Pentingnya, Mensyukuri Keberagaman di Indonesia Sejak Dini

 Pentingnya, Mensyukuri Keberagaman di Indonesia Sejak Dini

wikiGo News Pendidikan – Halo selamat pagi adik-adik, apa kabarnya hari ini semoga selalu sehat dan semangat untuk belajar ya, Meskipun kondisi belajar kita masih harus dilakukan dari rumah. Karena bagaimanapun, kalian tetap harus semangat untuk belajar, karena pada hakikatnya belajar tidak hanya bisa dilakukan di sekolah saja, melainkan juga bisa dimanapun.

Sebagaimana yang dikatakan oleh seorang pahlawan, Ki Hajar Dewantara, jadikan seluruh tempat adalah sekolah dan semua orang adalah guru. Dengan mengingat kalimat tersebut kalian akan selalu merasa menjadi seorang pembelajar. Dan terus merasa haus akan ilmu.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang keberagaman di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keberagaman sangat banyak jika dibandingkan dengan negara-negara yang lain. Hal ini bisa kamu lihat dari segi adat istiadat, budaya, agama, suku, ras, dan lain sebagainya.

Baca juga Spesifikasi iPhone 12 Pro yange Meski Kamu Perhatikan

Keberagaman di Indonesia

keberagaman di Indonesia mungkin tidak akan bisa kamu temukan di tempat lain. Jika kita lihat dari segi suku saja, di Indonesia ada banyak sekali suku. Mulai dari Minang, Batak, Melayu, Jawa, Nias, dan lain sebagainya. Mungkin, jika kita coba hitung satu persatu, jumlahnya akan lebih dari 100.

Keberagaman di Indonesia lainnya bukan hanya dari segi suku, tapi juga dari bahas. Bahkans aking banyaknya keberagaman di Indonesia, sampai-sampai kita tidak bisa mempelajari bahasa daerah satu per satu. Namun, meskipun kita hidup dalam keberagaman yang sangat banyak, kita tetap harus bisa menjaga dan mengamalkan semboyan negara kita.

Bhinneka tunggal Ika. Meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Karena bagaimanapun, jika para pahlawan kita yang dahulu tidak bersatu, mereka tidak bisa menghargai setiap perbedaan yang ada, tentu Indonesia tidak akan pernah merdeka.

Negara yang luar biasa ini tidak akan pernah kita injak sampai saat ini. Namun karena adanya sikap toleransi mereka, sikap bijak mereka, hingga sikap menghargai keberagaman di Indonesia tersebutlah mereka bisa bersatu. Meskipun berbeda, lalu mewujudkan kemerdekaan hingga adanya negara Indonesia yang saat ini kita injak.

Sebagai masyarakat yang tinggal di Negara yang mimiliki keberagaman diIndonesia, kita patut bersyukur akan anugerah terbesar ini. Maka, di usia yang baru 9 atau 10 tahun ini, kamu sudah harus mulai belajar untuk menghargai perbedaan.  Kamu bisa memulainya dari ruang lingkup yang paling kecil, yaitu dari keluarga. Di keluarga kamu, tentu ada berbagai perbedaan. Misalnya ada tante kamu yang beragama berbeda dengan kamu atau saudara kamu yang sukunya berbeda.

Dari lingkup keluarga saja kamu sudah bisa belajar untuk menghargai perbedaan. Kemudian naik ke tingkat yang lebih luas sedikit. Yaitu di kelas di kelas. Di kelas, tentu tidak semua orang beragama sama dengan kamu ya. Bisa jadi ada yang beragama lain. Bagaimana caranya agar kalian tetap bersatu, maka jawabannya adalah dengan saling menghargai setiap perbedaan.

3 Contoh perilaku mensyukuri keberagaman

Berikut ini ada beberapa contoh menghargai keberagaman di Indonesia yang harus kamu terapkan ya.

  1.  Pertama, mengharga agama yang dianut oleh orang lain.
  2. Kedua, tidak mengganggu agama lain yang sedang beribadah.
  3. Ketiga, tidak menjelek-jelekkan suku lain, ras, lain, dan sebagaianya.

Dan masih banyak lagi cara menghargai keberagaman di Indonesia yang bisa kamu lakukan. Mulai dari sekarang, di usia yang masih dini, cobalah untuk menjadikan perbedaan atau keberagaman sebagai sesuatu yang indah. Karena dengan demikian, kamu akan belajar untuk meredam ego secara perlahan.

Kamu harus mulai menyadari, bahwa tak selamanya kamu dan teman kamu harus memiliki pendapat yang beda, ya karena inilah keberagaman di Indonesia. Jadi, jika di rumah saja kamu tidak bisa menghargai perbedaan atau keberagaman yang ada, lalu bagaimana kamu akan bisa menghargai keberagaman di Indonesia yang jumlahnya bahkan tidak terhitung. Hal ini perlu kamu pertimbangkan dengan matang dan kamu pikirkan dengan baik dan benar. Jadilah seseorang yang tumbuh dengan mampu menerima keberagaman di Indonesia.

Baca juga Spesifikasi iPhone 12 Pro yange Meski Kamu Perhatikan

Oke itulah dia beberapa pembahasan seputar keberagaman. Yuk mulai dari sekarang, bersyukur ada di Indonesia dan mensyukuri keberagaman di Indonesia. Karena keberagaman ini adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan. See you next time adik-adik.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *