantinya akan kita terima. Jauh dari keluarga sudah pasti, rindu apalagi. Namun di situlah letak nikmatnya. Bagaimana kita akan merasa rindu kepada kedua orang tua kita jika tidak merantau.

Kelebihan Merantau yang Akan Kamu Rasakan

Ada berbagai kelebihan merantau yang pasti akan kamu rasakan. Mungkin, di awal-awal kamu akan merasakan berat, sulit, meraa tidak akan mampu dan lain sebagainya. Tenang saja, karena hal tersebut hanya butuh pembiasaan, kamu Cuma butuh waktu beradaptasi dengan dunia baru kok. nggak lebih. Jika biasanya makan bersama keluarga, kini harus makan sendiri. Biasanya makan empat sehat lima sempurna, kini harus makan seadanya, bahkan tak jarang harus dijama’. Semua pelajaran hidup terebut kemudian membuat kamu menjadi pribadi yang lebih tangguh, dan jelas memberikan kelebihan merantau demikian jelas.

Unggul dalam manajemen

Kelebihan merantau yang pertama adalah bisa memanajemen. Dan manajemennya beragam ya, mulai dari manajemen waktu, keuangan, hingga kerinduan. Waktu di rumah, mungkin kamu hanya mengerjakan beberapa pekerjaan sederhana, seperti mencuci piring, mencuci pakaian, menyapu rumah, memasak, dan lain sebagainya.

Dan ketika pekerjaan tersebut selesai, kamu tidak perlu lagi memikirkan apapun. Karena makanan sudah tersedia, nonton TV ada, air lengkap listrik nyala. Dan lain sebagainya. Hal ini tentu sangat berbeda ketika kamu sudah menjadi anak rantau atau anak kos nih.

Mungkin banyak yang mengidentikkan, bahwa anak kost itu identik dengan nongkrong, jalan-jalan, hunting, dan rebahan. Hal ini tentu saja tidak benar, atau tidak sepenuhnya benar. Karena dengan menjadi mahasiswa, ada berbagai tanggung jawab yang harus kamu lakukan. Seperti dituntut harus mengerjakan tugas tepat waktu, mempersiapkan presentasi, membuat makalah, dan lain sebagainya.

Apalagi jika kamu sekalian kerja. Hal ini tentu akan benar-benar menyita waktu kamu, dan kamu dituntut agar bisa benar-benar bijak dalam manajemen waktu. Jadi, buat anak rantau. Kalian keren. Kelebihan merantau dalam hal manajemen bahkan bukan hanya itu saja, melainkan juga akan membuat kamu unggul dalam manajemen keuangan.

Kalau di rumah mah enak, mau makan ya tinggal makan, nggak perlu mikir dan ngeluarin uang. Lah kalau merantau, kamu harus ngelurin uang dong. Dan hal inilah yang membuat anak rantau sangat unggul dalam hal manajemen keuangan, karena mereka ngerasain banget gimana hidup dalam kondisi dompet menipis di akhir bulan.

Baca juga Lima Etika Melamar Kerja yang Wajib Kamu Tahu

Sabar menghadapi cobaan

Kelebihan Merantau yang kedua adalah lebih sabar dalam menghadapi berbagai cobaan. Ya, karena jika sudah merantau, itu artinya kamu akan mulai membiasakan diri dengan hidup sendiri, mandiri pula. Kamu tidak mungkin terus-menerus mengandalkan orang tua yang lokasinya cukup jauh dengan kamu kan.

Nah dari sinilah kamu akan mulai belajar untuk mengatasi berbagai permasalahan sendiri dengan tidak lagi melibatkan mereka. Kalau sekedar curhat mah oke, lah kalau kalau melibatkan mereka kan kasihan ya.

Mengetahui makna hidup

Kelebihan merantau berikutnya adalah mengetahui makna hidup. Kalau kelebihan merantau satu ini mah jelas banget ya. Hal ini sih bisa kita dapatkan ketika mendapatkan masalah, mengatasinya sendiri, atau bahkan ketika bisa bahagia dengan hal yang paling sederhana. Dengan merantau, kita bisa mendefinisikan makna hidup secara rinci, secara gambling, yang bahkan jika ditulis ke dalam sebuah lembaran tidak akan pernah ada habisnya.

Dengan mengetahui makna hidup, kita akan lebih bijak dalam menghadapi berbagai masalah.

Itulah dia beberapa kelebihan merantau. Jadi gimana, masih mau di rumah aja atau mau merantau nih. Asli, berani merantau itu keren. Apalagi nih, selain kelebihan merantau di atas, masih ada kelebihan merantau lainnya. Semoga bermnafaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *